Perancangan Sistem Pengaturan Kecepatan pada Motor Induksi 3 Phasa dengan Direct Torque Control berbasis Adaptive Fuzzy PID

Hasandani, Tanluga (2023) Perancangan Sistem Pengaturan Kecepatan pada Motor Induksi 3 Phasa dengan Direct Torque Control berbasis Adaptive Fuzzy PID. Other thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 07111940000051-Undergraduate_Thesis.pdf] Text
07111940000051-Undergraduate_Thesis.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only until 1 October 2025.

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Motor induksi sering digunakan dalam industri karena memiliki beberapa keunggulan, seperti konstruksi yang sederhana dan kuat, harga yang terjangkau, efisiensi yang tinggi, faktor daya yang baik, dan perawatan yang mudah. Meskipun demikian, motor induksi memiliki kelemahan yaitu tidak dapat menjaga kecepatannya secara konstan saat terjadi perubahan beban. Ketika terjadi perubahan beban, kecepatan motor induksi akan menurun. Salah satu metode yang dikembangkan untuk mengatur kecepatan motor induksi adalah (DTC), yang berbasis pada kontrol vektor dan menggunakan teknik Adaptive Fuzzy PID. Metode ini memungkinkan pengaturan fluks dan torsi secara langsung Dalam metode DTC, estimasi putaran rotor, torsi, dan fluks dilakukan dengan menggunakan masukan tegangan dan arus stator. Estimasi ini digunakan sebagai umpan balik dalam sistem kontrol untuk mencapai fluks dan torsi yang diinginkan. Dalam tugas akhir ini, dilakukan simulasi pengaturan kecepatan motor induksi menggunakan metode DTC berbasis Adaptive Fuzzy PID. Hasil yang diperoleh melalui simulasi menunjukkan Penggunaan kontroler Adaptive Fuzzy-PID pada metode Direct Torque Control (DTC) dapat mengatur kecepatan dari motor induksi tiga phasa terutama jika terjadi perubahan sinyal referensi selama pengujian. Dimana kontroler Adaptive Fuzzy PID dapat mengurangi overshoot sistem menjadi 1.851%, tetapi memiliki rise time yang sedikit lambat dan juga settling time yang sedikit lambat untuk nilai RMSE yang kecil sebesar 1.057.
================================================================================================================================
Induction motors are often used in industry because they have several advantages, such as simple and robust construction, affordable prices, high efficiency, good power factor, and easy maintenance. However, induction motors have the disadvantage that they cannot maintain a constant speed when there is a change in load. When there is a change in load, the speed of the induction motor will decrease. One of the methods developed to control the speed of an induction motor is (DTC), which is based on vector control and uses the Adaptive Fuzzy PID technique. This method allows direct adjustment of flux and torque. In the DTC method, estimation of rotor rotation, torque and flux is carried out using the input stator voltage and current. This estimate is used as feedback in the control system to achieve the desired flux and torque. In this final project, a simulation of induction motor speed control is carried out using the DTC method based on Adaptive Fuzzy PID. The results obtained through the simulation show The use of an Adaptive Fuzzy-PID controller in the Direct Torque Control (DTC) method can adjust the speed of a three-phase induction motor, especially if there is a change in the signal reference during testing. Where the Adaptive Fuzzy PID controller can reduce system overshoot to 1.851%, but has a slightly slower rise time and also a slightly slower settling time for a small RMSE value of 1.057.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Adaptive Fuzzy PID, DTC,Motor Induksi 3 Phasa.
Subjects: T Technology > T Technology (General) > T57.62 Simulation
T Technology > TL Motor vehicles. Aeronautics. Astronautics > TL214.T87 Automobiles--Motors--Turbochargers
Divisions: Faculty of Intelligent Electrical and Informatics Technology (ELECTICS) > Electrical Engineering > 20201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Tanluga Hasandani
Date Deposited: 25 Jul 2023 01:59
Last Modified: 25 Jul 2023 01:59
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/99350

Actions (login required)

View Item View Item