Kebutuhan Tim Pendamping di Bidang Teknis Bagi Pengelola Proyek Interior Kantor BUMN BUMD

Wahyudie, Prasetyo (2012) Kebutuhan Tim Pendamping di Bidang Teknis Bagi Pengelola Proyek Interior Kantor BUMN BUMD. In: Seminar Manajemen Teknologi XV "Peran Manajemen Teknologi dan Inovasi untuk Meningkatkan Daya Saing Potensi Daerah", 4 Februari 2012, Surabaya.

[thumbnail of Paper-Kebutuhan Tim Pendamping di Bidang Teknis.pdf] Text
Paper-Kebutuhan Tim Pendamping di Bidang Teknis.pdf - Accepted Version

Download (508kB)

Abstract

Pengelola proyek interior biasanya kurang paham dari sisi teknis dari proyek yang ditanganinya. Pada umumnya, mereka tidak mempunyai latar belakang ilmu bangunan dan atau pengalaman di bidang pengelolaan proyek interior kantor. Dengan pengetahuan dan pengalaman yang terbatas ini, besar kemungkinan proyek tidak berjalan dengan baik dan lancar serta menghasilkan hasil yang optimal. Lebih jauh lagi, akan menjadi masalah yang pelik, bilamana nilai proyek tidak memenuhi persyaratan untuk pengadaan Konsultan Manajemen Proyek guna menangani proyek tersebut. Dengan demikian, diperlukan terobosan untuk menyiasatinya serta tidak menyalahi aturan. Untuk itu, dapat dibentuk tim teknis
sebagai organisasi pendamping yang merupakan sub bagian dari organisasi pengelola proyek. Tim Pendamping ini bekerja sesuai dengan Term Of Reference (TOR). TOR disusun mulai
dari tahap; persiapan, lelang konsultan perancangan, proses perancangan, lelang konsultan pengawas, lelang kontraktor, pelaksanaan pemborongan, hingga masa pemeliharaan dari
pekerjaan pemborongan interior. Dari studi kasus pada proyek interior Kantor Bank X Cabang di kota Y menunjukkan bahwa peran Tim Pendamping di bidang teknis ternyata sangat
dibutuhkan untuk membantu dan mendukung pengelolaan proyek. Tim juga berperan dalam; mengoptimalisasi proyek agar sesuai dengan jadwal yang telah ditetapkan, menghasilkan desain akhir yang sempurna dan pelaksanaan pemborongan yang optimal.
====================================================================================================================================
Interior project managers typically less understood from the technical side of projects that
they handle. In general, they did not have a background knowledge or experience in
building and project management of office interiors. With limited knowledge and
experience of this, most likely the project did not; go well, smoothly and generate optimal
results. Furthermore, it will be a difficult issue, if the project did not qualify for the
procurement of project management consultants to handle the project. Thus, it was needed a
breakthrough to work around and did not break the rules. For this, the Technical Assistance
Teams can be formed as a companion organization that is a sub part of the project
management organization. The Team will be working with the Terms Of Reference (TOR).
TOR prepared from beginning phase of preparation, tender of design consultant, design
process, tender of consultant supervisor, tender of contractor, implementation to build interior,
until finish the time of maintenance the interior work. From the case study on Y City Branch
Office of X Bank interior projects, it showed that the role of the technical assistance teams was very needed for help and supportive management. The team can optimization of the
project in; schedule, final design and implementation.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Additional Information: ISBN: 978-602-97491-4-4
Uncontrolled Keywords: Technical Assistance Teams, Interior Project Manager, optimization of the project
Subjects: H Social Sciences > HC Economic History and Conditions > HC60.M34 Technical assistance.
T Technology > T Technology (General) > T56.8 Project Management
Divisions: Faculty of Creative Design and Digital Business (CREABIZ) > Interior Design
Depositing User: - Davi Wah
Date Deposited: 22 Jun 2023 04:59
Last Modified: 22 Jun 2023 04:59
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/98205

Actions (login required)

View Item View Item