Maulana, Himmawan Sabda (2021) Desain Dan Analisa ECVT Pada Kendaraan Bertenaga Listrik Untuk Penentuan Rasio Kecepatan. Masters thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.
Text
02111750050001-Master_Thesis.pdf - Accepted Version Download (3MB) |
Abstract
ECVT atau Electronics Continuous Variable Transmission merupakan transmisi pintar yang memiliki rasio roda gigi tidak terbatas. Dengan menganalisis tenaga mesin, kecepatan kendaraan, kondisi jalan, dan masukan pengemudi, ECVT memilih rasio roda gigi yang paling efisien. Mode ECVT dapat digunakan dalam dua mode, yaitu mode perpindahan gigi manual dan mode otomatis. Mode ECVT membutuhkan Planetary Gear Set (PGS) sebagai pembagi daya. Pada penelitian ini akan menggabungkan mode ECVT dengan kendaraan listrik yang menggunakan sistem PGS dan motor listrik ganda untuk menentukan rasio kecepatan yang diinginkan. Perancangan dan simulasi PGS menggunakan software CAD dan divalidasi dengan software numerik. Simulasi akan memberikan beberapa variasi masukan untuk mendapatkan rasio kecepatan yang tepat, seperti variasi kecepatan dan arah putaran. Dari hasil perancangan dan simulasi akan diaplikasikan untuk membangun prototipe yang akan dibuat dengan printer 3D. Hasil simulasi, perhitungan dan aplikasi prototipe menunjukkan bahwa ECVT mampu mentransmisikan mode untuk kendaraan listrik dengan baik. Pada penelitian ini dilakukan pengujian terhadap prototipe dengan konfigurasi gigi penyusun PGS, 19 gigi pada roda gigi Sun, 38 gigi pada roda gigi Planet, dan 95 gigi pada roda gigi Ring. Input putaran diberikan pada Sun gear dan Ring gear, untuk input pada Ring gear dihubungkan ke gear dengan rasio reduksi 3: 1. Pada prototipe menggunakan mikrokontroler Arduino dan dua buah motor DC brushless. Sedangkan rotary encoder membaca kecepatan motor dan kecepatan keluaran ECVT. Hasil perancangan dua tingkat kecepatan hingga enam tingkat kecepatan dapat diaplikasikan pada prototipe, sehingga didapatkan desain desain yang dapat diterapkan pada mode ECVT. ECVT sebagai transmisi dapat menambah mode kendaraan listrik, dari mode motor independen, ke mode ECVT dengan rasio tak terbatas.
===================================================================================================================================
ECVT or Electronics Continuous Variable Transmission is a smart transmission which has unlimited gear ratios. By analyzing engine power, vehicle speed, road conditions and driver input, ECVT selects most efficient gear ratio. The ECVT mode can be used in two modes, namely the manual gear shift mode and the automatic mode. ECVT mode requires a Planetary Gear Set (PGS) as a power splitter. This research will combine the ECVT mode with electric vehicles using PGS system and double electric motor to determine the desired speed ratio. PGS design and simulation using CAD software and validated by numerical software. Simulation will provide several variations of input to get the right speed ratio, such as speed variations and rotational direction. From the design and simulation results will be applied to build the prototype that will be made with 3D printer. The results from simulation, calculations and application of the prototype show that the ECVT is capable transmission mode for electric vehicles as well. In this study, testing was carried out on the prototype with the PGS constituent gear configuration, 19 teeth on the Sun gear, 38 teeth on the Planet gear, and 95 teeth on the ring gear. The rotation input is given to the Sun gear and the ring gear, for the input on the ring gear is connected to a gear with reduction ratio 3: 1. In the prototype using an Arduino microcontroller and two brushless DC motors. While the rotary encoder reads the motor speed and ECVT output speed. The results of the design of two speed levels to six speed levels can be applied to the prototype, so that it is found that the design designs can be applied to the ECVT mode. the ECVT as a transmission can add to the mode of an electric vehicle, from the independent motor mode, to the ECVT mode with an infinite ratio.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | RTM 629.244 6 Mau d-1 2021 |
Uncontrolled Keywords: | EV, Planetary Gear Set. ECVT, multi-speed transmission, Planetary Gear Set, multi-speed transmission |
Subjects: | T Technology > TL Motor vehicles. Aeronautics. Astronautics T Technology > TL Motor vehicles. Aeronautics. Astronautics > TL220 Electric vehicles and their batteries, etc. |
Divisions: | Faculty of Industrial Technology and Systems Engineering (INDSYS) > Mechanical Engineering > 21101-(S2) Master Thesis |
Depositing User: | - Davi Wah |
Date Deposited: | 13 Jun 2023 03:12 |
Last Modified: | 13 Jun 2023 03:12 |
URI: | http://repository.its.ac.id/id/eprint/98093 |
Actions (login required)
View Item |