Evaluasi Kesuksesan Implementasi Sistem Klampid NG Dispendukcapil Kota Surabaya untuk Meningkatkan Kepuasan Pengguna Internal dan Eksternal menggunakan D&M IS Success Model

Viontita, Serra Charisma (2023) Evaluasi Kesuksesan Implementasi Sistem Klampid NG Dispendukcapil Kota Surabaya untuk Meningkatkan Kepuasan Pengguna Internal dan Eksternal menggunakan D&M IS Success Model. Masters thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 6026221025-Master_Thesis.pdf] Text
6026221025-Master_Thesis.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only until 1 September 2025.

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Latar Belakang: Sistem informasi (SI) adalah sekumpulan komponen yang bekerjasama untuk mengumpulkan, memproses, menyimpan, & menyebarkan informasi. Model kesuksesan SI DeLone & McLean merupakan kerangka kerja untuk mengukur kesuksesan SI. Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Surabaya (Dispendukcapil Kota Surabaya) merupakan instansi pemerintah daerah yang menyediakan pelayanan administrasi kependudukan dan pencatatan sipil di Surabaya. Permasalahan: Berdasarkan hasil celah penelitian dari kajian pustaka, dapat diketahui bahwa belum ada penelitian yang menguji perbedaan pengaruh dari berbagai variabel kesuksesan SI terhadap kepuasan antar jenis pengguna dalam sistem tersebut, yaitu pengguna masyarakat, internal pemilik sistem, serta dari institusi lain. Hal ini juga selaras dengan berbagai jenis pengguna yang terdapat dalam sistem Klampid New Generation (KNG). Selain itu, hingga saat ini, belum dilakukan evaluasi model kesuksesan implementasi sistem KNG khususnya dari perspektif setiap jenis pengguna dalam sistem tersebut.Tujuan: Penelitian ini dilakukan untuk membutikan bahwa hubungan jalur antara berbagai variabel kesuksesan terhadap kepuasan pengguna sistem KNG memiliki pengaruh yang positif dan signifikan serta membuktikan bahwa jenis pengguna yang berbeda memiliki perbedaan pengaruh dari berbagai variabel kesuksesan terhadap kepuasan pengguna kepada sistem KNG. Penelitian ini juga bertujuan untuk mengembangkan rekomendasi prioritas peningkatan variabel beserta rekomendasi inisiatif perbaikan terkait dengan variabel tersebut yang dapat dilakukan terhadap sistem KNG untuk meningkatkan kepuasan pengguna internal dan eksternal. Metode: Penelitian ini diawali dengan mengembangkan hipotesis dan model penelitian. Kemudian dilakukan penyusunan perangkat instrumen kuesioner yang digunakan dalam penelitian ini. Setelah itu, dilakukan validasi terhadap perangkat instrumen kuesioner tersebut kepada pemangku kepentingan Dispendukcapil Kota Surabaya dan beberapa sampel responden pengguna sistem KNG. Selanjutnya, dilakukan pengumpulan data dengan melakukan survei melalui penyebaran kuesioner secara daring kepada responden dari pengguna masyarakat, pegawai internal Dispendukcapil Kota Surabaya, serta petugas dari Kelurahan/Kecamatan. Tahap berikutnya adalah pengujian pra-proses data dengan melakukan uji validitas dan reliabilitas data. Lalu, dilakukan evaluasi kesesuaian terhadap measurement model (outer model) dan structural model (inner model) dari model penelitian. Sesudah itu, dilakukan analisis model terhadap hipotesis penelitian dengan menguji hipotesis terkait hubungan dalam model dengan metode PLS-SEM menggunakan perangkat lunak SmartPLS. Selain itu, dilakukan analisis multi-kelompok dengan pendekatan PLS-SEM MGA. Terakhir, dilakukan penyusunan rekomendasi penelitian berdasarkan hasil penelitian yang telah diperoleh. Hasil: Dari tahap pengujian hipotesis penelitian, diperoleh hasil bahwa terdapat 7 hipotesis diterima dan 2 hipotesis ditolak. Dari hasil tahap analisis multi-kelompok, diperoleh hasil bahwa secara umum terdapat perbedaan pengaruh antar jenis pengguna yang berbeda tetapi mayoritas perbedaan tersebut tidak signifikan. Dari tahap penyusunan rekomendasi penelitian, diperoleh hasil bahwa penelitian ini merekomendasikan Dispendukcapil Kota Surabaya untuk secara berurutan memprioritaskan peningkatan variabel atau aspek (1) kualitas layanan (SEQ) dan (2) nilai yang diterima / nilai publik (PEV) dari sistem KNG terlebih dahulu. Tahap ini juga memperoleh total 20 rekomendasi inisiatif peningkatan yang dapat dilakukan terhadap sistem KNG.Manfaat: Beberapa manfaat dari penelitian ini, yaitu Dispendukcapil Kota Surabaya memperoleh model kesuksesan implementasi sistem KNG, hasil pengujian pengaruh dari berbagai variabel kesukesan terhadap kepuasan dari setiap jenis pengguna, rekomendasi prioritas variabel yang dapat ditingkatkan untuk meningkatkan kepuasan pengguna, serta rekomendasi inisiatif perbaikan yang dapat dilakukan terhadap sistem KNG
