PERENCANAAN PENINGKATAN JALAN RUAS KARANGLO - PENDEM STA MLG 24+000 – STA 27+000 KABUPATEN MALANG - PROPINSI JAWA TIMUR

ROSA, MELLYNA APRILYA and PUJI, IZYATUNNISA TANRA (2016) PERENCANAAN PENINGKATAN JALAN RUAS KARANGLO - PENDEM STA MLG 24+000 – STA 27+000 KABUPATEN MALANG - PROPINSI JAWA TIMUR. Diploma thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[img]
Preview
Text
3109030073-110-Abstract.pdf - Published Version

Download (355kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3109030073-110-Non Degree.pdf - Published Version

Download (7MB) | Preview
[img]
Preview
Text
3109030073-110-conclusion.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview

Abstract

Jalan merupakan suatu konstruksi yang berfungsi sebagai prasarana perhubungan darat yang memegang peranan penting dalam kehidupan manusia. Salah satu upaya untuk mewujudkan hal tersebut maka dilaksanakan peningkatan jalan pada ruas jalan Karanglo – Pendem. Dengan melakukan pelebaran, peningkatan jalan dan pembuatan drainase. Perencanaan peningkatan jalan ini meliputi perhitungan struktur perkerasan pada ruas jalan dengan menggunakan Perencanaan Tebal Perkerasan Lentur Jalan Raya dengan Metode Analisa Komponen, 1987, perencanaan tebal lapis tambahan (overlay) dengan Manual Pemeriksaan Perkerasan Jalan Dengan Alat Benkleman Beam. Analisa kapasitas jalan dengan menggunakan metode Manual Kapasitas Jalan Indonesia (MKJI) (jalan perkotaan), 1997. Kontrol geometrik jalan dengan menggunakan Manual Kapasitas Jalan Indonesia (MKJI) (jalan perkotaan), 1997 dan Dasar - Dasar Perencanaan Geometrik Jalan. Perencanaan drainase dengan menggunakan metode SNI- 03-342-1994 ( Tata Cara Perencanaan Drainase Permukaan Jalan), Dan rencana anggaran biaya menggunakan “ Buku Petunjuk Teknik Analisa Biaya Harga Satuan”. Dari hasil perencanaan peningkatan jalan Karanglo – Pendem dengan umur rencana 10 tahun ini, diperoleh hasil pelebaran dari 6 m menjadi 10 m, dan lebar bahu direncanakan 2 m. Serta konstruksi berupa ketebalan perkerasan untuk pelebaran setinggi 10 cm Laston (MS 744), 20 cm Batu Pecah kls A (CBR 100%), 25 cm sirtu kls b (CBR 50%), 21 cm Stabilisasi Tanah Dasar (CBR 10%). Sedangkan perhitungan overlay didapatkan hasil 4 cm Laston (MS 744). Kontrol alinyemen horizontal yang menghasilkan alternative geometrik lengkung horizontal dan lengkung vertical. Perencanaan saluran tepi (drainase) berbentuk segi empat dengan bahan dari batu kali diperoleh dimensi saluran yang sama yaitu lebar saluran (b) =1m , tinggi saluran (d)=0.5m dan tinggi jagaan (w) = 0.5m. Rencana anggaran biaya untuk perencanaan peningkatan jalan Kranglo - Pendem ini sebesar Rp 8.409.743.180,00. Dengan pembangunan jalan Karanglo - Pendem, diharapkan jalan ini dapat berfungsi dengan baik serta melayani beban lalu lintas yang cukup berat sesuai dengan umur yang direncanakan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: RSS 625.7 Ros p
Uncontrolled Keywords: Overlay, Drainase
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
T Technology > TE Highway engineering. Roads and pavements
Divisions: Faculty of Civil Engineering and Planning > Civil Engineering > 22401-(D3) Diploma 3
Depositing User: Mr. Tondo Indra Nyata
Date Deposited: 20 Dec 2016 03:21
Last Modified: 27 Dec 2018 06:34
URI: https://repository.its.ac.id/id/eprint/1113

Actions (login required)

View Item View Item