Pusat Rehabilitasi Kanker Khusus Wanita

Sitoresmi, Dhayita (2014) Pusat Rehabilitasi Kanker Khusus Wanita. Other thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 3210100038_Undergraduate_Thesis.pdf] Text
3210100038_Undergraduate_Thesis.pdf

Download (6MB)

Abstract

Pusat Rehabilitasi Kanker Khusus Wanita ini merupakan fasilitas bagi para wanita penderita kanker untuk melakukan rehabilitasi baik secara medis maupun non-medis, atau psikologis. Tujuan dari rancangan ini dimaksudkan untuk memenuhi kebutuhan fasilitas terapi kanker seperti kemoterapi dan radioterapi yang jumlahnya belum sesuai dengan kebutuhan pasien di Surabaya dan memberikan pasien suasana pengobatan yang berbeda dengan suasana rumah sakit pada umumnya dengan menyediakan taman-taman dan desain interior yang terlihat lebih menyenangkan. Kekhususan pada pengguna objek yaitu eanita, dimaksudkan agar lebih tercipta kenyamanan dan privasi antar pasien dengan pasien maupun pasien dengan tenaga medisnya. Konsep desain dari Pusat Rehabilitasi ini mengutamakan kenyamanan pasien dimana tiap area didesain dengan warna-warna yang disesuaikan dengan psikologis pasien dan menggunakan unsure air dan tanaman agar pasien merasa dekat dengan alam, dan juga bukaan-bukaan lebar pada tiap ruang memberi cahaya alami yang maksimal. Konsep untuk menjaga privasi pasien juga diterapkan pada objek, seperti menyediakan berbagai kelompok area tempat duduk pada ruang tunggu hingga penyediaan ruang kemoterapi privat. Fasilitas pada objek ini terdiri dari fasilitas medis berupa Ruang Konsultasi/ Periksa, Unit Kemoterappi, Unit Radioterapi, Apotek, Laboratorium,Reahbilitasi Medik serta fasilitas non-medis seperti cafeteria, bakery, salon, perpustakaan/ resource center, family lounge hingga taman baik pada lantai dasar maupun pada rooftop pada lantai 1,2 dan 3 yang membuat pasien merasa dekat dengan alam. Pusat Rehabilitasi Kanker Khusus Wanita ini diharapkan mampu menunjang RS. Onkologi yang berada tidak jauh dari bangunan, serta Rumah Sakit lain yang jumlah pasiennya sudah over-capacity dan membutuhkan fasilitas rehabilitasi untuk kanker tambahahan.
===================================================================================================================================
Cancer Rehabilitation Center for Women Cancer is a facility for women to perform rehabilitation of cancer patients both medically and non-medically, or psychologically. The purpose of this design is intended to meet the needs of cancer treatment facilities such as chemotherapy and radiotherapy which amount is not in accordance with the needs of patients in Surabaya and give patients a treatment with different atmosphere unlike in general hospitals by providing parks and interior design that looks more fun. Specificity of the object the user is women, is intended to create more comfort and privacy between patients with patients and patients with medical personnel. The design concept of this Rehabilitation Center prioritizes patient comfort with each area is designed with colors that are tailored to the patient's psychological and using the elements of water and plants so that patients feel close to nature, and also the width of openings in each room provide maximum natural light. Concept to maintain the privacy of the patient is also applied to an object, such as providing a wide range of group seating in the waiting room to the provision of private chemotherapy rooms. Cancer Rehabilitation Center for Women is expected to support the Oncology Hospital which located not far from the building, as well as a number of other hospital patients already over-capacity and in need of rehabilitation facilities for additional cancers.

Item Type: Thesis (Other)
Additional Information: RSA 725.54 Sit p-2014
Uncontrolled Keywords: Kanker, Cancer, Rehabilitation
Subjects: N Fine Arts > NA Architecture > NA1507.K45 Building, Wooden.
Divisions: Faculty of Architecture, Design, and Planning > Architecture > 23201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Mr. Marsudiyana -
Date Deposited: 27 Jun 2023 05:45
Last Modified: 27 Jun 2023 05:45
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/98240

Actions (login required)

View Item View Item