STUDI RESPONS STRUKTUR MEMANJANG LAMBUNG PADA DRILLSHIP KELAS DISPLASEMEN 35,000 TON AKIBAT BEBAN GELOMBANG DENGAN PENDEKATAN QUASI-STATIS

ARIYANTO, SUGENG (2014) STUDI RESPONS STRUKTUR MEMANJANG LAMBUNG PADA DRILLSHIP KELAS DISPLASEMEN 35,000 TON AKIBAT BEBAN GELOMBANG DENGAN PENDEKATAN QUASI-STATIS. Undergraduate thesis, INSTITUT TEKNOLOGI SEPULUH NOPEMBER.

[thumbnail of 4301000072-undergraduate thesis.pdf] Text
4301000072-undergraduate thesis.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Drillship adalah sebuah struktur apung berbentuk kapal maritim konvensional yang
berfungsi untuk proses pengeboran dan penyelesaian sumur minyak. Sebelum
dioperasikan, drillship perlu dilakukan analisis karakteristik respon gerak dan
respons memanjang struktur pada kondisi lautan tempat drilship beroperasi untuk
mengetahui respons struktur memanjang pada drillship. Kajian dalam penelitian ini
menggunakan pendekatan Quasi-statis dalam menentukan karakteristik RAO
respons struktur memanjang (shear force dan bending moment) pada struktur
drillship dengan memperhatikan efek kopel gerakan heave dan pitch pada
gelombang reguler haluan. Perhitungan respon struktur diselesaikan dengan
integrasi dari distribusi beban dan distribusi gaya apung (buoyancy) pada drillship
dengan kondisi air tenang, kondisi gelombang (hogging dan sagging), dan beberapa
frekuensi yang akan dianalisa Quasi-statis. Perhitungan respon struktur drillship
dengan pendekatan Quasi-statis menghasilkan respons struktur drillship dalam
bentuk shear force paling besar terjadi pada bagian moonpool dengan nilai 73.39
MN terjadi pada frekuensi 0.55 rad/, dan bending momen paling besar terjadi pada
bagian ¼ FP dengan nilai 984.57 MN.m pada frekuensi yang sama yaitu 0.65 rad/s.
Sedangkan Shear force terekstrem yang paling mungkin terjadi selama 30 tahunan
operasi di perairan natuna terdapat pada bagian moonpool dengan nilai 676.1 MN.
Sedangkan bending moment terekstrem yang paling mungkin terjadi terdapat pada
bagian ¼ FP dengan nilai 9047.3 MN.m.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: RSKe 623.812 8 Ari s
Uncontrolled Keywords: Drillship, Quasi-statis, Shear Force, Bending Moment
Subjects: V Naval Science > VM Naval architecture. Shipbuilding. Marine engineering
Divisions: Faculty of Marine Technology (MARTECH) > Ocean Engineering > 38201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Users 13 not found.
Date Deposited: 19 Dec 2016 07:22
Last Modified: 19 Dec 2016 07:22
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/1082

Actions (login required)

View Item View Item