Rencana Rehabilitasi Mangrove Sebagai Langkah Mitigasi Dalam Dekarbonisasi di PT Timah Tbk, Unit Muntok

Negara, Al Karim Surya (2023) Rencana Rehabilitasi Mangrove Sebagai Langkah Mitigasi Dalam Dekarbonisasi di PT Timah Tbk, Unit Muntok. Other thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 03211940000045-Undergraduate_Thesis.pdf] Text
03211940000045-Undergraduate_Thesis.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only until 1 October 2025.

Download (14MB) | Request a copy

Abstract

PT Timah Tbk adalah anak usaha Inalum yang bergerak di bidang pertambangan atau eksplorasi timah. Perusahaan ini adalah penghasil timah dunia terbesar pada tahun 2008. PT Timah Tbk berpusat di daerah pulau Bangka, yang spesifik terletak pada kota Pangkal Pinang. PT Timah menghasilkan timah dengan angka produksi mencapai hingga 26.500 ton/tahun. Dengan banyaknya produksi tersebut, PT Timah menghasilkan emisi karbon hingga mencapai 137.478 ton eq CO2 dalam setahun. Dengan banyaknya emisi yang dikeluarkan perlu adanya langkah mitigasi dalam menanggulangi emisi yang dikeluarkan tersebut. Tanaman mangrove merupakan tanaman yang dapat menjadi media carbon stock ataupun blue carbon. Oleh karena itu, tanaman mangrove sangat effektif dalam menyerap dan menyimpan emisi karbon yang akan dikeluarkan oleh PT Timah Tbk. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi berapa jumlah emisi karbon yang akan dikeluarkan selama sepuluh tahun kedepan menggunakan proyeksi dari data sekunder.
Setelah mendapatkan emisi yang dikeluarkan selama sepuluh tahun kedepan, langkah selanjutnya ialah merencanakan mitigasi menggunakan metode fitoremediasi dengan media tanaman mangrove dan mengestimasi jumlah lahan yang dibutuhkan dalam merehabilitasi lahan mangrove yang ada di Pulau Bangka. Metode yang digunakan dalam menghitung carbon stock pada penelitian kali ini ialah dengan metode purposive sampling dengan mempertimbangkan tingkat kerapatan, dominasi, dan diameter mangrove setinggi dada (DBH).
Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, didapatkan hasil dari carbon stock dari lahan yang ada di daerah pantai Belo Laut sebesar 239.124,03 ton. Adapun untuk luas area mangrove yang terpantau berdasarkan MonMang 2.0 sebesar 2.889,58 ha. Berdasarkan dari emisi karbon yang telah diproyeksikan pada tahun 2033 yang mana sebesar 38.305 ton CO2 eq, untuk selisih dari kapasitas karbon didapatkan surplus 200.819,03 ton.
=====================================================================================================================================
PT Timah Tbk is a subsidiary of Inalum engaged in tin mining or exploration. This company is the world's largest tin producer in 2008. PT Timah Tbk is based in the area of the island of Bangka, which is specifically located in the city of Pangkal Pinang. PT Timah produces tin with production reaching up to 26.500 tons/year. With this large amount of production, PT Timah produces carbon emissions of up to 137,478 tons of CO2 eq in a year. With the large number of emissions issued, it is necessary to have mitigation measures in tackling these issued emissions. Mangrove plants are plants that can be a medium for carbon stock or blue carbon. Therefore, mangrove plants are very effective in absorbing and storing carbon emissions that will be released by PT Timah Tbk. This study aims to identify the amount of carbon emissions that will be issued over the next ten years using projections from secondary data. After obtaining the emissions released for the next ten years, the next step is planning mitigation using the phytoremediation method with mangrove plant media and estimating the amount of land needed to rehabilitate mangrove land on Bangka Island. The method used in calculating carbon stock in this study was purposive sampling taking into account the density, dominance, and diameter of mangroves at breast height (DBH). Based on the research that has been done, the results obtained from the carbon stock of land in the Belo Laut coastal area are 239.124,03 tons. As for the area of mangroves monitored based on MonMang 2.0, it is 2.889,58 ha. Based on projected carbon emissions in 2033 which amount to 38.305 tons of CO2 eq, for the difference from carbon capacity a surplus of 200.819,03 tons is obtained.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Rehabilitation, Mangrove, Carbon Stock, Carbon Emission, Bio-mass
Subjects: Q Science > QK Botany > QK938.M27 Mangrove forests and swamps
Divisions: Faculty of Civil, Planning, and Geo Engineering (CIVPLAN) > Environmental Engineering > 25201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Al Karim Surya Negara
Date Deposited: 29 Jul 2023 01:56
Last Modified: 29 Jul 2023 01:56
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/99764

Actions (login required)

View Item View Item