Analisis Faktor yang Mempengaruhi Penerimaan Teknologi Aplikasi PRUforce pada Tenaga Pemasar Perusahaan Asuransi Jiwa dengan Metode Technology Acceptance Model

Tjung, Oktovianus (2023) Analisis Faktor yang Mempengaruhi Penerimaan Teknologi Aplikasi PRUforce pada Tenaga Pemasar Perusahaan Asuransi Jiwa dengan Metode Technology Acceptance Model. Masters thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 6047212016-Master_Thesis.pdf] Text
6047212016-Master_Thesis.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only until 1 October 2025.

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Teknologi digital telah berkembang di berbagai sektor dan industri jasa keuangan, termasuk asuransi jiwa. Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menilai industri asuransi perlu mengembangkan teknologi digital sebagai alat untuk mempermudah proses dan layanan bisnisnya. Namun, di industri asuransi jiwa masih tetap membutuhkan peran agen untuk mengedukasi calon pemegang polis yang tidak bisa digantikan oleh teknologi. Perusahaan Asuransi Jiwa PT.X ikut mengembangkan sistem informasi berbasis teknologi digital berupa aplikasi PRUforce untuk mendukung para tenaga pemasar dalam melakukan proses penjualan kepada nasabah. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi penerimaan teknologi aplikasi PRUforce pada tenaga pemasar Perusahaan Asuransi Jiwa PT.X Regional Bali-Nusra. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Technology Acceptance Model (TAM). Data dikumpulkan dengan menyebar kuesioner kepada sejumlah responden yang terdiri dari tenaga pemasar Perusahaan Asuransi Jiwa PT.X Regional Bali-Nusra. Analisis data dilakukan dengan menggunakan Partial Least Square (PLS) yang merupakan analisis persamaan struktural (SEM) berbasis varian yang secara simultan dapat melakukan pengujian model pengukuran (outer model) sekaligus pengujian model struktural (inner model). Hasil dari analisis menunjukkan bahwa faktor-faktor yang mempengaruhi penerimaan teknologi aplikasi PRUforce pada tenaga pemasar meliputi kemudahan penggunaan, dukungan sistem, manfaat, perilaku sosial, dan kebutuhan. Kemudahan penggunaan diperoleh dengan memberikan pelatihan dan bantuan teknis yang cukup, dukungan sistem, manfaat, perilaku sosial dan kebutuhan akan memberikan efek positif pada penerimaan teknologi aplikasi PRUforce. Hasil ini diharapkan dapat memberikan informasi yang bermanfaat bagi Perusahaan Asuransi Jiwa PT.X dalam meningkatkan penerimaan teknologi oleh tenaga pemasar dan meningkatkan efisiensi dan produktivitas perusahaan. Diharapkan juga dapat memberikan masukan yang bermanfaat bagi perusahaan lain yang akan mengimplementasikan teknologi baru.
================================================================================================================================
Digital technology has developed in various sectors and industries, including the life insurance sector. The Financial Services Authority (OJK) assesses that the insurance industry needs to develop digital technology as a tool to facilitate its business processes and services. However, the life insurance industry still requires the role of agents to educate potential policyholders, which cannot be replaced by technology. PT.X Life Insurance Company is also developing a digital technology-based information system in the form of the PRUforce application to support its sales force in the sales process to customers. This study aims to analyze the factors influencing the acceptance of the PRUforce application technology in life insurance company sales force in the Bali-Nusra region. The method used in this study is the Technology Acceptance Model (TAM). Data was collected by distributing questionnaires to a number of respondents consisting of sales force from PT.X Life Insurance Company in the Bali-Nusra region. Data analysis was conducted using Partial Least Squares (PLS), which is a variant-based Structural Equation Modelling (SEM) that can simultaneously test the measurement model (outer model) and the structural model (inner model). The results of the analysis show that the factors influencing the acceptance of the PRUforce application technology among sales force include ease of use, system support, benefits, social influence, and need. Ease of use can be achieved by providing sufficient training and technical assistance, while system support, benefits, social influence, and need will have a positive effect on the acceptance of the PRUforce application technology. These findings are expected to provide useful information for PT.X Life Insurance Company to improve technology acceptance among sales force and enhance the efficiency and productivity of the company. It is also hoped to provide valuable insights for other insurance companies planning to implement new technologies.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Teknologi Digital, Asuransi Jiwa, PRUforce, Technology Acceptance Model, Digital Technology, Life Insurance, PRUforce, Technology Acceptance Model, Partial Least Square
Subjects: T Technology > T Technology (General) > T58.6 Management information systems
Divisions: Interdisciplinary School of Management and Technology (SIMT) > 61101-Master of Technology Management (MMT)
Depositing User: Oktovianus Tjung
Date Deposited: 24 Jul 2023 04:50
Last Modified: 24 Jul 2023 04:55
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/99096

Actions (login required)

View Item View Item