Pengembangan Model Sistem Dinamik untuk Meningkatkan Jumlah Pengguna Aktif Transportasi Massal Bus di Surabaya

Falah, Muhammad Dary (2023) Pengembangan Model Sistem Dinamik untuk Meningkatkan Jumlah Pengguna Aktif Transportasi Massal Bus di Surabaya. Other thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 05211940000096-Undergraduate_Thesis.pdf] Text
05211940000096-Undergraduate_Thesis.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only until 1 September 2025.

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Latar Belakang: Surabaya adalah kota terbesar kedua di Indonesia sekaligus menjadi kota terbesar di Provinsi Jawa Timur. Dalam mobilitas hariannya, masyarakat Surabaya banyak mengandalkan kendaraan pribadi. Tingginya tingkat penggunaan kendaraan pribadi berdampak pada meningkatnya kemacetan yang ada di kota Surabaya. Salah satu upaya yang dilakukan oleh pihak pemerintah kota untuk menurunkan tingkat kemacetan serta mengurangi jumlah penggunaan kendaraan pribadi adalah dengan menyediakan transportasi massal berbasis bus. Permasalahan: Hingga kini jumlah pengguna transportasi umum masih berbanding terbalik dengan jumlah pengguna kendaraan pribadi. Pada tahun 2021, jumlah kepemilikan motor mencapai 2.681.215 kendaraan dan kepemilikan motor mencapai 510.536 kendaraan. Sedangkan jumlah pengguna transportasi massal bus pada tahun 2021 sebanyak 928.992 pengguna. Oleh karenanya, diperlukan tambahan strategi agar jumlah pengguna transportasi umum dapat meningkat. Tujuan: Menghasilkan model sistem dinamik untuk mengidentifikasi faktor-faktor yang berpengaruh dalam penggunaan transportasi massal bus, mengembangkan skenario untuk meningkatkan jumlah pengguna aktif transportasi massal bus di Surabaya dengan meningkatkan kapasitas dan jangkauan wilayah. Metode: Metode yang digunakan dalam pengerjaan tugas akhir ini adalah Sistem Dinamik, dengan menggunakan tools Vensim PLE 9.3.5. Sistem dinamik digunakan untuk memperkirakan dampak/perubahan terhadap sistem melalui model simulasi. Hasil: Hasil dari pengerjaan tugas akhir adalah Causal Loop Diagram, Stock & Flow Diagram, dan skenario penerapan layanan malam hari, layanan feeder, dan pertambahan rutekerja sama operator. Hasil dari penerapan skenario layanan malam hari adalah rata-rata peningkatan pengguna sebesar 0.32%. Hasil dari penerapan skenario feeder adalah rata-rata peningkatan pengguna sebesar 9.50%. Hasil dari penerapan skenario pertambahan rute-kerja sama operator adalah rata-rata peningkatan pengguna sebesar 18.01%. Nilai Tambah: Hasil analisis pada pengerjaan tugas akhir ini dapat menjadi referensi dalam upaya peningkatan jumlah pengguna transportasi massal bus baik di Surabaya ataupun daerah lainnya
==============================================================================================================================
Context: Surabaya is the second largest city in Indonesia, as well as being the largest city in East Java Province. In their daily mobility, the people of Surabaya rely a lot on private vehicles. The high level of use of private vehicles has an impact on increasing congestion in the city of Surabaya. One of the efforts made by the city government to reduce congestion and reduce the use of private vehicles is by providing bus-based mass transportation. Problem: Currently, the number of public transportation users is inversely proportional to the number of private vehicle users. In 2021, there were 2,681,215 motorcycles and 510,536 cars registered in Surabaya. However, only 928,992 people used public transportation buses that year. Therefore, additional strategies are needed to increase the number of public transportation users. Objective: To develop a dynamic system model to identify factors that influence the use of mass bus transportation, develop scenarios to increase the number of active users of mass bus transportation in Surabaya by increasing capacity and area coverage. Method: The method used in this final project is System Dynamics, using Vensim PLE 9.3.5 tools. System dynamics is used to estimate the impact/changes to the system through a simulation model. Result: The results of the final assignment are Causal Loop Diagrams, Stock & Flow Diagrams, and scenarios for implementing night services, feeder services, and additional routes-operator cooperation. The result of implementing the night service scenario is an average user increase of 0.32%. The result of implementing the feeder scenario is an average user increase of 9.50%. The result of implementing the additional route-operator cooperation scenario is an average user increase of 18.01%. Value Added: The results of this final project's analysis can be used as a reference for efforts to increase the number of bus mass transportation users in Surabaya or other areas.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Dynamic Systems, Simulation, Services, Mass Transport Buses, Vehicles, Sistem Dinamik, Simulasi, Layanan, Transportasi Massal Bus, Kendaraan
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications > HE311.I4 Urban transportation
T Technology > T Technology (General) > T57.62 Simulation
Divisions: Faculty of Intelligent Electrical and Informatics Technology (ELECTICS) > Information System > 57201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Muhammad Dary Falah
Date Deposited: 19 Jul 2023 09:37
Last Modified: 19 Jul 2023 09:37
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/98631

Actions (login required)

View Item View Item