Prototipe Sistem Kontrol Motor Brushless DC Dengan Metode Vektor Kontrol Modified Direct Torque Control

Mahardhika, Zulfiar Ahimsa (2023) Prototipe Sistem Kontrol Motor Brushless DC Dengan Metode Vektor Kontrol Modified Direct Torque Control. Other thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 07111940000095-Undergraduate_Thesis.pdf] Text
07111940000095-Undergraduate_Thesis.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only until 1 September 2025.

Download (7MB) | Request a copy

Abstract

Kendaraan listrik menggunakan motor listrik sebagai penggerak utama, salah satu motor listrik yang umum digunakan pada kendaraan listrik adalah motor brushless DC (BLDC). Motor jenis ini memiliki efisiensi tinggi dan dapat menghemat biaya perawatan, agar didapatkan efisiensi output putaran motor yang optimal diperlukan sebuah metode kontrol yang tepat, salah satu cara pengoperasian motor BLDC adalah dengan metode Direct Torque Control (DTC). DTC menggunakan variabel masukan berupa fluks dan torsi, nilai fluks didapatkan berdasarkan tegangan stator, sedangkan torsi diestimasi dari estimator vektor fluks stator dan arus motor. Namun pada kenyataannya penggunaan DTC konvensional pada motor BLDC lebih rumit, karena bentuk gelombang dari tegangan dan arus yang tidak sinusoidal, sehingga membuat estimasi nilai torsi sesaat menjadi sulit dan tidak akurat. Pada tugas akhir ini telah dirancang dan diimplementasikan metode kontrol MDTC dengan menggunakan umpan balik berupa sensor posisi rotor, kecepatan rotor, dan arus pada stator, dengan proses perhitungan yang lebih sederhana, dan lebih mudah diimplementasikan pada sebuah mikrokontroler kelas menengah. Hasil pengujian menunjukkan bahwa ripple pada torsi memberikan pengaruh kepada kecepatan, torsi, dan efisiensi, dimana dengan MDTC mampu menekan ripple pada torsi dengan rata-rata 34%, sehingga motor mengalami peningkatan kecepatan 2-3 RPM, dengan peningkatan efisiensi sistem sebesar 2.14 – 2.8%.
=================================================================================================================================
Electric vehicles use electric motors as the prime mover, one of the electric motors commonly used in electric vehicles is the brushless DC (BLDC) motor. This type of motor has high efficiency and can save maintenance costs, to obtain optimal motor rotation output efficiency an appropriate control method is needed, one of the ways to operate a BLDC motor is the Direct Torque Control (DTC) method. DTC uses input variables in the form of flux and torque, the flux value is obtained based on the stator voltage, while the torque is estimated from the stator flux vector estimator and motor current. But the use of conventional DTCs on BLDC motors is more complicated because the waveforms of the voltage and current are not sinusoidal, thus making the estimation of the instantaneous torque value difficult and inaccurate. In this final project a MDTC control method has been designed and implemented using feedback in the form of sensors for rotor position, rotor speed, and current in the stator, with a simpler calculation process, and easier to implement on a medium-class microcontroller. The test results show that ripple on torque influences speed, torque, and efficiency, where MDTC can suppress ripple on torque by average 34%, so that the motor experiences an increase in speed of 2-3 RPM, with an increase in system efficiency of 2.14 - 2.8%.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: BLDC, MDTC, Torsi, Ripple, Kecepatan, Torque, Speed
Subjects: T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
Divisions: Faculty of Intelligent Electrical and Informatics Technology (ELECTICS) > Electrical Engineering > 20201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Zulfiar Ahimsa Mahardhika
Date Deposited: 20 Jul 2023 06:50
Last Modified: 20 Jul 2023 06:50
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/98705

Actions (login required)

View Item View Item