Analisa Flat Lens Pada Metamaterial Absorber Di Pita Frekuensi S-C

Ramadhani, Candra Putri Rizkiyah (2023) Analisa Flat Lens Pada Metamaterial Absorber Di Pita Frekuensi S-C. Masters thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 07111950035001-Master_Thesis.pdf] Text
07111950035001-Master_Thesis.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only until 1 October 2025.

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Pada penelitian ini dibuatlah flat lens yang digunakan untuk memfokuskan gelombang yang datang. Karena gelombang yang datang tidak selalu dengan sudut normal, namun juga datang dengan sudut sembarang. Sehingga gelombang tidak bisa ditansmisikan dengan maksimal. Dalam hal ini flat lens akan memfokuskan gelombang datang dengan sudut sembarang. Diharapkan dengan ditambahkannya flat lens nanti akan lebih banyak gelombang yang diterima. Sehingga nanti pada saat pengujian dengan menggunakan absorber maka kinerja absorber akan lebih meningkat dalam penyerapannya sebagai pelapis pada anehoic chamber dengan penambahan flat lens yang diletakkan di depan absrober. Dimana absorber ini akan berfungsi sebagai bahan penyerap gelombang electormagnetic. Flat lens yang dibuat akan beroperasi pada pita frekuensi S-C. Desain unit sel akan disimulasikan dengan menggunakan CST dengan frekuensi kerja 2 GHz – 5 GHz. Unit sel akan disusun secara periodik pada substrat FR-4 dengan ukuran 9 cm x 9 cm. Flat lens akan diujikan menggunakan antena vivaldi sebagai Tx dan Rx dengan ukuran 9 cm x 5.3 cm. Dan metamaterial absorber yang digunakan untuk pengujian memiliki ukuran 9.5 cm x 9.5 cm. Pengujian akan meliputi dua hal yaitu kinerja dengan menggunakan flat lens dan tanpa menggunakan flat lens. Berdasarkan simulasi yang dilakukan terbukti bahwa dengan menggunakan flat lens menghasilkan kinerja yang lebih baik dibandingkan dengan tanpa menggunakan flat lens. Dilihat dari pola radiasi, main lobe mengalami peningkatan dengan menambahkan flat lens. Selain itu, nilai parameter S11 dengan menggunakan flat lens juga mengalami peningkatan dibandingkan dengan tidak menggunakan flat lens. Dengan menggunakan flat lens bandwidth mengalami peningkatan dibandingkan sebelum menambahkan flat lens. Dengan pengujian yang dilakukan berdasarkan sudut antena (30⁰, 45⁰, 90⁰) maka nilai S11 yang diperoleh menjadi lebih baik jika semakin mendekati sudut 90⁰. Namun dengan menambahkan flat lens makan nilai S11 akan menjadi lebih baik dibandingkan tanpa menggunakan flat lens dengan sudut yang sama. Seiring dengan meningkatnya nilai main lobe maka nilai gain juga meningkat dengan ditambahkannya flat lens.Dari penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan jika flat lens telah berfungsi dan memenuhi frekuensi kerja yang diinginkan.
==================================================================================================================================
In this study, a flat lens was made, which was used to focus the incoming waves because the waves that come are not always at a normal angle but also come at any angle. So that the wave can not be transmitted to the maximum. In this case, the flat lens will focus on the incident wave at any angle. With the addition of a flat lens it is hoped that more waves will be received. So when testing using an absorber, the absorber's performance will be further improved in its absorption as a coating on the anechoic chamber with the addition of a flat lens placed in front of the absorber. Where this absorber will function as an absorbent material for electormagnetic waves. The flat lens will operate in the S-C frequency band. The unit cell design will be simulated using CST with an operating frequency of 2 – 5 GHz. Unit cells will be arranged periodically on an FR-4 substrate with a size of 9 cm x 9 cm. Flat lenses will be tested using Vivaldi antennas as Tx and Rx with a 9 cm x 5.3 cm length. And the absorber metamaterial used for testing is 9.5 cm x 9.5 cm. Testing will cover two things, namely, performance using a flat lens and without using a flat lens. Based on the simulations, it is proven that using a flat lens produces better performance than without using a flat lens. Based on the radiation pattern, the main lobe has increased by adding a flat lens. In addition, the S11 parameter value using a flat lens has also increased compared to not using a flat lens. Using a flat lens, bandwidth has increased compared to before adding a flat lens. With the tests carried out based on the antenna angle (30⁰, 45⁰, 90⁰), the S11 value obtained is better the closer to the 90⁰ angle. But by adding a flat lens, the S11 value will be better than without using a flat lens with the same angle. As the main lobe value increases, the gain value also increases with the addition of a flat lens. From the research that has been done, it can be concluded that the flat lens is functioning and meets requirement to work correctly.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: flat lens, ring slot, unit cell, metamaterial
Subjects: T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering > TK7871.6 Antennas (Electronics)
T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering > TK5101 Telecommunication
Divisions: Faculty of Intelligent Electrical and Informatics Technology (ELECTICS) > Electrical Engineering > 20101-(S2) Master Thesis
Depositing User: Candra Putri Rizkiyah Ramadhani
Date Deposited: 17 Jul 2023 04:41
Last Modified: 17 Jul 2023 04:41
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/98500

Actions (login required)

View Item View Item