Analisis Konduktivitas Ionik pada Komposit Pati Jagung-Graphene Oxide (GO) dengan Variasi Garam Cerium untuk Solid Polymer Electrolyte (SPE)

Putri, Nabilah Idriana Permata (2023) Analisis Konduktivitas Ionik pada Komposit Pati Jagung-Graphene Oxide (GO) dengan Variasi Garam Cerium untuk Solid Polymer Electrolyte (SPE). Other thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 02311940000157-Undergraduate_Thesis.pdf] Text
02311940000157-Undergraduate_Thesis.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only until 1 October 2025.

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Solid Polymer Electrolyte (SPE) merupakan elektrolit yang lebih aman digunakan dibandingkan dengan penggunaan elektrolit cair. Tujuan dari penelitian ini adalah meningkatkan konduktivitas ion dengan penambahan Ce(NO3)3 dan graphene oxide sebagai filler pada SPE. Dalam penelitian tugas akhir ini, pembuatan SPE dilakukan dengan menggunakan metode solution casting. Sintesis dibuat dengan pati jagung, garam Ce(NO3)3 dan graphene oxide sebagai filler. Hasil X-Ray Diffraction (XRD) menunjukkan adanya perubahan struktur SPE yang semakin amorf seiring dengan bertambahanya. Hasil Fourier Transform Infrared Spectroscopy (FTIR) menunjukkan adanya interaksi antara cerium dengan gugus OH pati dan hydrogen bonding antara GO dan pati. Hasil Scanning Electron Microscope (SEM) menunjukkan permukaan yang semakin berpori seiring bertambahnya penambahan garam. Hasil uji Thermogravimetric Analysis (TGA) menunjukkan adanya penambahan garam suhu dekomposisi semakin menurun sehingga menunjukkan sampel yang semakin amorf. Hasil Electrochemical Impedance Spectroscopy (EIS) menunjukkan peningkatan konduktivitas ionik pada SPE seiring dengan adanya penambahan Ce(NO3)3 dengan nilai konduktivitas tertinggi sebesar 2.62x10-9 S/cm. Hasil tersebut menunjukkan adanya interaksi ion pada polimer yang cukup baik.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: cerium, graphene oxide, konduktivitas ionik, solid polymer electrolyte
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery > TJ165 Energy storage.
T Technology > TL Motor vehicles. Aeronautics. Astronautics > TL220 Electric vehicles and their batteries, etc.
T Technology > TP Chemical technology > TP1140 Polymers
T Technology > TP Chemical technology > TP255 Electrochemistry, Industrial.
Divisions: Faculty of Industrial Technology and Systems Engineering (INDSYS) > Physics Engineering > 30201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Nabilah Idriana Permata Putri
Date Deposited: 26 Jul 2023 14:23
Last Modified: 26 Jul 2023 14:23
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/99373

Actions (login required)

View Item View Item