Perancangan Kampanye Kreasikan Sisa Makananmu Dalam Rangka Mengurangi Food Waste

Lasmaria, Josephine (2023) Perancangan Kampanye Kreasikan Sisa Makananmu Dalam Rangka Mengurangi Food Waste. Other thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 08511940000048-Undergraduate_Thesis.pdf] Text
08511940000048-Undergraduate_Thesis.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only until 1 October 2025.

Download (53MB) | Request a copy

Abstract

Berdasarkan Laporan United Nations Environment Programme (UNEP) total sampah makanan di Indonesia mencapai 20,93 juta ton tiap tahunnya, dan Indonesia menjadi negara dengan produksi sampah makanan terbanyak di Asia Tenggara. Indonesia juga diklaim sebagai negara penghasil FLW (Food Loss & Waste) terbesar kedua di dunia. Dalam menanggapi masalah ini, Indonesia masih belum memiliki strategi pengananan FLW. Jakarta adalah salah satu provinsi dengan kontribusi sampah terbanyak di Indonesia, menurut data Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) Provinsi DKI Jakarta menghasilkan sekitar 3,08 juta ton timbulan sampah, dan 27,8% diantaranya adalah sampah sisa makanan atau kerap disebut food waste. Hal ini disebabkan karena pertumbuhan ekonomi dan kepadatan penduduk yang terus bertambah, terutama DKI Jakarta yang memiliki kepadatan penduduk tertinggi dari seluruh provinsi di Indonesia. Pada pendidikan sekolah umum di Indonesia, masyarakat diajari
untuk memilah sampah sesuai dengan jenis sampahnya. Akan tetapi, pengetahuan tentang bagaimana siklus suatu sampah diproses, dimana menyebabkan sampah food waste masih sangat kurang. Sebagian besar siswa di sekolah akan mengetahui fenomena food waste saat mereka memasuki bangku kuliah, dimana tidak semua mahasiswa paham tentang food waste. Metode perancangan yang dilakukan adalah depth interview mewawancarai food bank setempat dan wawancara mendalam kepada target segmentasi, studi literatur mengumpulkan siklus food waste, dan user tersing untuk menguji kelayakan hasil akhir. Tujuan perancangan adalah menambah pemahaman dan membuka pemikiran remaja berusia 18-22 tahun akan isu food waste di Indonesia. Hasil perancangan ini adalah kampanye untuk meningkatkan kesadaran bagi masyarakat tentang food waste, hingga bahaya yang diakibatkan jika limbah food waste terus bertambah tiap tahun. Kampanye ini berfokus pada penggunaan media sosial dan Iklan Layanan Masyarakat sebagai sarana untuk menyampaikan pesan kampanye. Kampanye ini diharapkan mengedukasi masyarakat serta pemerintah terhadap bahaya food waste dan mengajak melakukan hal-hal ringan untuk mengurangi food waste.
==================================================================================================================================
Based on the United Nations Environment Programme (UNEP) Report, the total food waste in Indonesia reaches 20.93 million tons annually, and Indonesia is the country with the highest food waste production in Southeast Asia. Indonesia is also claimed to be the second largest FLW (Food Loss & Waste) producer in the world. Jakarta is one of the provinces with the highest contribution of waste in Indonesia, according to data from the Ministry of Environment and Forestry (KLHK) DKI Jakarta Province produces around 3.08 million tons of waste, and 27.8% of it is food waste. This is due to economic growth and increasing population density, especially Jakarta which has the highest population density of all provinces in Indonesia. In public school education in Indonesia, people are taught to sort waste according to the type of waste. However, knowledge about how the waste cycle is processed, which leads to food waste, is still lacking. Most students in school will learn about the phenomenon of food waste when they enter college, where not all students understand about food waste. The design methods used are depth interviews with local food banks and in-depth interviews with target segmentation, literature studies to collect food waste cycles, and user tests to test the feasibility of the final result. The design objective is to increase understanding and open the minds of teenagers aged 18-22 years about the issue of food waste in Indonesia. The result of this design is a campaign to raise awareness for the public about food waste, to the dangers caused if food waste continues to increase every year. The campaign focuses on the use of social media and Public Service Announcements as a means to deliver campaign messages. This campaign is expected to educate the public as well as the government on the dangers of food waste and invite them to do light things to reduce food waste.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: food waste, kampanye, makanan, campaign, food
Subjects: T Technology > TX Home economics > TX349 Nutrition. Foods and food supply
Divisions: Faculty of Creative Design and Digital Business (CREABIZ) > Visual Communication Design > 90241-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Josephine Parulian Lasmaria
Date Deposited: 24 Aug 2023 04:25
Last Modified: 24 Aug 2023 04:25
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/99579

Actions (login required)

View Item View Item