Azizah, Naura Nensi (2024) Reduksi Emisi PM2.5 dengan Pemindahan Kendaraan Pribadi ke Bike Sharing di Kawasan MH Thamrin Jakarta Pusat. Other thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.
Text (ACCESS CLOSED BY AUTHOR)
5014201047-Undergraduate_Thesis.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Download (3MB) | Request a copy |
|
Text
5014201047-Surat_permohonan.pdf Restricted to Repository staff only Download (367kB) | Request a copy |
Abstract
Kota Jakarta merupakan kota dengan penduduk terpadat di Indonesia. Kenaikan jumlah penduduk di suatu wilayah akan mempengaruhi kebutuhan transportasi masyarakat. Meningkatnya jumlah kebutuhan kendaraan masyarakat akan mempengaruhi jumlah emisi yang dihasilkan. Jumlah emisi yang dihasilkan dari sektor transportasi mencapai 70%. Emisi tertinggi berada pada kawasan perkantoran. Kawasan MH Thamrin merupakan kawasan perkantoran dengan kadar PM2.5 tertinggi di Jakarta. PM2.5 adalah partikel halus yang memiliki diameter kurang dari 2,5 μm. Dalam mengurangi polusi tersebut maka perlu dilakukan pengurangan penggunaan kendaraan pribadi. Salah satu yang dapat digunakan adalah menggunakan sistem bike sharing. Sehingga Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui minat masyarakat untuk berpindah dari kendaraan pribadi ke bike sharing sehingga dapat diketahui perubahan emisi yang dihasilkan dengan adanya perpindahan tersebut. Lalu juga dapat mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi responden untuk memilih jenis kendaraan. Penelitian ini diawali dengan survei pendahuluan untuk melihat kondisi daerah penelitian. Lalu data dikumpulkan berupa persentase minat masyarakat yang ingin berpindah dari kendaraan pribadi ke bike sharing dan faktor yang mempengaruhi minat masyarakat terhadap pemindahan tersebut. Pengambilan data dilakukan melalui metode survei menggunakan kuesioner dan wawancara kepada 354 orang responden yang merupakan pengguna kendaraan pribadi. Data yang didapat lalu digunakan untuk menghitung potensi reduksi emisi PM2.5 sebelum dan sesudah dilakukan pemindahan dari kendaraan pribadi ke bike sharing. Setelah itu dilakukan analisis data untuk menentukan faktor-faktor yang mempengaruhi masyarakat untuk berpindah dari kendaraan pribadi ke bike sharing menggunakan Statistic Product and Service Solution Sciences (SPSS). Kemudian akan didapat persentase masyarakat yang berminat berpindah dari kendaraan pribadi ke bike sharing dan reduksi emisi PM2.5 setelah dilakukannya pemindahan dari kendaraan pribadi ke bike sharing serta faktor-faktor yang mempengaruhi masyarakat dalam pemilihan kendaraan. Persentase minat pengguna kendaraan pribadi yang bersedia untuk berpindah ke bike sharing pada Kawasan MH Thamrin yakni sebesar 94,40% dengan adanya faktor-faktor yang mempengaruhi minat masyarakat seperti kemacetan lalu lintas, biaya parkir di tempat tujuan, keterbatasan tempat parkir, biaya bahan bakar, adanya stres saat mengemudi, lebih praktis, lebih terjangkau, lebih nyaman untuk perjalanan, adanya parkir terpusat, plat ganjil genap sedangkan sebesar 5,60% tetap memilih untuk menggunakan kendaraan pribadi. Reduksi emisi PM2.5 yang terjadi dengan pemindahan kendaraan pribadi ke bike sharing pada Kawasan MH Thamrin yaitu sebesar 0,7775 ton PM2.5/tahun dengan persentase penurunan sebesar 92,87% di hari kerja dan jam kerja. Faktor yang paling berpengaruh terhadap masyarakat yang memilih beralih ke bike sharing pada Kawasan MH Thamrin adalah keterbatasan lahan parkir. Namun faktor tersebut hanya berpengaruh tetapi tidak signifikan.
===================================================================================================================================
The city of Jakarta is a city with the densest population in Indonesia. An increase in population in a region will affect the need for public transportation. The increase in the number of people's vehicle needs will affect the amount of emissions produced. The amount of emissions produced from the transportation sector reached 70%. The highest emissions are in the office county. MH Thamrin area is an office area with the highest PM2.5 level in Jakarta. PM2.5 are fine particles that have less than 2,5 μm in diameter. In reducing the pollution, it is necessary to reduce the use of private vehicles. One thing that suffers is using the bike sharing system. So this study aims to determine the public's interest in moving from private vehicles to bike sharing so that it can be known to change in emissions produced by the existence of these movements. Then it can also find out the factors that influence respondents to choose the type of vehicle. This research started with a preliminary survey to see the condition of the research area. Then data is collected in the form of percentage of public interest that wants to move from private vehicles to bike sharing and factors that affect the public's interest in moving. Data collection was carried out through survey methods using questionnaires and interviews to 354 respondents who were private vehicle users. The data obtained is then used to calculate the potential for reduction in PM2.5 emissions before and after moving from private vehicles to bike sharing. After that, data analysis was carried out to determine the factors that influence the public to move from private vehicles to bike sharing using Static Product and Service Solutions Sciences (SPSS). Then the percentage of people who are interested in changing from private vehicles to bike sharing and reducing emissions of PM2.5 after they do moving from private vehicles to bike sharing and factors that influence the public in vehicle selection. The percentage of interest in private vehicle users who are willing to move to a bike sharing in the MH Thamrin Area is 94,40% due to factors that affect community interest such as traffic jams, parking fees in goals, parking fees, fuel costs, the presence of stress while driving, more practical, more affordable, more comfortable for travel, the existence of centralized parking, 5,60% license. The reduction of PM2.5 emissions occurred with the transfer of private vehicles to the bike sharing on the MH Thamrin Area is 0,775 tons of PM2.5 /year with a percentage of 92,87% decreased on work days and working hours. The most influential factor for community interest in choosing a bike sharing in the MH Thamrin Area is a limited parking lot. But the factor is only influential but not significant
Actions (login required)
View Item |