Model Pemilihan Badan Usaha Untuk Meningkatkan Keberlanjutan Pada Proyek Kerjasama Pemerintah Dengan Badan Usaha (KPBU) Jalan Tol

Variamen, Erfansyah Rizal (2023) Model Pemilihan Badan Usaha Untuk Meningkatkan Keberlanjutan Pada Proyek Kerjasama Pemerintah Dengan Badan Usaha (KPBU) Jalan Tol. Masters thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 6012211059-Master_Thesis.pdf] Text
6012211059-Master_Thesis.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only until 1 October 2025.

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Proyek Kerjasama Pemerintah dengan Badan Usaha (KPBU) jalan tol memiliki banyak risiko dalam proses penyediaan dan pembiayaan proyek. Dalam proyek KPBU, pemerintah dan badan usaha berpartisipasi dalam proyek dan berbagi risiko. Oleh karena itu diperlukan badan usaha yang sustainable untuk dapat bertahan dan beradaptasi terhadap risiko tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk merumuskan model pemilihan badan usaha dengan mempertimbangkan aspek keberlajutan yaitu finansial, teknologi, manajemen dan lingkungan. Kriteria diidentifikasi melalui studi literatur dilanjutkan dengan survei pendahuluan untuk menganalisis ketersesuain kriteria dengan kondisi dilapangan. Usulan konseptual model kemudian divalidasi melalui wawancara kepada tenaga ahli KPBU jalan tol dari sektor pemerintah. Metode Fuzzy Analytical Hierarchi Process (FAHP) digunakan untuk menganalisis bobot setiap kriteria. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kriteria finansial menjadi kriteria utama dengan nilai sebesar 53%, lalu dilanjutkan dengan kriteria teknologi dengan nilai sebesar 23%, manajemen dengan nilai sebesar 17%, dan lingkungan dengan nilai sebesar 7%. Keluaran model penelitian ini dapat menjadi referensi pemerintah dalam memilih badan usaha untuk meningkatkan keberlanjutan proyek KPBU jalan tol.
================================================================================================================================
Toll Road Public Private Partnership (PPP) project has several riks in delivering and financing the project. In PPP projects, the government and private sector participate in projects and share risks. Therefore, a sustainable private sector is needed to be able to survive and adapt to these risks. This paper aims to propose a private partner selection model considering sustainable aspects: financial, technology, management, and environment. The criteria were identified through a literature study followed by a preliminary survey to validate the criteria with the conditions in the field. The proposed conceptual model was then validated through interviews with toll road PPP experts from the government sector. The Fuzzy Analytical Hierarchy Process (FAHP) method is used to determine the weight of each criterion. The results showed that financial criteria were the main criteria with a value of 53% then continued with technology criteria with a value of 23%, management with a value of 17%, and the environment with a value of 7%. The output of this research model could be a reference for the government in selecting private partner to improve the sustainability of toll road PPP projects.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Model Pemilihan Badan Usaha, Proyek Kerjasama Pemerintah Dengan Badan Usaha (KPBU) Jalan Tol, Fuzzy Analytical Hierarchi Process (FAHP), Private Partner Selection Model, Toll Road Public Private Partnership (PPP)
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications > HE355.4 Toll roads
T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Faculty of Civil, Planning, and Geo Engineering (CIVPLAN) > Civil Engineering > 22101-(S2) Master Thesis
Depositing User: Erfansyah Rizal Variamen
Date Deposited: 27 Jul 2023 02:15
Last Modified: 27 Jul 2023 02:15
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/99854

Actions (login required)

View Item View Item