Desain dan Simulasi Regenerative Braking Pada Mobil Listrik 10 KW Berbasis Fuzzy Logic Controller

Ferdiansyah, Agung (2023) Desain dan Simulasi Regenerative Braking Pada Mobil Listrik 10 KW Berbasis Fuzzy Logic Controller. Other thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 07111940000123-Undergraduate_Thesis.pdf] Text
07111940000123-Undergraduate_Thesis.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only until 1 October 2025.

Download (7MB) | Request a copy

Abstract

Pemanasan global menjadi isu yang hangat dibicarakan di seluruh dunia.Salah satu contributor terbesar pemanasan global adalah emisi gas buang pada kendaraan.Salah satu solusi yang menjanjikan untuk mengurangi dampak yang ditimbulkan oleh pemanasan global adalah dengan penggunaan kendaraan listrik.Selain dapat mengurangi emisi gas buang,kendaraan listrik dapat memulihkan energi yang hilang pada saat pengereman dan mengubahnya menjadi energi listrik yang dapat disimpan untuk digunakan Kembali.Proses pemulihan Sebagian energi saat pengereman ini disebut regenerative braking.Dalam penggunaan regenerative braking terdapat kekurangan yaitu terjadi dalam waktu singkat dan .Maka dari itu pada tugas akhir ini penulis akan mendesain system regenerative braking dengan menggunakan Hybrid Energy Storage System pada mobil listrik series phev roadster ITS yang menggunakan baterai dan superkaspasitor sebagai media penyimpanan energi.untuk controller dari regenerative braking digunakan Fuzzy Logic Controller,dimana kontroler ini dibuat untuk mengatur Pulse width Modulation (PWM) saat pengereman agar dapat meningkatkan tegangan back emf yang dihasilkan.Pada simulasi kendaraan saat akselerasi maka digunakan superkapasitor untuk mensuplai motor.Ketika kecepatan menjadi konstan maka baterai akan digunakan untuk mensuplai motor.Saat regenerative braking maka daya yang dipulihkan akan disimpan pada superkapasitor,apabila superkapasitor terisi penuh,maka daya regenerative braking akan disimpan pada baterai.Pada simulasi regenerative braking SOC superkapasitor dengan metode control fuzzy logic terisi penuh, saat t = 2.14 detik,sedangkan SOC superkapasitor tanpa menggunakan metode fuzzy logic control terisi penuh saat t = 2.2 detik.SOC baterai pada t = 5 detik mengalami peningkatan dari 69.99 % tanpa menggunakan control fuzzy logic menjadi 70.0013% dengan menggunakan control fuzzy logic.
===================================================================================================================================
Global warming is a hotly discussed issue around the world. One of the biggest contributors to global warming is exhaust emissions in vehicles. One promising solution to reduce the impact caused by global warming is the use of electric vehicles. In addition to reducing exhaust emissions, electric vehicles can recover energy lost during braking and convert it into electrical energy that can be stored for reuse. In the use of regenerative braking there are drawbacks that occur in a short time and . Therefore, in this final project, the author will design a regenerative braking system using the Hybrid Energy Storage System on the ITS phev roadster series electric car which uses batteries and superspatitors as energy storage media.for the controller of regenerative braking used Fuzzy Logic Controller, where this controller is made to adjust the Pulse width Modulation (PWM) when braking in order to increase the back emf voltage produced. In vehicle simulation during acceleration, supercapacitors are used to supply the motor. When the speed becomes constant then the battery will be used to supply the motor. When regenerative braking, the recovered power will be stored in the supercapacitor, if the supercapacitor is fully charged, the regenerative braking power will be stored in the battery. In the simulation of regenerative braking, the supercapacitor SOC with the fuzzy logic control method is fully charged, when t = 2.14 seconds, while the supercapacitor SOC without using the fuzzy logic control method is fully charged when t = 2.2 seconds. Battery SOC at t = 5 seconds increased from 69.99% without using fuzzy logic control to 70.0013% using fuzzy logic control.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Baterai,Fuzzy Logic Controller, Regenerative Braking ,Superkapasitor Batteries, Fuzzy Logic Controllers, Regenerative Braking, Supercapacitors
Subjects: T Technology > TL Motor vehicles. Aeronautics. Astronautics > TL220 Electric vehicles and their batteries, etc.
Divisions: Faculty of Intelligent Electrical and Informatics Technology (ELECTICS) > Electrical Engineering > 20201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Agung Ferdiansyah
Date Deposited: 28 Jul 2023 07:30
Last Modified: 28 Jul 2023 07:30
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/99955

Actions (login required)

View Item View Item