Inovasi Desain Antarmuka Layanan Akta Kelahiran Dispendukcapil Surabaya Melalui Sistem Kng Dengan Pendekatan Design Thinking

Daffa, Bariqi Raihan (2023) Inovasi Desain Antarmuka Layanan Akta Kelahiran Dispendukcapil Surabaya Melalui Sistem Kng Dengan Pendekatan Design Thinking. Other thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 05211940000018-Undergraduate_Thesis.pdf] Text
05211940000018-Undergraduate_Thesis.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only until 1 October 2025.

Download (7MB) | Request a copy

Abstract

Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dispendukcapil) Surabaya merupakan instansi pemerintah daerah yang memberikan layanan terkait administrasi kependudukan dan pencatatan sipil. Dispendukcapil Surabaya saat ini telah berinovasi untuk memberikan layanan secara daring melalui KLAMPID New Generation (KNG). Terdapat 5 layanan yang salah satunya adalah layanan akta kelahiran. Namun, sejak KNG diluncurkan secara resmi pada 1 Juli 2022 Dispendukcapil Surabaya telah menerima 1.768 keluhan yang disampaikan oleh masyarakat Surabaya terkait layanan KNG dan 214 diantaranya merupakan keluhan terkait layanan akta kelahiran. Keluhan terkait akta kelahiran yang tertinggi berasal dari masyarakat yang bertanya terkait status permohonan yang tidak mengalami kemajuan setelah tenggang waktu tertentu. Hal tersebut dipicu oleh kesalahan atau keterlambatan yang terjadi dalam proses bisnis layanan akta kelahiran. Sejauh ini Dispendukcapil belum melakukan langkah antisipasi untuk menginformasikan kejadian tersebut sebelum masyarakat bertanya melalui layanan pengaduan. Penelitian ini bertujuan untuk menghadirkan proactive customer service melalui inovasi KNG. Melalui penelitian ini, ide inovasi yang dihasilkan akan memenuhi aspek kemudahan penggunaan, kegunaan fitur, dan ketepatan solusi dari pengguna KNG. Ide inovasi akan divisualisasikan ke dalam bentuk high-fidelity prototype. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah design thinking. Design thinking digunakan untuk menghasilkan ide inovasi yang berpusat pada masyarakat dengan melakukan penggalian masalah dan kebutuhan, menentukan masalah yang akan diselesaikan, menggagas ide solusi, merancang purwarupa, dan melakukan pengujian menggunakan purwarupa yang telah dirancang. Melalui metode ini diharapkan Dispendukcapil Surabaya mampu mengatasi masalah yang rumit secara efektif dengan memahami situasi dan kebutuhan dari masyarakat Surabaya ketika berinteraksi dengan KNG untuk menghasilkan ide inovasi yang tepat. Penelitian ini menggagas ide inovasi yang mampu menyelesaikan permasalahan masyarakat Surabaya ketika melakukan pekerjaan memeriksa status permohonan dan menunggu proses selesai, menanyakan estimasi waktu selesai kepada pihak kelurahan, dan mengunduh dokumen akhir. Penelitian ini menghasilkan inovasi berupa desain antarmuka yang mudah digunakan, memiliki fitur dan menyajikan informasi yang dibutuhkan oleh pemohon, dan mampu menyelesaikan permasalahan yang dialami oleh pemohon. Penelitian ini memberikan wawasan terkait implementasi design thinking dalam sistem pelayanan di sektor publik. Selain itu, manfaat praktis bagi Dispendukcapil Surabaya adalah memperoleh ide inovasi yang memenuhi aspek kemudahan penggunaan, kegunaan fitur, dan ketepatan solusi dari pengguna KNG serta menghadirkan proactive customer service melalui fitur yang terdapat pada inovasi yang dihasilkan.
=================================================================================================================================
Surabaya City Office for Population Administration and Civil Registration (COPACR) is a local government agency that provides services related to population administration and civil registration. Surabaya COPACR has provided online services through KLAMPID New Generation (KNG). There are 5 services and one of it is a birth certificate service. However, since KNG was officially launch on July 1 2022, COPACR has received 1.768 complaint regarding KNG services from Surabaya’s citizen. 214 of the complaint are related to birth certificate services. The highest number of complaints related to birth certificates came from the public who inquired about the progress of application that had stalled at certain status. This event triggered by errors or delays that occur in the business process of birth certificate service. COPACR has not take any action to anticipate this incident before the public decided to asks through the complaint services. This research aims to present proactive customer service through KNG innovation. Through this research, innovation ideas that generated will meet the usability, functionality, and solvability aspects of KNG users. Innovation ideas will be visualized in the form of high-fidelity prototypes. The methods used in this study is design thinking. Design thinking method is used to generate human-centered innovation ideas by identify user’s needs and problems, define problems worth solving, initiating idea, designing prototype, and test the prototype to the users. Through this method, COPACR will be able to deal with complex problems effectively by understanding the situation and needs of the public when interacting with KNG. This research initiates innovative ideas that are able to solve Surabaya citizen’s problems when checking the status of applications and waiting it to be processed, asking the ward for estimated time of completion, and downloading the final documents. This research resulted in innovation in the form of an interface design that is easy to use, contains information and features that needed by the applicant, and able to solve probles experienced by Surabaya’ citizen. This study provides insights related to design thinking implementation in public sector. In addition, the practical benefits for COPACR are obtaining innovative ideas that meet the usability, functionality, and usability aspects of KNG users, as well as gives a proactive customer service through the features contained in the innovations.

Item Type: Thesis (Other)
Additional Information: RSSI 005.43 Daf i-1 2023
Uncontrolled Keywords: Surabaya COPACR, Birth Certificate Services, Design Thinking, Proactive Customer Service, Dispendukcapil Surabaya, KLAMPID New Generation, Layanan Akta Kelahiran
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA76.9.U83 Graphical user interfaces. User interfaces (Computer systems)--Design.
Divisions: Faculty of Intelligent Electrical and Informatics Technology (ELECTICS) > Information System > 57201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Bariqi Raihan Daffa
Date Deposited: 11 Jul 2023 05:02
Last Modified: 02 Oct 2023 02:56
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/98403

Actions (login required)

View Item View Item