Analisis Efek Slamming Terhadap Kekuatan Konstruksi Haluan Lambung Kapal Menggunakan Metode Elemen Hingga

Samudro, Omahira Al Kahfi Satrio (2023) Analisis Efek Slamming Terhadap Kekuatan Konstruksi Haluan Lambung Kapal Menggunakan Metode Elemen Hingga. Other thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 04111940000068-Undergraduate_Thesis.pdf] Text
04111940000068-Undergraduate_Thesis.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only until 1 October 2025.

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Tugas Akhir ini bertujuan untuk mengetahui probabilitas deck wetness, nilai beban slamming, dan pengaruh dari beban slamming terhadap konstruksi haluan lambung kapal patroli. Analisis dilakukan dengan sepuluh variasi kecepatan yaitu tiga secara dinamis untuk validasi nilai: (1) 8 knot, (2) 10 knot, (3) 12 knot dan tujuh secara empiris: (4) 8 knot, (5) 10 knot, (6) 12 knot, (7) 17 knot, (8) 20 knot, (9) 22 knot, dan (10) 24 knot. Analisis dinamis dilakukan menggunakan software Ansys Aqwa. Sedangkan, analisis empiris dilakukan dengan pendekatan dari Bhattacharya (1978). Dari analisis tersebut didapatkan nilai probabilitas deck wetness 0.000 untuk (4), 0.000 untuk (5), 0.000 untuk (6), 1.884 untuk (7), 5.433 untuk (8), 7.131 untuk (9), dan 11.64 untuk (10). Kemudian didapatkan nilai beban slamming sebesar 571.09 MPa untuk (1), 728.93 MPa untuk (2), 866.56 MPa untuk (3), 383.20 MPa untuk (4), 484.42 MPa untuk (5), 567.85 MPa untuk (6), 734.14 MPa untuk (7), 975.71 MPa untuk (8), 1135.58 MPa untuk (9), dan 1296.55 MPa untuk (10). Ditemukan bahwa nilai bottom pressure kapal untuk semua kecepatan masih memenuhi regulasi BKI yaitu sebesar 1395.60 MPa. Kemudian dilakukan analisis dengan software elemen hingga dan ditemukan nilai deformasi 1.02 mm untuk (4), 1.29 mm untuk (5), 1.51 mm untuk (6), 1.95 untuk (7), 2.59 mm untuk (8), 3.02 mm untuk (9), dan 3.44 mm untuk (10). Ditemukan juga nilai tegangan 65.84 MPa untuk (4), 83.23 MPa untuk (5), 97.56 MPa untuk (6), 126.13 MPa untuk (7), 167.63 MPa untuk (8), 195.1 MPa untuk (9), dan 222.73 MPa untuk (10).
================================================================================================================================
This study investigates deck wetness probability, slamming load values, and their influence on the bow construction of a patrol vessel. The analysis considers ten speed variations: three dynamic speeds for validation (8 knots, 10 knots, and 12 knots) and seven numerical speeds (8 knots, 10 knots, 12 knots, 17 knots, 20 knots, 22 knots, and 24 knots). Ansys Aqwa software is employed for dynamic analysis, while the Bhattacharya (1978) approach is used for numerical analysis. The results indicate deck wetness probabilities of 0.000 (4), 0.000 (5), 0.000 (6), 1.884 (7), 5.433 (8), 7.131 (9), and 11.64 (10). Additionally, the slamming load values are determined as follows: 571.09 MPa (1), 728.93 Pa (2), 866.56 MPa (3), 383.20 MPa (4), 484.42 MPa (5), 567.85 MPa (6), 734.14 Pa (7), 975.71 MPa (8), 1135.58 MPa (9), and 1296.55 MPa (10). The study confirms compliance with BKI regulations for bottom pressure across all speeds at 1395.60 MPa. Furthermore, static structural analysis using finite element software reveals deformations of 1.02 mm (4), 1.29 mm (5), 1.51 mm (6), 1.95 mm (7), 2.59 mm (8), 3.02 mm (9), and 3.4424 mm (10). Corresponding stress values are 65.84 MPa (4), 83.23 MPa (5), 97.56 MPa (6), 126.13 MPa (7), 167.63 MPa (8), 195.1 MPa (9), and 222.73 MPa (10).

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Slamming, Deck Wetness, Deformasi, Tegangan, deformation, stress.
Subjects: V Naval Science > VM Naval architecture. Shipbuilding. Marine engineering > VM156 Naval architecture
V Naval Science > VM Naval architecture. Shipbuilding. Marine engineering > VM161 Ships--Hydrodynamics
V Naval Science > VM Naval architecture. Shipbuilding. Marine engineering > VM163 Hulls (Naval architecture)
Divisions: Faculty of Marine Technology (MARTECH) > Naval Architecture and Shipbuilding Engineering > 36201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Omahira Al Kahfi Satrio Samudro
Date Deposited: 07 Aug 2023 04:18
Last Modified: 07 Aug 2023 04:18
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/103618

Actions (login required)

View Item View Item