Strategi Penyegaran dan Metode Before After sebagai Strategi Baru dalam Pembelajaran di Studio Perancangan Interior-Arsitektur

Wahyudie, Prasetyo (2008) Strategi Penyegaran dan Metode Before After sebagai Strategi Baru dalam Pembelajaran di Studio Perancangan Interior-Arsitektur. In: Seminar Nasional Pendidikan Arsitektur "Manajemen Studio Menuju Dunia Arsitektur Profesional", 9-10 Februari 2008, Denpasar – Bali.

[thumbnail of Paper-Strategi Penyegaran dan Metode Before.pdf] Text
Paper-Strategi Penyegaran dan Metode Before.pdf - Published Version

Download (943kB)

Abstract

Studio perancangan interior–arsitektur hingga saat ini masih sering dianggap dengan sebelah mata, baik dari sudut pandang mahasiswa maupun dosen pada umumnya. Studio perancangan interior-arsitektur menjadi kurang diminati, bahkan dianggap beban semata, padahal interior sangat mendukung karakter dari perancangan arsitektur. Kondisi ini membutuhkan strategi pembelajaran tertentu agar mahasiswa menjadi tertarik dan enjoy didalam mengerjakan perancangan interior-arsitektur.
Pada tahap pembelajaran, tiap kali kegiatan studio selalu diawali dengan kegiatan penyegaran yang berkisar 30 hingga 60 menit untuk membentuk dasar pikir yang konstruktif didalam studio perancangan. Penyegaran selalu didominasi oleh karya-karya interior-arsitektur yang sesuai dengan tema perancangan yang akan dikerjakan. Penyegaran juga berfungsi untuk mengarahkan dan mempertajam imajinasi dalam merancang.
Strategi awal dari pembelajaran adalah membuat mahasiswa tertarik dan senang dengan dunia interior dan membawa kesadaran akan perlunya perancangan interior di dalam dunia arsitektur. Mahasiswa diajak menjelajah untuk mengenali elemen-elemen interior dan bagaimana mengolahnya serta bagaimamana mengetahui hasil perancangannya lebih baik dari sebelumnya. Metoda before & after menjadi salah satu penyelesaiannya. Mahasiswa diajak melihat gambar sebelum didesain dan sesudah mereka desain dengan sudut pandang perspektif yang sama, demikian juga dengan alternatif perancangannya beserta konsepnya.
Strategi pembelajaran ini sudah dicoba di program studi Desain Interior-Arsitektur jurusan Desain Produk Industri FTSP ITS, dan dirasa cukup efektif dan sangat membantu dibandingkan dengan metoda klasik sebelumnya.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Uncontrolled Keywords: penyegaran, metoda before & after, studio perancangan interior-arsitektur.
Subjects: N Fine Arts > NA Architecture > NA2750 Architectural design.
Divisions: Faculty of Creative Design and Digital Business (CREABIZ) > Interior Design
Depositing User: - Davi Wah
Date Deposited: 22 Jun 2023 06:23
Last Modified: 22 Jun 2023 06:23
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/98209

Actions (login required)

View Item View Item