Perancangan Sistem Pemanduan Dua Tahap Pada Air-to-air Missile

Widianto, Trio (2023) Perancangan Sistem Pemanduan Dua Tahap Pada Air-to-air Missile. Other thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 07111940000142-Undergraduate_Thesis.pdf] Text
07111940000142-Undergraduate_Thesis.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only until 1 October 2025.

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Peluru kendali (rudal) memerlukan metode pemanduan yang mampu mencapai sasaran. Saat rudal akan melakukan intercept sasaran bermanuver, rudal memerlukan kemampuan merespon manuver target dengan cepat. Oleh karena itu, diperlukan metode pemanduan yang efektif untuk mengejar dan menghantam target. Metode pemanduan dapat dikatakan efektif apabila mampu melakukan intercept ke target dengan waktu terbang yang singkat. Seeker rudal memiliki keterbatasan jarak untuk melakukan akuisisi, sehingga diperlukan informasi dari pihak ketiga. Fase rudal menerima informasi dari pihak ketiga ini adalah fase midcourse. Selanjutnya fase terminal, yaitu fase saat seeker aktif hingga sampai menuju target. Pada penelitian ini, digunakan metode pemanduan Proportional Navigation Guidance (PN) dan Differential Game Guidance (DG). PN adalah metode yang bertujuan untuk mempertahankan Line-of-Sight (LOS) rate antara rudal dan target sedangkan DG adalah metode yang mencari strategi kontrol optimal pada rudal dan target dengan menggunakan optimisasi dua sisi. Metode tersebut dicoba untuk target lurus dan bermanuver dan parameter N pada PN dengan γ pada DG divariasikan untuk mendapatkan hasil terbaik. Berdasarkan simulasi percobaan, metode PN + DG dengan parameter N = 5 dan γ = 5 adalah yang tercepat dalam melakukan intercept.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Differential Game Guidance, Midcourse Guidance, Terminal Guidance, Homing Missile.
Subjects: U Military Science > U Military Science (General)
U Military Science > U Military Science (General) > UG Military Engineering
Divisions: Faculty of Intelligent Electrical and Informatics Technology (ELECTICS) > Electrical Engineering > 20201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Trio Widianto
Date Deposited: 26 Jul 2023 15:09
Last Modified: 26 Jul 2023 15:09
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/99525

Actions (login required)

View Item View Item