Studi Keberadaan Senyawa Anti-inflamasi (Ibuprofen), BOD, dan COD pada Sungai Surabaya

Sundana, Putri Tandriani (2023) Studi Keberadaan Senyawa Anti-inflamasi (Ibuprofen), BOD, dan COD pada Sungai Surabaya. Other thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 03211940000100-Undergraduate_Thesis.pdf] Text
03211940000100-Undergraduate_Thesis.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only until 1 October 2025.

Download (12MB) | Request a copy

Abstract

Sungai Surabaya merupakan sungai yang melintasi Kota Surabaya dan dimanfaatkan sebagai sumber air baku bagi masyarakat sekitar dan PDAM Kota Surabaya. Aktivitas manusia dan industri di sepanjang sungai berpotensi untuk menyebabkan pencemaran pada Sungai Surabaya melalui pembuangan air limbahnya. Air limbah domestik maupun industri, sama-sama memiliki potensi pencemaran apabila tidak diolah dengan baik. Salah satu parameter untuk menilai kualitas air sungai adalah BOD dan COD. Selain itu dengan tingginya kebutuhan masyarakat dan kemajuan industri yang terjadi, banyak ditemukan mikropolutan, seperti ibuprofen, pada badan air. Untuk itu, dilakukan penelitian mengenai ibuprofen, BOD, dan COD pada Sungai Surabaya bagian hilir dengan tujuan untuk mengetahui potensi sumber pencemarannya dan menguji kadarnya.
Aspek yang dikaji pada penelitian ini merupakan aspek teknis berupa sampling dan analisis sampel. Data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Data primer berupa observasi lapangan, dan data sekunder berupa tinjauan pustaka dan pencarian referensi yang valid seperti peraturan yang berlaku, jurnal ilmiah nasional dan internasional, buku teks, prosiding, dan tugas akhir. Kadar ibuprofen pada sampel diketahui dengan metode analisis HPLC (High Performance Liquid Chromatography). Sedangkan kadar BOD dan COD diketahui dengan metode analisis titrimetri.
Berdasarkan hasil dari penelitian ini, sumber pencemar potensial dan alur penyebaran ibuprofen tidak dapat dipastikan berasal dari buangan air limbah pemukiman, apotek, rumah sakit, puskesmas, dan fasilitas kesehatan lainnya. Kadar ibuprofen berada di bawah limit deteksi dan diasumsikan tidak ditemukan pada sampel air. Hal ini dapat disebabkan oleh tidak adanya kandungan ibuprofen pada air atau ibuprofen tidak dapat dideteksi pada fasa cair karena kelarutannya yang rendah pada air. Untuk kadar BOD dan COD pada air Sungai Surabaya, secara rata-rata melebihi baku mutu kelas II. Sedangkan hasil pengukuran pH dan suhu berada dalam range sesuai baku mutu kelas II. Baku mutu air sungai diatur pada Lampiran VI Peraturan Pemerintah Nomor 22 Tahun 2021.
========================================================================================================================
Surabaya River is a river that crosses Surabaya and utilized as source of raw water for the local community and PDAM Surabaya City. Human and industrial activities along the river have the potential to pollute Surabaya River through wastewater discharge. Both domestic and industrial wastewater have potential to pollute if not treated properly. Among the parameters to assess river water quality are BOD and COD. With the high needs of community and industrial advancement, many micropollutants, namely ibuprofen, are found in water bodies. Therefore, a study was conducted on ibuprofen, BOD, and COD in Surabaya River downstream to determine their potential sources of pollution and test their levels.
The aspects studied in this research are technical aspects namely sampling and sample analysis. The data used are primary and secondary data. Primary data includes field observations, and secondary data includes literature reviews such as applicable regulations, national and international scientific journals, textbooks, proceedings, and final assignment. Ibuprofen levels in the samples were determined using HPLC (High Performance Liquid Chromatography) analysis method. Meanwhile, BOD and COD levels were determined using titrimetric analysis method.
From the results of this research, ibuprofen potential pollutant sources and pathway cannot be confirmed to come from residential wastewater discharges, pharmacies, hospitals, health centers, and other health facilities. Ibuprofen levels were below the detection limit and assumed not detected in water samples. This could be caused by the absence of ibuprofen content in water or ibuprofen is not detectable in liquid phase for its low solubility in water. For BOD and COD levels in Surabaya River water, on average, exceed the class II quality standards. While the results of pH and temperature measurements are within the range of class II quality standards. River water quality standards are regulated in Appendix VI of Government Regulation Number 22 of 2021.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: BOD, COD, Ibuprofen, Quality, Surabaya River, BOD, COD, Ibuprofen, Kualitas, Sungai Surabaya.
Subjects: T Technology > TD Environmental technology. Sanitary engineering > TD427.P62 Microplastics--Environmental aspects.
Divisions: Faculty of Civil, Planning, and Geo Engineering (CIVPLAN) > Environmental Engineering > 25201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Sundana Putri Tandriani
Date Deposited: 30 Jul 2023 13:37
Last Modified: 30 Jul 2023 13:37
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/99852

Actions (login required)

View Item View Item