Perancangan Proyek Rumah Tinggal dengan Nama Rumah Bias pada Komplek Perumahan Araya Surabaya dan Perancangan Proyek Taman Sekumpul Mojo di Mojokerto

Hervanda, Satria (2023) Perancangan Proyek Rumah Tinggal dengan Nama Rumah Bias pada Komplek Perumahan Araya Surabaya dan Perancangan Proyek Taman Sekumpul Mojo di Mojokerto. Other thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 8013221019-Professional_Education.pdf] Text
8013221019-Professional_Education.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only until 1 October 2025.

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Dalam perencanaan proyek arsitektur, seorang arsitek harus mengikuti serangkaian tahapan. Tahapan-tahapan ini dijelaskan secara komprehensif melalui pelatihan yang diadakan oleh Ikatan Arsitek Indonesia (IAI), sebuah asosiasi lembaga arsitektur. Tahapan-tahapan ini meliputi pra-rancangan (konseptual), desain preliminary atau skematik, pengembangan desain, detail engineering design, dan pengawasan berkala. Dalam perencanaan dua proyek ini, yaitu perancangan rumah tinggal sederhana (Rumah Bias) dan Taman Sekumpul Mojo, tahapan-tahapan tersebut digunakan untuk menjalankan perencanaan secara sistematis dan terarah. Setiap pekerjaan harus diuraikan secara detail, mulai dari pengusulan konsep, perancangan desain skematik, gambar detail arsitektur, pengerjaan mekanikal elektrikal plumbing, alternatif-alternatif konstruksi yang diusulkan, hingga pembiayaan bangunan dan penyesuaian dengan legalitas atau peraturan pemerintah setempat. Tahap selanjutnya melibatkan implementasi perencanaan berdasarkan 13 kompetensi profesi arsitek yang telah dijelaskan oleh IAI. Relevansi dan penguasaan seorang arsitek terhadap 13 kompetensi ini dievaluasi. Dengan demikian, profesi arsitek dapat dianggap sebagai profesi yang pantas, mampu, dan dapat diterapkan untuk menghadapi tantangan pasar dan kebutuhan legalitas. Pengakuan ini menghargai kemampuan dan keahlian arsitek dalam bidang perencanaan profesional.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: N Fine Arts > NA Architecture > NA2750 Architectural design.
T Technology > T Technology (General) > T56.8 Project Management
Divisions: Faculty of Civil, Planning, and Geo Engineering (CIVPLAN) > Architecture > Architect Professional Education
Depositing User: Satria Hervanda
Date Deposited: 20 Jul 2023 04:33
Last Modified: 20 Jul 2023 04:33
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/98476

Actions (login required)

View Item View Item