PENGARUH BAURAN PEMASARAN RETAIL TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN LENMARC MALL SURABAYA

PUTRANTO, OCKY DWI (2016) PENGARUH BAURAN PEMASARAN RETAIL TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN LENMARC MALL SURABAYA. Masters thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[img]
Preview
Text
3212208004-Master_Theses.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview

Abstract

Pesatnya perkembangan pusat perbelanjaan di Surabaya menciptakan persaingan yang ketat antar pusat perbelanjaan yang lokasinya berada dalam satu kawasan yang sama dan berdekatan untuk saling menarik pengunjung. Walaupun sudah beroperasi selama 5 tahun, hingga kini iklim Lenmarc Mall terlihat masih sepi, hal tersebut dapat menurunkan keyakinan para peritel untuk menyewa ruang di pusat pebelanjaan tersebut. Hal ini diindikasi dari rendahnya tingkat hunian (occupancy rate) Lenmarc Mall yang saat ini masih pada level ±50%. Jika hal ini dibiarkan, dapat dipastikan dalam jangka panjang Lenmarc Mall dapat terus kehilangan pelanggannya yang mengakibatkan kerugian investasi perusahaan. Oleh karena itu loyalitas pelanggan merupakan hal yang sangat penting ditengah persaingan tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana bauran pemasaran retail sebagai salah satu aspek pemasaran dalam mempengaruhi loyalitas pelanggan Lenmarc Mall. Penelitian mengenai penerapan bauran pemasaran retail masih didominasi oleh toko modern atau retail individu, oleh karena itu penelitian mengenai pengaruh penerapan bauran pemasaran retail terhadap loyalitas pelanggan pada pusat perbelanjaan menarik untuk dilakukan. Responden penelitian ditetapkan sebanyak 100 responden yang diambil dengan metode purposive dan accidental sampling. Data yang diperoleh dianalisa dengan analisa deskriptif statistik, uji chi square test dan korelasi rank spearman serta analisa regresi logistik ordinal dengan program SPSS 23. Terdapat dua hasil yang dapat diungkapkan dalam penelitian ini. Pertama, responden yang mewakili konsumen dalam penelitian ini mayoritas berada pada kategori loyalitas sedang terhadap Lenmarc Mall. Yang kedua adalah tidak semua variabel bauran pemasaran retail memiliki hubungan yang kuat dan berpengaruh signifikan terhadap loyalitas pelanggan Lenmarc Mall. Variabel bauran pemasaran retail yang memiliki hubungan yang kuat dan signifikan berpengaruh terhadap loyalitas pelanggan Lenmarc Mall adalah variabel product, place, promotion, dan service, sedangkan variabel price dan store atmosphere tidak memiliki hubungan dan tidak berpengaruh nyata terhadap loyalitas pelanggan Lenmarc Mall. Hal tersebut tidak lepas dari pengkoordinasian variabel bauran pemasaran retail oleh manajemen Lenmarc Mall dan persaingan yang dihadapi. Implikasi dari hasil penelitian ini adalah penerapan bauran pemasaran retail sebagai salah satu aspek pemasaran dapat meningkatkan loyalitas pelanggan Lenmarc Mall. ========== The fast growing of shopping centers in Surabaya create the tight competition between shopping centers that have the same location to attract customers. Already in their fifth year, Lenmarc Mall still struggling to maintain it's number of visitors, that factor could lower the retailer for renting the space in that shopping center. This can be seen in the low level of occupancy rate which is now still at 50% level. If this is happening for a longer period, Lenmarc Mall surely will lose their customers and loss in the company's investing activity. therefore, customers's loyalty is a very important factor in that competition. This thesis intends to notify how far the retail marketing mix as one of the marketing aspect on influencing the loyality of the Lenmarc Mall's Customers. The research for marketing mix still dominated by modern store. Therefore, the research about the application of marketing mix in the shopping center is a interesting one. The thesis respondent was settled as many as 100 respondents that was taken by purposive and accindental sampling methods. The data that was gained had been analyzed by descriptive analysis, chi square test, and rank spearman corelation as well as logistic ordinal regression analysis with SPSS 23 program. There are two outcomes that can be clarified in this thesis. Firstly is that respondent who represents customer in this thesis, its loyality is in the moderate loyality category. Secondly this thesis expresses that are not all of the marketing mix variable have a strong correlation that can affects the loyality of Lenmarc Mall's customers. Retail marketing mix variable that has a strong correlation and significantly affects the loyality of Lenmarc Mall's customers are product, place, promotion, and service variable. In other side, price and store atmosphere variable do not have correlation an real effect on the loyality of Lenmarc Mall's customer. It can't be separated by the coordination of retail marketing mix variables and competition which is faced by Lenmarc Mall. The implication by this research is the application of marketing management through retail marketing mix variable will surely raise the loyality of Lenmarc Mall's customer.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: bauran pemasaran, loyalitas pelanggan, mall, pusat perbelanjaan,retail, customers loyality, mall, marketing mix, retail, shopping center
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Faculty of Civil Engineering and Planning > Architechture > 23101-(S2) Master Theses
Depositing User: - Davi Wah
Date Deposited: 05 Jan 2017 07:18
Last Modified: 27 Dec 2018 03:59
URI: https://repository.its.ac.id/id/eprint/1337

Actions (login required)

View Item View Item