Perancangan Rumah Tinggal di Perumahan Rungkut Mapan Barat dan Perancangan Rumah Tinggal Virgin Gorda di Pakuwon City

Wijaya, Devina Mitzi (2023) Perancangan Rumah Tinggal di Perumahan Rungkut Mapan Barat dan Perancangan Rumah Tinggal Virgin Gorda di Pakuwon City. Other thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 8013221007-Profession.pdf] Text
8013221007-Profession.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only until 1 October 2025.

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Jaman sekarang banyak orang yang membangun rumah dengan konsep modern minimalis. Perumahan Rungkut Mapan Barat merupakan area perumahan yang sudah cukup lama ada di Surabaya, oleh karena itu kebanyakan rumah di daerah ini masih jarang yang menggunakan konsep modern karena masih menggunakan desain bangunan dari perumahan. Namun, beberapa orang sudah mulai membangun kembali rumahnya dikarenakan kondisi rumah yang sudah tua sehingga cukup banyak area yang perlu diperbaiki. Kebanyakan dari mereka membangun dengan konsep modern dimana konsep rumah ini sedang tren saat ini. Nest House merupakan rumah tinggal dengan konsep modern minimalis. Rumah ini dikelilingi oleh taman untuk mewadahi hobi dari klien. Rumah ini memiliki kemudahan akses menuju tamannya yang merupakan bagian terpenting juga dari rumah ini. Berbeda dengan perumahan di Pakuwon City dimana perumahan ini bisa dibilang baru jika dibandingkan dengan perumahan Rungkut Mapan Barat. Hampir semua rumah di Pakuwon City menggunakan konsep modern minimalis. Di Pakuwon City masih ada lahan yang belum terbangun, sehingga memberikan kesempatan kepada mereka yang ingin memiliki rumah dengan desain impiannya. Virgin Gorda merupakan salah satu area dimana pemiliknya bisa membangun rumah dari awal. Rumah Tinggal Virgin Gorda juga didesain dengan konsep modern minimalis dengan area taman di dalam rumah yang terdapat pada sisi kiri dan kanan bangunan. Area privat pada rumah tinggal ini berada pada lantai 2. Area servis memiliki sirkulasi tersendiri sehingga tidak menggangu area pemilik rumah.
=================================================================================================================================
Today many people are building houses with a modern minimalist concept. Rungkut Mapan Barat Housing is a residential area that has existed in Surabaya for a long time, therefore most houses in this area rarely use modern concepts because they still use residential building designs. However, some people have started rebuilding their houses due to the condition of the old houses so there are quite a lot of areas that need to be repaired. Most of them build with a modern concept where the concept of this house is currently a trend. Nest House is a house with a modern minimalist concept. This house is surrounded by a garden to accommodate the hobbies of clients. This house has easy access to the garden which is also the most important part of this house. It is different from the housing in Pakuwon City where this housing is practically new when compared to the Rungkut Mapan Barat housing complex. Almost all houses in Pakuwon City use a modern minimalist concept. In Pakuwon City there is still land that has not been developed, thus providing an opportunity for those who want to have a house with their dream design. Virgin Gorda is one area where the owner can build a house from scratch. The Virgin Gorda Residential House is also designed with a modern minimalist concept with a garden area in the house located on the left and right sides of the building. The private area of this residence is on the 2nd floor. The service area has its own circulation so it doesn't disturb the homeowner's area.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: rumah, modern minimalis, perumahan, taman, garden, house, residential, surabaya
Subjects: N Fine Arts > NA Architecture
N Fine Arts > NA Architecture > NA2750 Architectural design.
N Fine Arts > NA Architecture > NA9051 Residential areas. Site planning
Divisions: Faculty of Civil, Planning, and Geo Engineering (CIVPLAN) > Architecture > Architect Professional Education
Depositing User: Devina Mitzi Wijaya
Date Deposited: 22 Jul 2023 01:08
Last Modified: 22 Jul 2023 01:08
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/98509

Actions (login required)

View Item View Item