Membedah Sudut Pandang Pakar Dalam Mengkaji Jati Diri Interior-Arsitektur Tradisional di Indonesia

Wahyudie, Prasetyo (2004) Membedah Sudut Pandang Pakar Dalam Mengkaji Jati Diri Interior-Arsitektur Tradisional di Indonesia. Jurnal Desain IDEA, 5 (1). pp. 29-43. ISSN 1411-3023

[thumbnail of Article-Membedah Sudut Pandang.pdf] Text
Article-Membedah Sudut Pandang.pdf - Accepted Version

Download (3MB)

Abstract

Makna klasik, vernakular dan tradisional kadang kala muncul bersamaan dan seringkali diartikan pula sebagai padanan kata, terutama dalam membahas obyek interior-arsitektur masa lalu. Lebih jauh lagi, mereka sering melupakan atau mengesampingkan sudut pandang yang digunakan dalam membahas jati diri obyek interior-arsitektur.
Kajian dilakukan dengan mengkritisi Buku Living House karya Roxana Waterson dan House Form and Culture Amos Rapoport yang banyak dipakai sebagai referensi dalam membahas interior-arsitektur klasik atau tradisional di Indonesia. Lebih jauh lagi, kajian tentang makna klasik, vernakular dan tradisional diperlukan untuk pemahaman akan arti yang sebenarnya.
Dari hasil kajian, ternyata Waterson membahas interior-arsitektur tradisional Indonesia melalui sudut pandang antropologi dengan penekanan pada mitologi, sedangkan Rapoport melalui sudut pandang cultural geography. Pada sisi lain, pengertian klasik, tradisional dan vernakular mempunyai perbedaan dan kesamaan.
Untuk ke depan, dalam membahas interior-arsitektur sebaiknya kita membahasnya melalui ilmu arsitektur itu sendiri, sebagai misal melalui kajian teori arsitektur klasik. Kondisi ini bukan berarti meniadakan sudut pandang Waterson maupun Rapoport, namun sudut pandang mereka dapat dipakai sebagai bahan pengkayaan atau pembanding dalam studi tentang interior-arsitektur.

Item Type: Article
Subjects: N Fine Arts > NK Decorative arts Applied arts Decoration and ornament > NK2115 Interior decoration
Divisions: Faculty of Creative Design and Digital Business (CREABIZ) > Product Design
Depositing User: - Davi Wah
Date Deposited: 21 Jun 2023 09:09
Last Modified: 21 Jun 2023 09:09
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/98176

Actions (login required)

View Item View Item