Perbandingan Penilaian Siklus Hidup Botol Plastik Minyak Pelumasan Tunggal Dan Dapat Digunakan Kembali

Candra, Aditia Pratista (2023) Perbandingan Penilaian Siklus Hidup Botol Plastik Minyak Pelumasan Tunggal Dan Dapat Digunakan Kembali. Other thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 02411942000019-Undegraduate_Thesis.pdf] Text
02411942000019-Undegraduate_Thesis.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only until 1 September 2025.

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melakukan analisis dampak lingkungan dari siklus hidup botol oli plastik pada PT. Toyota Astra Motor, dan juga menganalisis biaya dari penggunaan botol oli sekali pakai dan botol oli reusable. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh besarnya industri otomotif di Indonesia dan di mana mereka dituntut untuk dapat meminimalkan penggunaan sumber daya demi menjaga keberlanjutan lingkungan hidup, sesuai dengan kesepakatan yang telah disepakati oleh anggota Persatuan Bangsa Bangsa (PBB) pada tahun 2015. Perusahaan seperti Hyundai, Volvo dan BMW, yang sudah mulai menggunakan kendaraan listrik untuk meminimalisir emisi CO2 dan dampak lingkungan. Salah satu perusahaan otomotif besar lainnya, yaitu Toyota menghadirkan Toyota Environmental Challenge 2050 untuk meminimalisir emisi CO2 dan dampaknya, di mana ada enam tantangan bagi Toyota yang teridentifikasi, salah satunya adalah Life Cycle CO2 Emissions Challenge, di dorong juga ada target pengurangan emisi dari Astra pada tahun 2030, yang membuat Toyota Astra Motor (TAM) memiliki rencana untuk memanfaatkan botol oli bekas dengan cara melakukan take-back. Dengan menggunakan metode Life Cycle Assessment (LCA) yang melibatkan empat tahapan utama, yaitu goal and scope definition, inventory analysis, impact assessment, dan interpretation, serta menggunakan Software SimaPro 9.0 dengan database Ecoinvent 3.5, akan memberikan pemahaman terkait hasil dari perhitungan emisi CO2 yang dilakukan dengan membandingkan botol oli sekali pakai dengan reusable botol oli untuk nantinya dapat diidentifikasi emisi dari scenario mana yang lebih rendah, serta membandingkan biaya dari penggunaan botol oli sekali pakai dan reusable botol oli yang membutuhkan reverse logistic dan proses dekontaminasi, untuk mengetahui scenario mana yang lebih menguntungkan bagi stakeholder dari aspek biaya. Didapatkan hasil bahwa dari penggunaan botol oli reusable akan mengurangi emisi, tetapi harga produk oli akan meningkat dan terjadi kerugian pada dealer
====================================================================================================================================
This study aims to analyze the environmental impact of the life cycle of plastic oil bottles at PT Toyota Astra Motor, and also analyze the cost of using disposable oil bottles and reusable oil bottles. This research is motivated by the large automotive industry in Indonesia and where they are required to be able to minimize the use of resources in order to maintain environmental sustainability, in accordance with the agreement agreed upon by members of the United Nations (UN) in 2015. Companies such as Hyundai, Volvo and BMW, which have started using electric vehicles to minimize CO2 emissions and environmental impact. One of the other major automotive companies, Toyota, presents the Toyota Environmental Challenge 2050 to minimize CO2 emissions and their impacts, where there are six challenges for Toyota identified, one of which is the Life Cycle CO2 Emissions Challenge, also encouraged by Astra's emission reduction target by 2030, which makes Toyota Astra Motor (TAM) have a plan to utilize used oil bottles by doing take-back. By using the Life Cycle Assessment (LCA) method which involves four main stages, namely goal and scope definition, inventory analysis, impact assessment, and interpretation, and using SimaPro 9.0 Software with the Ecoinvent 3.5 database, it will provide an understanding of the results of the calculation of CO2 emissions carried out by comparing single-use oil bottles with reusable oil bottles to later identify which scenario has lower emissions, and comparing the costs of using single use oil bottles and reusable oil bottles that require reverse logistics and decontamination processes, to find out which scenario is more profitable for stakeholders from a cost aspect. It was found that the use of reusable oil bottles will reduce emissions, but the price of oil products will increase and there will be a loss to the dealer.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Penilaian Siklus Hidup, Pengambilan Kembali Kemasan, Botol Oli; Life Cycle Assessment, Packaging Take Back, Oil Bottle
Subjects: H Social Sciences > HC Economic History and Conditions > HC79.E5 Sustainable development. (circular economy)
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD38.5 Business logistics--Cost effectiveness. Supply chain management. ERP
T Technology > TD Environmental technology. Sanitary engineering > TD194.6 Environmental impact analysis
Divisions: Faculty of Industrial Technology and Systems Engineering (INDSYS) > Industrial Engineering > 26201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Aditia Pratista Candra
Date Deposited: 22 Aug 2023 08:52
Last Modified: 22 Aug 2023 08:52
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/103929

Actions (login required)

View Item View Item