Analisis Neuromarketing Terhadap Respon Ketertarikan Kemasan Produk Berbasis Sinyal EEG

Suhendro, Jauzaa Maylia (2023) Analisis Neuromarketing Terhadap Respon Ketertarikan Kemasan Produk Berbasis Sinyal EEG. Masters thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 6022211021-Master_Thesis.pdf] Text
6022211021-Master_Thesis.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only until 1 October 2025.

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Kemasan produk merupakan komponen kunci dari strategi pemasaran. Kemasan adalah alat pemasaran visual yang kuat yang menarik perhatian konsumen dan membentuk persepsi mereka tentang merek dan produk. Neuromarketing mencoba menunjukkan bagaimana kemasan produk memengaruhi perilaku pelanggan, respons emosional, memori, dan proses kognitif di otak. Selain itu, dapat memberikan wawasan yang lebih dalam tentang respons otak bawah sadar konsumen terhadap kemasan produk dibandingkan dengan metode tradisional seperti survei atau wawancara yang mengandung banyak bias. Salah satu alat yang digunakan dalam studi Neuromarketing yaitu Electroencephalogram (EEG). Saat ini teknologi EEG telah digunakan secara luas oleh para peneliti untuk merekam dan menganalisis aktivitas otak, namun sangat sedikit dalam menganalisis aktivitas otak konsumen saat berinteraksi dengan kemasan produk. Penelitian ini melibatkan 30 pertisipan untuk menginvestigasi sinyal otak terhadap kemasan yang menarik dan tidak menarik. 4 Channel EEG digunakan untuk merekam sinyal, yaitu T3, T4, O1, dan O2. Fitur Ekstraksi yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Power Spectral Density (PSD). Preprocessing dilakukan untuk membersihkan sinyal dan didekomposisi menjadi sub-band Alpha, Beta, dan Gamma. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa nilai PSD pada kemasan menarik relatif lebih tinggi dibandingkan pada kemasan tidak menarik dari semua sub-band (alpha, beta, dan gamma). Dapat disimpulkan bahwa nilai PSD yang tinggi juga menandakan tingginya antusiasme terhadap kemasan menarik serta aktivitas di subband gamma menunjukkan proses kognitif yang lebih tinggi pada kemasan yang menarik. Hasil akurasi terbesar diperoleh dari Algoritma Random Forest yaitu sebesar 73%.
====================================================================================================================================
Product packaging is a key component of marketing strategy. Packaging is a powerful visual marketing tool that grabs consumers' attention and shapes their perception of brands and products. Neuromarketing tries to show how product packaging influences customer behavior, emotional response, memory, and cognitive processes in the brain. In addition, it can provide deeper insight into consumers' subconscious brain responses to product packaging compared to traditional methods such as surveys or interviews which contain a lot of bias. One of the tools used in the study of Neuromarketing is the Electroencephalogram (EEG). Currently, EEG technology has been widely used by researchers to record and analyze brain activity, but very little in analyzing consumer brain activity when interacting with product packaging. This study involved 30 participants to investigate brain signals to attractive and unattractive packaging. 6 EEG Channels are used to record signals, namely T3, T4, O1, and O2. The extraction feature used in this research is Power Spectral Density (PSD). Preprocessing is done to clean the signal, and it is decomposed into Alpha, Beta, and Gamma sub-bands. The results showed that the PSD value for attractive packaging was relatively higher than for unattractive packaging for all sub-bands (alpha, beta, and gamma. It can be concluded that a high PSD value also indicates high enthusiasm for attractive packaging, and activity in the gamma subband indicates higher cognitive processes in attractive packaging. The results of the greatest accuracy were obtained from the Random Forest Algorithm, which is equal to 73%.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Neuromarketing, Kemasan Produk, Power Spectral Density (PSD), Respon Ketertarikan, Electroencephalogram EEG), Packaging, Attraction Respon
Subjects: T Technology > T Technology (General) > T385 Visualization--Technique
T Technology > T Technology (General) > T57.5 Data Processing
Divisions: Faculty of Intelligent Electrical and Informatics Technology (ELECTICS) > Electrical Engineering > 20101-(S2) Master Thesis
Depositing User: Jauzaa Maylia Suhendro
Date Deposited: 17 Jul 2023 03:21
Last Modified: 17 Jul 2023 03:21
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/98483

Actions (login required)

View Item View Item