Matematika dalam Ranah Pendidikan Desain

Soehardjoepri, Soehardjoepri and Wahyudie, Prasetyo (2007) Matematika dalam Ranah Pendidikan Desain. Jurnal Desain IDEA, 8 (1). pp. 59-74. ISSN 1411-3023

[thumbnail of Article-Matematika dalam Terapan.pdf] Text
Article-Matematika dalam Terapan.pdf - Accepted Version

Download (8MB)

Abstract

Dalam ranah pendidikan desain, mahasiswa menganggap bahwa matematika adalah hal yang "sulit", "abstrak" dan "sesuatu yang menakutkan", bahkan dianggap kurangbermanfaat. Kajian ini bertujuan untuk membuktikan bahwa pandangan tersebut kurang tepat. Kajian dilakukan melalui beberapa rumus matematika dan matematika geometri dan hasilnya menunjukkan bahwa beberapa teori dasar dalam desain ternyata menggunakan pola pikir matematis untuk estetika terapan. Dari studi kasus menunjukkan bahwa matematika geometri ternyata merupakan salah satu pembentuk dari elemen estetis yang sangat indah.
==================================================================================================================================
In design education field, students asume that mathematics was "difficult", "abstract" and "something anxious", some times was not useful. This study proved that view was not correct, and begun with mathematics formula and geometry mathematics thinking pattern for applied aesthetics. By cases studies shown that geometry mathematics was part of divine aesthetics elements performer.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Matematika terapan, pola pikir, estetika
Subjects: N Fine Arts > NK Decorative arts Applied arts Decoration and ornament > NK1535.B3 Design
Q Science > QA Mathematics > QA11 .A36 1991 Mathematics--Study and teaching.
Divisions: Faculty of Creative Design and Digital Business (CREABIZ) > Product Design
Depositing User: - Davi Wah
Date Deposited: 21 Jun 2023 08:05
Last Modified: 21 Jun 2023 08:05
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/98172

Actions (login required)

View Item View Item