Perencanaan Kebutuhan Fasilitas Rest Area untuk Kombinasi Moda Jalan Tol Gilimanuk-Mengwi

Ardhani, Savitri Kusuma (2023) Perencanaan Kebutuhan Fasilitas Rest Area untuk Kombinasi Moda Jalan Tol Gilimanuk-Mengwi. Other thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 03111940000029-Undergraduate_Thesis.pdf] Text
03111940000029-Undergraduate_Thesis.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only until 1 October 2025.

Download (12MB) | Request a copy

Abstract

Pulau Bali merupakan destinasi pariwisata terpopuler se-Asia sekaligus terpopuler keempat dunia tahun 2022 yang terbukti dengan menyabet gelar TripAdvisor Travelers' Choice Best of the Best 2022 (TripAdvisor, 2022). Hal ini menuntut perkembangan pembangunan di Bali. Maka direncanakan pembangunan Jalan Tol Gilimanuk-Mengwi sebagai bentuk dukungan pengembangan pariwisata dalam meningkatkan konektivitas antar pusat pertumbuhan ekonomi. Pembangunan jalan tol ini dilengkapi jalur khusus untuk sepeda motor, dan sepeda. Sesuai dengan Peraturan Menteri PUPR Nomor 28 Tahun 2021, pada jalan tol antarkota harus dilengkapi rest area. Begitu juga pada jalan tol ini harus diikuti pembangunan rest area. Maka dari itu pada studi ini, direncanakan kebutuhan fasilitas rest area untuk kombinasi moda pada Jalan Tol Gilimanuk-Mengwi untuk menjawab permasalahan yang ada.
Dalam perencanaannya berpedoman pada standar yang berlaku seperti “Peraturan Menteri PUPR Nomor 28 Tahun 2021”, “Pedoman Perencanaan dan Pengoperasian Fasilitas Parkir Direktorat Bina Sistem Lalu Lintas Angkutan Kota 1998” serta beberapa refrensi terkait. Analisis yang dilakukan berupa survei kebutuhan ruang parkir masing-masing kendaraan dan fasilitas lainnya yang harus ada dalam perencanaan layout rest area. Metode yang digunakan dalam melakukan analisa forecasting jumlah kendaraan yaitu regresi linear sedangkan fasilitas lainnya menyesuaikan dengan pedoman yang ada.
Berdasarkan analisis dan perhitungan, diperoleh jumlah demand yang berpindah dari jalan nasional eksisting menuju Jalan Tol Gilimanuk-Mengwi untuk kendaraan mobil dan bus/truk sebesar 64,21%, sepeda motor sebesar 50,01%, dan sepeda sebesar 73,68%. Kebutuhan ruang parkir yang dihitung menggunakan regresi linear menghasilkan perencanaan dengan angka 226 SRP mobil, 40 SRP truk, 600 SRP sepeda motor, dan 100 SRP sepeda. Meninjau dari peraturan terkait, direncanakan untuk fasilitas lainnya meliputi klinik kesehatan, toilet umum, tempat ibadah, area komersial, fasilitas inap, ruang terbuka hijau, SPBU, area pengembangan, dan lain-lainnya yang berlokasi di STA 68+000. Dalam perencanaan layoutnya mempertimbangkan juga untuk syarat geometri, rambu dan marka lalu lintas didalamnya.
===========================================================
Bali island is Asia's top tourist destination and the 4th globally in 2022, evidenced by winning the TripAdvisor Travelers Choice Best of the Best 2022 award for Best Destination. With the rapid growth of tourism, it demands the development of infrastructure in Bali. To accommodate the booming tourism, the construction of Gilimanuk-Mengwi Tollway in Bali is planned. This tollway aims to enhance tourism development and improve connectivity between economic centers, such as the port area, tourism sites, and metropolitan areas. It will include designated lanes for motorbikes, bikes, and pedestrians. As per The Ministry of Public Works and Public House No. 28 of 2021, intercity tollways must have rest areas. Hence, this thesis addresses the need for rest area facilities in Gilimanuk-Mengwi for various vehicle combinations.
The design follows relevant regulations, including "PUPR Regulation No. 28 of 2021" and "Directorate General of Land Transportation's Planning and Operational Guide for Parking Lot Facility of 1995", and others. The analysis involves surveiing the required parking space for each vehicle and determining other necessary facilities for the rest area layout. Linear regression is used for vehicle forecast analysis and existing guidelines are used for additional facility planning.
From analysis and calculation, estimated vehicle transitional demmand from existing national road to Gilimanuk-Menwi Tollway are 64.21% for cars and buses/trucks, 50.01% for motorbikes, and 73.68% for bicycles. Using linear regression, the required parking spaces are determined as follows: 226 SRP for cars, 40 SRP for trucks, 600 SRP for motorbikes, and 100 SRP for bicycles. Review related regulations, planned for other facilities including health clinic, public toilet, worship place, commercial area, lodging facilities, open green space, gas station, development area, and other ehich are located at STA 68+000. In planning the layout, also consider the geometric requirement, signs, and traffic markings in them.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Fasilitas Rest Area, Jalan Tol Gilimanuk-Mengwi, Kebutuhan Ruang Parkir, Gilimanuk-Mengwi Tollway, Parking Space, Rest Area Facilities.
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
T Technology > TL Motor vehicles. Aeronautics. Astronautics > TL175 Parking facilities
Divisions: Faculty of Civil, Planning, and Geo Engineering (CIVPLAN) > Civil Engineering > 22201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Savitri Kusuma Ardhani
Date Deposited: 27 Jul 2023 04:10
Last Modified: 27 Jul 2023 04:10
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/99785

Actions (login required)

View Item View Item