Analisis Risiko Pipa Bawah Air Pada Alur Pelayaran Studi Kasus : Pelabuhan Tanjung Perak

Perdana, Kusuma Satya (2010) Analisis Risiko Pipa Bawah Air Pada Alur Pelayaran Studi Kasus : Pelabuhan Tanjung Perak. Other thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 4103100031-Undergraduate_Thesis.pdf] Text
4103100031-Undergraduate_Thesis.pdf - Accepted Version

Download (14MB)

Abstract

Kapal-kapal yang ingin berlabuh ke pelabuhan Tanjung Perak harus melewati Selat Madura. Selat Madura merupakan akses pintu masuk dan pintu keluar bagi kapal-kapal. Padatnya arus kapal dari dan menuju Pelabuhan Tanjung Perak membuat kapal-kapal yang ingin berlabuh ke Pelabuhan Tanjung Perak harus mengantri karena sempitnya alur di Selat Madura begitu pula sebaliknya yang ingin keluar dari Pelabuhan Tanjung Perak. Alur ini semakin berbahaya sejak tertanamnya pipa gas di bawah alur pelayaran. Pipa gas yang tertanam di bawah alur pelayaran di sekitar Selat Madura membuat pemilik kapal menjadi khawatir dengan kapalnya saat melintasi Selat Madura. Model penilaian yang digunakan untuk mengetahui akan permasalahan bahaya, resiko, dan keselamatan di kapal membangun pengembangan ilmu yang berhubungan dengan resiko, seperti analisis resiko (risk analysis), penilaian resiko (risk assessment) dan manajemen resiko (risk management), yang kemudian berkembang menjadi Formal Safety Assessment (FSA).Tugas Akhir ini menguraikan bagaimana Fault Tree diterapkan pada kapal sebagai bentuk dari langkah proses FSA. Analisis secara sistematis dari bahaya pada kapal dengan menggunakan analisis pohon kesalahan (fault tree analysis) untuk mengetahui kejadian yang paling mempengaruhi keselamatan kapal. Kerugian kapal (loss of vessels) dipilih sebagai kejadian puncak (top event), yang kemudian kejadian penyebabnya dirunut melalui cabang cabang kejadian, dari kejadian antara (intermediate event) sampai dengan kejadian utama atau kejadian dasar (basic event). Akhirnya, beberapa rekomendasi dibuat untuk mengurangi kemungkinan kesalahan manusia (human error), sebagai elemen kejadian yang paling berpengaruh pada keselamatan kapal dan awak kapal, sehingga diharapkan dapat meningkatkan keselamatan di kapal.
========================================================================================================================================
Ships which wish to anchor to port of Tanjung Perak have to pass Selat Madura, Selat Madura represent to access way out and entrance to ships. Current ship denseness from and go to Port of Tanjung Perak make ships which wish to anchor to Port of Tanjung Perak have to queuing up because as narrow as path in Selat Madura so also on the contrary which wish exit of Port of Tanjung Perak. This dangerous path progressively since is planted of gas pipe in under sea transport path. Planted gas pipe under sea transport path around Selat Madura make ship owner become to worry its by water of moment get through Selat Madura. Assessment model is used to know problems of danger, risk, and safety in ship to establish development of science related to risk, as risk analysis, assessment of risk management and risk, which later then round into Formal Safety Assessment (FSA). This Final Duty elaborate how Fault Tree applied at ship as forming of step process FSA. Analysis systematically from danger at ship by using fault tree analysis to know most influencing occurence of safety of ship. Loss of vessels selected as occurence of top event, later then occurence of its cause of pass and through occurence branchs, of occurence among up to especial occurence or occurence of base. Finally, some recommendation made to lessen possibility of mistake of human being, as most having an in with occurence element of safety of crew man and ship, so that expected can improve safety in ship

Item Type: Thesis (Other)
Additional Information: RSPe 621.867 2 Per a-1 2010
Uncontrolled Keywords: Formal Safety Assessment (FSA), Risiko, Kecelakaan, Formal Safety Assessment (FSA), Risk, Accident.
Subjects: T Technology > TH Building construction > TH6840 Piping installation. Pipefitting
Divisions: Faculty of Marine Technology (MARTECH) > Naval Architecture and Shipbuilding Engineering > 36201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Totok Setiawan
Date Deposited: 05 Jul 2023 01:08
Last Modified: 05 Jul 2023 01:08
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/98301

Actions (login required)

View Item View Item