PENGARUH BUKAAN CEROBONG OVEN TERHADAP KADAR AIR YANG HILANG PADA PROSES PENGERINGAN KULIT SAPI UNTUK BAHAN KRUPUK RAMBAK

HAMZAH, AMIR (2016) PENGARUH BUKAAN CEROBONG OVEN TERHADAP KADAR AIR YANG HILANG PADA PROSES PENGERINGAN KULIT SAPI UNTUK BAHAN KRUPUK RAMBAK. In: Tugas Akhir, Mechanical Engineering.

[img]
Preview
Text
2110030004_presentation.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview

Abstract

Pada umumnya industri yang memproduksi makanan ringan rambak kulit sapi masih banyak menggunakan sumber panas matahari untuk proses pengeringan. Pengeringan rambak kulit sapi dengan cara tradisional membutuhkan waktu lebih dari dua hari dan sangat bergantung pada cuaca selain itu juga rawan adanya kontaminasi dengan debu dan lain-lain. Pengering yang dilengkapi dengan cerobong udara dan bersumber panas dari LPG tidak membutuhkan waktu yang lama untuk mengeringkan rambak kulit sapi dan menghindari tercemarnya produk pada debu. Namun kita tidak tahu pengaruh besar bukaan cerobong terhadap banyaknya kadar air yang hilang dari bahan. Oleh karena itu kami melakukan percobaan ini dengan parameter besar bukaan cerobong, besar kerugian panas, dan efisiensi. Hasil percobaan menunjukkan bahwa alat pengering ini mampu mengeringkan kulit sapi dalam waktu 12 jam hingga mencapai kadar air 1,64%,(berdasarkan literatur nomor 5, kadar air pada bahan kering kulit sapi <5%) pada variasi bukaan cerobong 100%. Kadar air awal kulit sapi basah sebesar19,575% sedangkan Kadar air akhir kulit sapi kering sebesar 9,988%. Pada posisi bukaan cerobong 100% Nilai Qloss total sebesar 97,864 W, Qevap sebesar 1008,786 W, Qin sebesar 1079,997 W, dan efisiensi sebesar 93,41%. Sedangkan efisiensi terbesar terjadi pada variasi bukaan cerobong 0%. dan posisi ini, kadar air bisa mencapai 1,677%.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Uncontrolled Keywords: Oven Pengering Rambak Kulit Sapi
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences
Depositing User: Mrs Anis Wulandari
Date Deposited: 01 Jun 2016 15:33
Last Modified: 26 Dec 2018 08:29
URI: https://repository.its.ac.id/id/eprint/138

Actions (login required)

View Item View Item