Optimasi Penjadwalan Kuliah dengan Metode Integer Programming

Nadhilah, Rika Ayuni (2023) Optimasi Penjadwalan Kuliah dengan Metode Integer Programming. Masters thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 09211950013012-Master_Thesis.pdf] Text
09211950013012-Master_Thesis.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only until 1 October 2025.

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Masalah penjadwalan kuliah pada Perguruan Tinggi sering terjadi yaitu saat dua atau lebih mata kuliah bertabrakan pada jam yang sama dan ruangan yang sama. Tidak luput juga terjadinya ketidakseimbangan jumlah mahasiswa yang mengikuti mata kuliah dengan jumlah kapasitas maksimum yang disediakan pada tiap ruang sehingga mata kuliah dengan kuota sedikit ditempatkan dalam ruang dengan kapasitas besar dan sebaliknya. Masalah-masalah tersebut dapat memberikan kerugian yang tidak sedikit bagi mahasiswa, dosen, dan perguruan tinggi karena menghambat proses belajar mengajar dan menimbulkan beban finansial. Pihak manajemen seringkali terpaksa harus mencari alternatif mengubah jadwal yang sudah ada dengan mengorbankan mata kuliah lain, dan dosen terpaksa menambahkan waktu pengajaran di luar preferensinya. Penelitian didasarkan pada studi kasus pengalokasian ruang kelas di Universitas X di Indonesia. Selama ini, Universitas X hanya menggunakan trial and error dalam pengalokasian ruang kelas yang tersedia. Hal ini mengakibatkan sering terjadinya permasalahan penggunaan kelas pada saat kegiatan pembelajaran. Universitas X memerlukan strategi yang dapat memberikan nilai optimum dalam pengalokasian sumber daya yang dimiliki. Penelitian ini bertujuan untuk menempatkan sumber daya yang tersedia dan mengisi gap dalam pengalokasian ruangan dan mengoptimalisasi kapasitas yang dimiliki perguruan tinggi. Optimasi dilakukan menggunakan metode kuantitatif 0-1 Integer Programming. Hasil dari pemodelan menggunakan integer programming mampu mengatasi permasalah penjadwalan kuliah yang bertabrakan atau diadakan pada tempat atau waktu yang sama, mengurangi jumlah hari yang digunakan untuk pengajaran dari 5 hari menjadi 4 hari kerja, dan penggunaan ruang kelas pada jadwal baru menggunakan formulasi integer programming lebih merata dibandingkan jadwal lama.
=================================================================================================================================
Scheduling problems in education institutions often occur when two or more courses collide at the same time and in the same room. It is also occur when there’s an imbalance in the number of students taking courses with the maximum amount of capacity provided in each room so that courses with a small quota are placed in rooms with a large capacity and vice versa. These problems can cause significant losses to students, lecturers and universities because not only they disrupt the teaching and learning process, but also cause in financial burdens. Managers are often forced to find alternatives to change the existing schedule at the expense of other courses, and lecturers are forced to add teaching time beyond their preferences. This research is based on a case study of classroom allocation at University X in Indonesia. So far, University X has only used trial and error in allocating available classrooms. This resulted in frequent occurrence of problems using the classroom during learning activities. X University requires a strategy that can provide optimum value in allocating its resources. This study aims to locate available resources and fill gaps in allocating space and optimizing the capacity of universities. Optimization is carried out using the quantitative 0-1 Integer Programming method. The results of modeling using integer programming are able to overcome problems scheduling lectures that collide or are held at the same place or time, reduce the number of days used for teaching from 5 days to 4 working days, and classrooms utility on the new schedule using the integer programming formulation is more evenly compared to the old schedule.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Penugasan, 0-1 integer programming, pengaturan kuliah, perguruan tinggi; assignment, lecture arrangementsm, College
Subjects: T Technology > T Technology (General) > T57.74 Linear programming
Divisions: Interdisciplinary School of Management and Technology (SIMT) > 61101-Master of Technology Management (MMT)
Depositing User: Rika Ayuni Nadhilah
Date Deposited: 13 Jul 2023 02:51
Last Modified: 13 Jul 2023 02:51
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/98407

Actions (login required)

View Item View Item