Desain Kendali Kecepatan Motor Bldc Pada Kendaraan Bermotor Listrik Ringan Hidrogen-Fuel Cell 1000 Watt Menggunakan Fuzzy Logic Control

Firdaus, Mochamad Fiqih Afifudin (2022) Desain Kendali Kecepatan Motor Bldc Pada Kendaraan Bermotor Listrik Ringan Hidrogen-Fuel Cell 1000 Watt Menggunakan Fuzzy Logic Control. Other thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 07111840000070-Undergraduate_Thesis.pdf] Text
07111840000070-Undergraduate_Thesis.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only until 1 October 2024.

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Pemanasan global menjadi isu terhangat di berbagai dunia. Emisi gas buang pada kendaraan adalah salah satu penyebab terjadinya pemanasan global saat ini. Solusi yang dibutuhkan agar dapat mengurangi masalah ini adalah beralih pada kendaraan listrik. Salah satu jenis kendaraan listrik yang berkembang saat ini adalah kendaraan bermotor listrik berbahan bakar gas hidrogen. Pemanfaatan hidrogen-fuel cell sebagai catu daya membuat kendaraan bermotor listrik menjadi lebih ringan dan ramah lingkungan daripada menggunkan baterai. Kendaraan listrik menggunakan penggerak motor jenis BLDC (Brushless Direct Current Motor). Motor ini memiliki efisiensi dan keandalan yang tinggi. Motor BLDC memiliki teknik pengemudian yang tidak mudah karena membutuhkan rangkaian yang kompleks. Oleh karena itu, pada tugas akhir ini penulis akan mendesain kontrol kecepatan motor BLDC pada kendaaran listrik ringan menggunakan Fuzzy Logic Controller, dimana kontroler ini dibuat untuk meningkatkan respon kendali kecepatan dan torsi yang lebih baik pada saat torsi beban berubah-ubah akibat perubahan medan yang dilalui kendaraan tersebut. Desain simulasi berjalan dengan baik dan metode fuzzy mampu berfungsi dengan baik jika dibandingkan dengan tanpa kontroler dan kontroler PID saja. Kontroler PID-Fuzzy memiliki nilai error, overshoot, rise time dan time constant yang lebih kecil. Kontroler fuzzy mampu mentuning kontroler PID sebagai fungsi penentu nilai Kp, Ki dan Kd dengan hasil nilai Kp = 2,37, nilai Ki = 0,98 dan Kd = 1,93. Dengan parameter tersebut respon sistem terhadap pemodelan pembebanan dan kecepatan referensi menunjukkan hasil yang baik. Berdasarkan model rangkaian yang dirancang dengan referensi kecepatan dan pembebanan yang ditentukan. Sistem menunjukkan pada kondisi 1 hingga 5, motor mampu menghasilkan nilai n berturut-turut sebesar 960 RPM, 840 RPM, 960 RPM, 460 RPM dan 480 RPM dengan nilai error berturut-turut sebesar 4%,16%,4%,8% dan 3%. Kemudian Torsi yang dihasilkan oleh motor juga berubah-ubah mampu mengikuti perubahan torsi beban sehingga motor dapat bergerak sesuai dengan pemodelan medan jalan dan pembebanan yang telah dilakukan.
=================================================================================================================================
Global warming is the hottest issue in the world. Emissions from vehicles are one of the causes of global warming today. The solution needed to reduce this problem is to switch to electric vehicles. One type of electric vehicle that is currently developing is an electric motor vehicle using hydrogen gas. The use of hydrogen-fuel cells as a power supply makes electric motorized vehicles lighter and more environmentally friendly than using batteries. Electric vehicles use a BLDC (Brushless Direct Current Motor). This motor has high efficiency and reliability. BLDC motor has a diffucult driving technique because it requires a complex circuit. Therefore, in this final project the authors try to design of BLDC motor speed Control on Light electric vehicles using the Fuzzy Logic Controller, where this controller is made to increase the speed control response better when the load torque changes due to changes in the terrain that the vehicle is traveling through. The simulation design runs well and the fuzzy method is able to function well when compared to no controller and PID controller only. PID-Fuzzy controller has smaller error, overshoot, rise time and time constant values. The fuzzy controller is capable of tuning the PID controller as a function of determining the values of Kp, Ki and Kd with the result that the value of Kp = 2.37, the value of Ki = 0.98 and Kd = 1.93. With these parameters, the system response to the modeling of loading and reference speed shows good results. Based on a circuit model designed with a specified speed and load reference. The system shows that under conditions 1 to 5, the motor is able to produce n values of 960 RPM, 840 RPM, 960 RPM, 460 RPM and 480 RPM, respectively, with error values of 4%, 16%, 4%, 8% and 3%. Then the torque generated by the motor also varies and is able to follow changes in the load torque so that the motor can move according to the road terrain and the loading that has been done.

Item Type: Thesis (Other)
Additional Information: RSE 621.313 2 Fir d-1 2022
Uncontrolled Keywords: Kendaraan Listrik Ringan, Hidrogen-Fuel Cell, Motor BLDC, Fuzzy Logic Controller, Torsi dan Kecepatan
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA9.64 Fuzzy logic
T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering > TK2681.B47 Electric motors, Direct current.
T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering > TK2931 Fuel cells
Divisions: Faculty of Intelligent Electrical and Informatics Technology (ELECTICS) > Electrical Engineering > 20201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Anis Wulandari
Date Deposited: 29 Aug 2023 02:40
Last Modified: 29 Aug 2023 02:40
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/98182

Actions (login required)

View Item View Item