Analisis Pengaruh Kualitas Dan Nilai Aplikasi Pengiriman Makanan Terhadap Brand Satisfaction Untuk Memberikan Rekomendasi Peningkatan Brand Loyalty Menggunakan Structural Equation Modeling

Persada, Erlangga Dimastya (2023) Analisis Pengaruh Kualitas Dan Nilai Aplikasi Pengiriman Makanan Terhadap Brand Satisfaction Untuk Memberikan Rekomendasi Peningkatan Brand Loyalty Menggunakan Structural Equation Modeling. Other thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 05211940000120-Undergraduate_Thesis.pdf] Text
05211940000120-Undergraduate_Thesis.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only until 1 October 2025.

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Konteks: Transisi menuju endemi saat ini menimbulkan perubahan kebiasaan gaya hidup pada masyarakat dan meningkatkan jumlah pengguna Food Delivery Application (FDA) atau Aplikasi Pengiriman Makanan di Indonesia khusus nya di pulau jawa dalam memenuhi kebutuhan konsumsi. Peningkatan ini mempengaruhi suatu bisnis FDA dalam membangun Brand Loyalty untuk menciptakan Brand Satisfaction melalui kualitas dan nilai aplikasi supaya dapat bersaing dengan kompetitor.
Permasalahan: Persaingan ketat FDA di Indonesia khususnya di pulau jawa menyebabkan kurangnya loyalitas pelanggan, sehingga perusahaan perlu memastikan bahwa aplikasi yang digunakan dapat bersaing dengan kompetitornya. Salah satu upaya untuk perusahaan dapat bersaing adalah menciptakan Brand Loyalty, dan terdapat beberapa faktor yang diduga mempengaruhi yaitu Kualitas, Nilai, dan Brand Satisfaction. Oleh karena itu, Permasalahan yang menjadi fokus pada penelitian Tugas Akhir ini adalah menemukan pengaruh faktor-faktor tersebut terhadap peningkatan Brand Loyalty pada FDA.
Tujuan: Tujuan dari Tugas Akhir ini adalah untuk menganalisis pengaruh kualitas dan nilai FDA terhadap Brand Satisfaction untuk meningkatkan Brand Loyalty dengan memberikan rekomendasi berupa strategi yang dapat digunakan oleh perusahaan berdasarkan hasil analisis yang didapatkan untuk meningkatkan Brand Loyalty.
Metode: Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan Structural Equation Modeling. Pengambilan data dilakukan dengan menyebarkan kuesioner survei online kepada responden yang pernah menggunakan FDA yang berdomisili di Indonesia khususnya pulau jawa dan berusia 19-59 tahun. Penelitian menggunakan metode Confirmatory factor analysis (CFI) untuk menguji metode Structural Equation Modeling dalam menganalisis data dan model penelitian. Model penelitian mengacu pada penelitian (Lee & Han, 2022) dimana menggunakan variabel Brand Knowledge, Kualitas dan Nilai Aplikasi, Brand Satisfaction, dan Brand Loyalty.
Hasil: Hasil dari penelitian ini adalah Brand Loyalty (BL) dipengaruhi secara signifikan oleh Brand Satisfaction (BS) sebesar β=0,52, serta Functional Value dan Emotional Value berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap Brand Satisfaction dan berpengaruh secara tidak langsung terhadap Brand Loyalty. Dimensi Kualitas Technology Excellence berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap Dimensions Value, sedangkan Information Usefulness tidak memberikan pengaruh. Ini menunjukkan bahwa Kualitas Informasi yang diberikan oleh FDA belum memberikan nilai terhadap pelanggan. Temuan juga menunjukkan apabila desain dari FDA memberikan nilai secara fungsi, akan tetapi tidak memberikan nilai secara emosi.
Manfaat: Manfaat yang dapat diberikan dari pengerjaan Tugas Akhir ini adalah memberikan pengetahuan baru kepada perusahaan FDA terkait faktor-faktor yang berpengaruh terhadap Brand Satisfaction dalam upaya meningkatkan Brand Loyalty. Penelitian Tugas Akhir ini diperlukan supaya dapat membantu perusahaan terkait untuk merencanakan strategi perusahaan dalam memaksimalkan Brand Loyalty.
================================================================================================================================
Context: The transition towards endemic is currently causing changes in people's lifestyle habits and increasing the number of Food Delivery Application (FDA) users in Indonesia, especially on the island of Java in meeting consumption needs. This increase affects an FDA business in building Brand Loyalty to create Brand Satisfaction through application quality and value to compete with competitors.
Problem: The FDA's tough competition in Indonesia, especially on the island of Java, has led to a lack of customer loyalty, so companies need to ensure that the applications used can compete with their competitors. One of the efforts for companies to compete is to create Brand Loyalty, and several factors are thought to influence it, namely Quality, Value, and Brand Satisfaction. Therefore, the problem that is the focus of this Final Project research is to find the effect of these factors on increasing Brand Loyalty to the FDA.
Objectives: The purpose of this Final Project is to analyze the effect of the quality and value of Food Delivery Applications on Brand Satisfaction to increase Brand Loyalty by providing recommendations in the form of strategies that can be used by companies based on the results of the analysis obtained to increase Brand Loyalty.
Methods: The method used in this research is using Structural Equation Modeling. Data was collected by distributing online survey questionnaires to respondents who had used the FDA and were domiciled in Indonesia, especially the island of Java, aged 19-59 years. The study used confirmatory factor analysis (CFI) to test the structural equation modeling method in analyzing data and research models. The research model refers to research (Lee & Han, 2022), which uses the variables Brand Knowledge, application quality and value, Brand Satisfaction, and Brand Loyalty.
Result: The results of this study are that Brand Loyalty (BL) is significantly influenced by Brand Satisfaction (BS) of β=0,52, and Functional Value and Emotional Value have a positive and significant effect on Brand Satisfaction and have an indirect effect on Brand Loyalty. The Quality Dimension of Technology Excellence has a positive and significant effect on Dimensions Value, while Information Usefulness has no effect. This shows that the FDA's Quality of Information has not provided customers value. The findings also show that the FDA's design provides Functional Value but not Emotional Value.
Benefits: The benefit that can be provided from work on this Final Project is to provide new knowledge to FDA companies regarding the factors that influence Brand Satisfaction to increase Brand Loyalty. This Final Project research is needed to help related companies plan a company strategy for maximizing Brand Loyalty.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Food Delivery Application, Brand Satisfaction, Brand Loyalty, SEM.
Subjects: H Social Sciences > HA Statistics > HA31.3 Regression. Correlation
Divisions: Faculty of Intelligent Electrical and Informatics Technology (ELECTICS) > Information System > 57201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Erlangga Dimastya Persada
Date Deposited: 19 Jul 2023 06:06
Last Modified: 19 Jul 2023 06:06
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/98623

Actions (login required)

View Item View Item