Kamal, Reza Ulfan (2023) Analisa Perilaku Korosi Menggunakan Metode Salt Spray Pada Aluminium 6061-T6 Dengan Organic Coating. Other thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.
Text
02511940000135-Undergraduate_Thesis.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only until 1 October 2025. Download (5MB) | Request a copy |
Abstract
Kereta api merupakan transportasi massal yang terdiri dari beberapa rangkaian yang bekerja sepanjang jalur kereta api. Gaya gerak kereta api disediakan oleh lokomotif unit bertenaga diesel dan listrik. Proses pembuatan kereta api di Indonesia dilakukan di PT INKA. Produk-produk hasil produksi PT INKA bahkan telah di ekspor ke berbagai negara. Saat ini PT INKA sedang mengembangkan pembuatan kereta menggunakan material aluminium 6061-T6. Penggunaan material aluminium 6061-T6 nantinya akan digunakan pada kereta api Makassar – Pare-Pare. Aluminium pada pembuatan kereta api digunakan karena memiliki bobot yang ringan. Material aluminium 6061-T6 merupakan material aluminium seri 6 yang sudah melewati proses artificial aging. Proyek terbaru PT.INKA ini nantinya akan melewati lingkungan korosif dikarenakan rute yang dilalui berada di pinggir laut. Pada penelitian ini akan menganalisis perilaku korosi pada aluminium 6061-T6 tanpa coating, dengan coating, dan coating serta beban kerja. Spesimen ini akan diuji ketahanan korosinya menggunakan metode salt spray. Dimana nantinya material akan ditempatkan dalam suatu tempat dan diberikan kabut garam NaCl 5% selama 15 hari dan akan diambil datanya pada hari ke 7 dan hari ke 15. Data yang diperoleh dari penelitian ini yaitu jenis korosi yang terjadi, pengaruh coating terhadap korosi, dan adhesi dari coating ke aluminium 6061-T6. Setelah dilakukan pengujian salt spray dilakukan beberapa pengujian. Pada pengujian weight loss dilakukan untuk mengetahui laju korosi dari spesimen aluminium 6061-T6, Pengamatan mikro dan makro dilakukan untuk mengamati permukaan spesimen, serta pengujian pull off dilakukan untuk mengukur adhesi coating setelah melakukan pengujian salt spray. Didapatkan laju penurunan sebesar 0,4454 mp/y pada 7 hari pengujian dan 0,3798 pada pengujian 15 hari. Bedasarkan pengamatan mikro dan makro didapatkan penggunaan coating dapat menghambat terjadinya korosi, dan berdasarkan pengujian pull off didapatkan penurunan setelah pengujian salt pray pada 0 hari yaitu 2,89 MPa pada 7 hari 2,69 MPa dan pada 15 hari 2,45 MPa.
================================================================================================================================
Trains are a mass transportation system consisting of multiple cars that operate along railway tracks. The manufacturing process of trains in Indonesia is carried out by PT Industri Kereta Api or PT INKA. Currently, PT INKA is developing the production of trains using aluminum 6061-T6 material. The use of aluminum 6061-T6 material will be implemented in the Makassar - Pare-Pare train. The latest project by PT INKA will face a corrosive environment as the train route passes by coastal areas. This study aims to analyze the corrosion behavior of uncoated aluminum 6061-T6, coated aluminum 6061-T6, and coated aluminum 6061-T6 under working load.. The specimens will be placed in a chamber and exposed to a 5% NaCl salt mist for 15 days. Data will be collected on the 7th and 15th day. The data obtained from this study include the types of corrosion that occur, the influence of coating on corrosion, and the adhesion of the coating to aluminum 6061-T6. After the salt spray test, several tests will be conducted. The weight loss test will be performed to determine the corrosion rate of the aluminum 6061-T6 specimens. Microscopic and macroscopic observations will be conducted to examine the surface of the specimens, and pull-off tests will be carried out to determine the adhesion of the coating after the salt spray test. The results showed a corrosion rate of 0.4454 mp/y at 7 days of testing and 0.3798 at 15 days of testing. Based on the microscopic and macroscopic observations, the use of coating can inhibit corrosion. Furthermore, the pull-off test results indicated a decrease in adhesion after the salt spray test, with values of 2.89 MPa at 0 days, 2.69 MPa at 7 days, and 2.45 MPa at 15 days.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Aluminium 6061-T6, Korosi, Coating |
Subjects: | T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) > TA418.75 Corrosion-resistant materials T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) > TA462 Metal Corrosion and protection against corrosion |
Divisions: | Faculty of Industrial Technology and Systems Engineering (INDSYS) > Material & Metallurgical Engineering > 28201-(S1) Undergraduate Thesis |
Depositing User: | Reza Ulfan Kamal |
Date Deposited: | 24 Jul 2023 06:58 |
Last Modified: | 24 Jul 2023 06:58 |
URI: | http://repository.its.ac.id/id/eprint/99123 |
Actions (login required)
View Item |