Modifikasi Bentuk Lambung Pada Shallow Draft Bulk Carrier Untuk Menurunkan Konsumsi Bahan Bakar

Ahadyanti, Gita Marina (2014) Modifikasi Bentuk Lambung Pada Shallow Draft Bulk Carrier Untuk Menurunkan Konsumsi Bahan Bakar. Other thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 4110100025_Undergraduate_Thesis.pdf] Text
4110100025_Undergraduate_Thesis.pdf

Download (3MB)

Abstract

Dewasa ini, analisa aspek hidrodinamis merupakan salah satu tahapan yang diperlukan dalam proses desain sebuah kapal untuk mendapatkan performa kapal yang optimal. Untuk mencapai tujuan ini, diperlukan suatu metode di dalam proses desain kapal yang dapat digunakan untuk mendapatkan desain lambung kapal yang optimum. Dalam proses desain kapal, salah satu aspek yang dihitung adalah resistance (hambatan) dengan tujuan untuk mendapatkan daya mesin yang dibutuhkan kapal. Dengan demikian kapal dapat berlayar dengan kecepatan sebagaimana yang diinginkan oleh owner. Perbaikan desain untuk meningkatkan performa kapal harus dilakukan untuk mendapatkan hasil yang lebih baik apabila kapal tersebut akan dibangun kembali dengan seri yang sama. Salah satu cara untuk meningkatkan performa kapal adalah dengan mengubah bentuk lambung kapal untuk meminimalisir hambatan yang terjadi. Dengan mengecilnya hambatan, akan meningkatkan efisiensi konsumsi bahan bakar. Dengan kemajuan teknologi yang sudah berkembang pesat hingga saat ini, ada banyak software yang dapat dengan mudah digunakan untuk menghitung dan mensimulasi hambatan yang terjadi ketika kapal sedang beroperasi, salah satu di antaranya adalah CFD. CFD (Computational Fluid Dynamics) merupakan perangkat komputer yang dapat digunakan untuk memecahkan dan menganalisis masalah yang melibatkan aliran fluida. Penelitian ini memfokuskan pada analisa hambatan kapal yang dilakukan dengan bantuan metode numerik melalui CFD. Setelah hasil diperoleh, dilakukan modifikasi bentuk lambung kapal kemudian disimulasikan untuk mengetahui pengaruhnya dalam rangka menemukan desain lambung yang optimum. Hasilnya, dengan bentuk lambung hasil modifikasi, hambatan pada kecepatan 0,778 m/s yang merepresentasikan kecepatan dinas turun sebesar 0,519% sehingga konsumsi bahan bakar dapat dihemat hingga sebesar 71,716 ton per tahun.
==================================================================================================================================
Nowadays, analysis of hydrodynamic aspects is one of the essential stages in ship design process in order to get an optimal ship performance. To achieve this goal, a method in the ship design process is required in order to obtain an optimum hull design. In ship design process, one of the aspects being calculated is resistance as a means to attain engine power needed. Therefore the ship can sail at speeds as desired by the owner. Design improvements to improve the performance of the ship are necessary to get a better result if the ship is to be rebuilt with the same series. One of the means to improve ship performance is by changing the hull form to minimalize the resistance. Minimising the ship resistance will improve the efficiency of fuel consumption. With the vast advancements of technology these days, there are plenty of softwares that can be easily used to calculate and stimulate resistance when a ship is operating, one of which is CFD. CFD (Computational Fluid Dynamics) is a computer software that can be used to solve and analyze problems regarding fluid flow. This research focused on the analysis of ship resistance performed with the help of numerical methods through CFD. After the results obtained, hull form modification was performed to get a more optimal ship performance with limited resistance, which in turn will reduce fuel consumption. As a result, the modified hull form, the resistance at the speed of 0,778 m/s which represents the service speed decreased by 0.519% so that fuel consumption can be saved by up to 71.716 tons per year.

Item Type: Thesis (Other)
Additional Information: RSPe 623.823 Aha m-2014
Uncontrolled Keywords: Modifikasi bentuk lambung, Hambatan (resistance), CFD
Subjects: V Naval Science > VM Naval architecture. Shipbuilding. Marine engineering > VM163 Hulls (Naval architecture)
Divisions: Faculty of Marine Technology (MARTECH) > Marine Engineering > 36202-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Mr. Marsudiyana -
Date Deposited: 04 Jul 2023 07:13
Last Modified: 04 Jul 2023 07:13
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/98296

Actions (login required)

View Item View Item