Soehardjoepri, Soehardjoepri and Wahyudie, Prasetyo (2007) Matematika dalam Ranah Pendidikan Desain. Jurnal Desain IDEA, 8 (1). pp. 59-74. ISSN 1411-3023
Text
Article-Matematika dalam Terapan.pdf - Accepted Version Download (8MB) |
Abstract
Dalam ranah pendidikan desain, mahasiswa menganggap bahwa matematika adalah hal yang "sulit", "abstrak" dan "sesuatu yang menakutkan", bahkan dianggap kurangbermanfaat. Kajian ini bertujuan untuk membuktikan bahwa pandangan tersebut kurang tepat. Kajian dilakukan melalui beberapa rumus matematika dan matematika geometri dan hasilnya menunjukkan bahwa beberapa teori dasar dalam desain ternyata menggunakan pola pikir matematis untuk estetika terapan. Dari studi kasus menunjukkan bahwa matematika geometri ternyata merupakan salah satu pembentuk dari elemen estetis yang sangat indah.
==================================================================================================================================
In design education field, students asume that mathematics was "difficult", "abstract" and "something anxious", some times was not useful. This study proved that view was not correct, and begun with mathematics formula and geometry mathematics thinking pattern for applied aesthetics. By cases studies shown that geometry mathematics was part of divine aesthetics elements performer.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Matematika terapan, pola pikir, estetika |
Subjects: | N Fine Arts > NK Decorative arts Applied arts Decoration and ornament > NK1535.B3 Design Q Science > QA Mathematics > QA11 .A36 1991 Mathematics--Study and teaching. |
Divisions: | Faculty of Creative Design and Digital Business (CREABIZ) > Product Design |
Depositing User: | - Davi Wah |
Date Deposited: | 21 Jun 2023 08:05 |
Last Modified: | 21 Jun 2023 08:05 |
URI: | http://repository.its.ac.id/id/eprint/98172 |
Actions (login required)
View Item |