STRATEGI MANAJEMEN ENERGI UNTUK KOPLING KAPASITOR DAN BATERI MENGGUNAKAN KONVERTER DC-DC UNTUK APLIKASI KENDARAAN HIBRIDA

FITRIADI, RAHMAT (2016) STRATEGI MANAJEMEN ENERGI UNTUK KOPLING KAPASITOR DAN BATERI MENGGUNAKAN KONVERTER DC-DC UNTUK APLIKASI KENDARAAN HIBRIDA. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 2212106037-Undergraduate_Theses.pdf]
Preview
Text
2212106037-Undergraduate_Theses.pdf - Published Version

Download (15MB) | Preview

Abstract

Bateri merupakan salah satu sumber energi utama yang digunakan
pada mobil hibrida. Untuk mcmperoleh daya yang besar tentu dibutuhkan
kapasitas penyimpanan energi pada bateri yang besarpula. Semakin besar
kapasitas peny.impanan energi pada bateri, maka dimensi bateri tentu akan
semakin besar. Kebutuhan daya transien dari mobil hibrida
mengakibatkan semakin tinggi tingkat konsumsi energi. pada bateri.
Untuk mengatasi kebutuhan daya transien pada mobil hibrida, dibutuhkan
media penyimpanan energi alternatif. Media penyimpanan energi
altematif yang digunakan barus mampu menyuplai energi dengan cepat,
guna menyokong bateri dalam menyuplai kebutuhan energi transien yang
ada. Komponen yang dianggap tepat sebagai media penyimpanan energi
alternatif adalah kapasitor. Upaya optimalisasi konsumsi energi pada
bateri cbpat dilakukan dengan cara melakukan strategi manajemen energi
untuk kopling kapa.sitor dan bateri menggunakan konverter arus searah
(DC) ke arus searah (DC-DC) topologi boost. Kapasitor dengan kapasitas
0,285 Farad/16 Volt digunakan untuk menyuplai beban pada kondisi
transien. Kapasitas energi kapasitor yang digunakan pada penelitian ini
tergolong kecil, sehingga pengaruh penggunaan kapasitor saat pengujian
sistem kurang terlihat. Waktu yang dibutuhkan kapasitor untuk mengisi
serta melepas muatan pada pengujian mode jalan menanjak dan jalanan
dengan kondisi rnau:et berturut-turut adalah sebesar :1:2,5 dan ±0,6 detik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Mobil hibrida, bateri, kapasitor, konverter DC-DC, topologi boost, Hybrid car, batteries, capacitors, DC-OC converters, boost topology
Subjects: T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering > TK7872 Electric current converters, Electric inverters.
Divisions: Faculty of Industrial Technology > Electrical Engineering > 20201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: - Davi Wah
Date Deposited: 23 Dec 2016 03:55
Last Modified: 26 Dec 2018 07:44
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/1189

Actions (login required)

View Item View Item