=======================================================================================================================================
Background: Information system (IS) is a set of components that work together to collect, process, store and disseminate information. The DeLone & McLean IS success model is a framework for measuring IS success. The Surabaya City Office for Population Administration & Civil Registration (Surabaya COPACR) is a local government agency that provides population administration and civil Registration services in Surabaya. Problem: Based on the results of research gaps from the literature review, it can be concluded that there has been no research that examined the different effects of various IS success variables on satisfaction between different types of users in the system, namely citizens, internal system owners, and from other institution users. This is also in line with the different types of users of the Klampid New Generation (KNG) system. In addition, until now, no tests have been conducted on the KNG system implementation success model, especially from the perspective of each type of user in the system. Purpose: This research was conducted to prove that the path relationship between various success variables on KNG system user satisfaction has a positive and significant effect and to prove that different types of users have different effects from various success variables on user satisfaction with the KNG system. This study also aims to develop priority recommendations for improving variables along with recommendations for improvement initiatives related to these variables that can be carried out on the KNG system to increase internal and external user satisfaction. Methods: This study begins by developing hypotheses and research models. Then, the questionnaire instruments that will be used in this study was composed. After that, the questionnaire instrument was validated to Surabaya COPACR stakeholders and a sample of KNG system user respondents. Furthermore, data was collected by conducting a survey through distributing online questionnaires to respondents from citizens, internal employees of Surabaya COPACR, and district/sub-district officer users. The next stage was pre-processed the data by testing the validity and reliability of the data. Then, the suitability of the measurement model (outer model) and structural model (inner model) in the research model was evaluated. After that, the research hypothesis was analyzed by testing the hypothesis related to the relationship in the model with the PLS-SEM method using SmartPLS software. In addition, a multi-group analysis was carried out using the PLS-SEM MGA approach. Finally, research recommendations was composed based on the research results that have been obtained. Results: From the research hypothesis testing stage, it was found that there were 7 hypotheses accepted and 2 hypotheses rejected. From the multi-group analysis stage, it was found that in general there were differences in the effect between different types of users but the majority of these differences were insignificant. From the composing research recommendations stage, this study recommends Surabaya COPACR to prioritize on improving the variables or aspects of (1) service quality (SEQ) and (2) perceived value / public value (PEV) of the KNG system sequentially. This stage also obtained a total of 20 recommendations improvement initiatives that could be carried out on the KNG system.Benefits: Some of the benefits of this research, namely Surabaya COPACR obtained the KNG system implementation success model, results of testing the effect of various success variables on the satisfaction of each type of user, recommendations for priority variables that can be improved to increase user satisfaction, and recommendations for improvement initiatives that could be carried out on the KNG system.KNG.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Model Kesuksesan Sistem Informasi, Kepuasan Pengguna, PLS-SEM, SmartPLS, DeLone and McLean IS Success Model
Subjects: T Technology > T Technology (General)
T Technology > T Technology (General) > T58.5 Information technology. IT--Auditing
T Technology > T Technology (General) > T58.6 Management information systems
Divisions: Faculty of Intelligent Electrical and Informatics Technology (ELECTICS) > Information System > 59101-(S2) Master Thesis
Depositing User: SERRA CHARISMA VIONTITA
Date Deposited: 18 Jul 2023 07:13
Last Modified: 18 Jul 2023 07:13
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/98567

Actions (login required)

View Item View Item