Peramalan Penjualan Air Minum Dalam Kemasan di CV Favorit Jaya Tirta Trenggalek dengan Metode ARIMA

Prasetyo, Viko Pradana (2023) Peramalan Penjualan Air Minum Dalam Kemasan di CV Favorit Jaya Tirta Trenggalek dengan Metode ARIMA. Other thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 05211940000060-Undergraduate_Thesis.pdf] Text
05211940000060-Undergraduate_Thesis.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only until 1 October 2025.

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Air minum menjadi kebutuhan utama manusia. Karena bisa menghasilkan keuntungan, maka orang-orang mulai memperjualbelikan minuman yang telah disterilisasi dan dikemas menjadi air minum dalam kemasan (AMDK). Berbagai perusahaan yang menjual AMDK di Indonesia muncul dan mengalami perkembangan yang pesat. Berdasarkan data kementrian perindustrian, pada tahun 2013 hingga 2015 terus terjadi peningkatan penjualan AMDK. Penjualan menjadi indikator penting untuk mengetahui pendapatan perusahaan. Dengan adanya peningkatan penjualan, maka ketersediaan barang perlu diperhatikan dengan melakukan prediksi peramalan. Salah satu perusahaan AMDK di Trenggalek mengalami berbagai masalah terkait dengan penjualan, seperti ketidakmampuan dalam pemenuhan permintaan di periode tertentu dan tidak adanya peramalan penjualan yang dilakukan. Berdasarkan hal tersebut, penulis melakukan penelitian yang melakukan prediksi penjualan dengan peramalan produk perusahaan. Metode yang digunakan untuk memprediksi penjualan adalah metode Autoregressive Integrated Moving Average (ARIMA). Metode tersebut digunakan karena dataset memiliki pola linier dan memiliki kecenderungan stasioner. Hasil yang didapatkan adalah model (8,1,0) merupakan model terbaik dengan nilai MAPE sebesar 20,18%. Dari hasil penelitian yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa metode ARIMA cocok digunakan untuk meramalkan penjualan produk dengan hasil yang cukup akurat.
=================================================================================================================================
Drinking water is the main need for humans. Because it can generate profits, people start selling drinks that have been sterilized and packaged into drinking water in packaging (DWIP). Various companies selling DWIP in Indonesia have emerged and experienced rapid development. Based on data from the Ministry of Industry, from 2013 to 2015 there has been an increase in DWIP sales. With a sales increase, product availability needs to be considered. One of DWIP company in Trenggalek experienced various problems related to sales, such as the inability to fulfill demand in a certain period and the absence of sales forecasting. Based on this, the authors conducted a study that predict sales by forecasting the company's products. The method that used to predict sales is Autoregressive Integrated Moving Average (ARIMA) method. This method is used because the dataset has a linear pattern and tends to be stationary. The result shows model (8,1,0) is the best model with a MAPE value of 20.18%. From the results of the research that has been done, it can be concluded that the ARIMA method is suitable for predicting product sales with fairly accurate results.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Air, Penjualan, Prediksi, Peramalan, ARIMA, Water, Sales, Prediction, Forecasting
Subjects: Q Science
Q Science > Q Science (General) > Q180.55.M38 Mathematical models
Q Science > Q Science (General) > Q325 GMDH algorithms.
Q Science > Q Science (General) > Q325.5 Machine learning.
Q Science > QA Mathematics > QA276 Mathematical statistics. Time-series analysis. Failure time data analysis. Survival analysis (Biometry)
Divisions: Faculty of Intelligent Electrical and Informatics Technology (ELECTICS) > Information System > 57201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Viko Pradana Prasetyo
Date Deposited: 11 Jul 2023 17:08
Last Modified: 11 Jul 2023 17:08
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/98413

Actions (login required)

View Item View Item