PERUBAHAN DINAMIS FORMASI MENYERANG NPC PADA PERTEMPURAN MENGGUNAKAN HFSM

RAHMAN, TAUFIKUR (2016) PERUBAHAN DINAMIS FORMASI MENYERANG NPC PADA PERTEMPURAN MENGGUNAKAN HFSM. Masters thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[img]
Preview
Text
2213205701-Master_theses.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview

Abstract

Real Time Strategy salah satu dari genre game yang menuntut visualisasi dan kecerdasan yang tinggi untuk memainkannya. Formasi pada sebuah kelompok pasukan menjadi salah satu penentu menang atau kalah dalam sebuah pertempuran. Formasi statis pada pasukan tidak berubah secara dinamis sesuai dengan keadaan kelompok NPC maupun lawan dalam kondisi unggul atau terdesak. Pada penelitian ini digunakan metode Hierarchical Finite State Machine (HFSM) untuk membuat perubahan formasi berdasarkan perbandingan parameter Hit Point rata-rata lawan dan bentuk formasi lawan dengan kelompok NPC sehingga berubah sesuai dengan kondisi di pertempuran. Dari beberapa percobaan yang dilakukan terbukti bahwa formasi dinamis dengan menggunakan metode HFSM menjadikan pasukan lebih kuat dan lebih cepat untuk memenangkan pertempuran. Pada percobaan 9 agen Batara melawan Kirna dengan formasi baris dimenangkan pasukan Batara dengan waktu 18,36 detik. Jika menggunakan formasi panah maka pertempuran dimenangkan oleh Kirna dengan waktu kemenangan 27,95 detik. Jika formasi diganti formasi “V” pertempuran dimenangkan oleh Kirna dengan waktu kemenangan 33,06 detik. Jika menggunakan formasi dinamis didapatkan data kemenangan lebih cepat dari formasi yang lain yaitu 16,88 detik dimenangkan oleh pasukan Batara. ============================================================ Real Time Strategy one of the genres of games that require visualization and high intelligence to play. Formation on a group of troops to be one determinant of winning or losing in a battle. Static formations of the force does not change dynamically according to the state of the NPC and the group of opponents in a superior or recessive condition. In this study used methods Hierarchical Finite State Machine (HFSM) to make lineup changes based on comparison of the average Hit Point opponents and group formations with NPC opponents to change according to conditions on the battle. From several experiments conducted proved that the dynamic formation using HFSM make forces more powerful and faster to win the battle. In the experiment 9 Batara agent against Kirna with rows formations Batara forces won with a time of 18.36 seconds. If using an arrow formation, the battle was won by Kirna with a time of 27.95 seconds victory. If the formation is replaced formations "V" the battle is won by Kirna with a time of 33.06 seconds victory. If using the dynamic formation obtained victories faster than other formations, namely 16.88 seconds won by troops Batara

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: RTE 794.815 26 Rah p
Uncontrolled Keywords: HFSM, Formation Forces, NPC
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA76 Computer software
Divisions: Faculty of Industrial Technology > Electrical Engineering > 20101-(S2) Master Thesis
Depositing User: Mrs Anis Wulandari
Date Deposited: 04 Jan 2017 02:59
Last Modified: 27 Dec 2018 06:16
URI: https://repository.its.ac.id/id/eprint/1286

Actions (login required)

View Item View Item