Perancangan Sistem Kendali Track Keeping Pada Kapal Jambo X Rute Ketapang-Lembar Berbasis Sistem Logika Fuzzy Dengan Adanya Gangguan Lingkungan

Setiawan, David Antonius (2023) Perancangan Sistem Kendali Track Keeping Pada Kapal Jambo X Rute Ketapang-Lembar Berbasis Sistem Logika Fuzzy Dengan Adanya Gangguan Lingkungan. Other thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 02311940000062-Undergraduate_Thesis.pdf] Text
02311940000062-Undergraduate_Thesis.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only until 1 October 2025.

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Transportasi laut, terutama dari Pulau Jawa menuju Pulau Lombok sangatlah penting. Hal ini ditunjukkan bahwa pemerintah sedang melakukan pengembangan yang besar di Pulau Lombok untuk menarik wisatawan bepergian ke tempat tersebut. Dengan demikian, diperkirakan bahwa wisatawan dari Pulau Jawa akan banyak melakukan pertambahan yang sangat signifikan. Jalur pelayaran yang ada saat ini belum ditetapkan oleh PT ASDP Ferry Indonesia untuk rute secara langsung dari Pelabuhan Ketapang menuju Lembar dengan salah satu rencana kapal yang digunakan, Kapal Jambo X. Dengan demikian, penelitian ini bertujuan untuk membandingkan jalur Utara dan jalur Selatan dari perencanaan pelayaran, diikuti dengan data gangguan yang akan diterima. Perancangan ini menggunakan sistem logika fuzzy tipe 1 milik Mamdani. Pengujian dilakukan dengan simulasi pada software MATLAB. Gangguan yang digunakan pada jalur Utara adalah gelombang dengan tinggi 0.5 meter, sedangkan pada jalur Selatan adalah 2 meter. Hasil uji yang didapatkan secara close loop telah memenuhi kriteria dari standar IMO, yaitu dengan nilai 2.47° dan 4.94°. hasil simulasi yang didapatkan sebelum diberi gangguan gelombang memiliki error yang masih berada dalam batas maksimum untuk kedua variasi jalur Utara dan Selatan, yakni 12.68 dan 26.94 meter. Dengan adanya gangguan, maka error yang didapatkan mencapai 50.55 dan 101.21 meter. Dengan demikian, dapat disimpulkan berdasarkan hasil error yang didapatkan serta karakteristik gelombang laut bagian Utara dan Selatan, maka Kapal Jambo X tersebut sebaiknya dapat berlayar pada jalur Utara.
================================================================================================================================
Sea transportation, especially from Java Island to Lombok Island, is very important. This is indicated by the government's significant development efforts in Lombok Island to attract travelers to visit the area. Therefore, it is expected that there will be a significant increase in tourists from Java Island. The current shipping route has not been determined by PT ASDP Ferry Indonesia for a direct route from Ketapang Port to Lembar using one of the planned ships, the Jambo X Ship. Hence, this study aims to compare the Northern and Southern routes for the planned voyage, followed by the expected disruptions data. This design utilizes Mamdani's Type-1 fuzzy logic system. Testing is performed through simulations using MATLAB software. The disturbance used for the Northern route is waves with a height of 0.5 meters, while for the Southern route, it is 2 meters. The obtained closed-loop test results meet the criteria of the IMO standards, with values of 2.47° and 4.94°. The simulation results before introducing wave disturbances still have errors within the maximum limits for both the Northern and Southern route variations, which are 12.68 and 26.94 meters, respectively. With the presence of disturbances, the errors increase to 50.55 and 101.21 meters. Therefore, based on the obtained error results and the characteristics of the waves in the Northern and Southern parts, it can be concluded that the Jambo X Ship is recommended to sail on the Northern route.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Gelombang, Pelayaran Indonesia Timur Sistem Logika Fuzzy, Track Keeping, Fuzzy Logic System, Wave
Subjects: Q Science > Q Science (General) > Q180.55.M38 Mathematical models
Q Science > QA Mathematics > QA9.64 Fuzzy logic
T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery > TJ213 Automatic control.
V Naval Science > VM Naval architecture. Shipbuilding. Marine engineering > VM381 Passenger ships
Divisions: Faculty of Industrial Technology and Systems Engineering (INDSYS) > Physics Engineering > 30201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: David Antonius Setiawan
Date Deposited: 27 Jul 2023 07:28
Last Modified: 27 Jul 2023 07:28
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/99767

Actions (login required)

View Item View Item