KAJIAN TEKNIS SISTEM KAPAL BERBAHAN BAKAR CNG PADA KAPAL RO – RO 1000GT

ASSHOLEH, RHOJULUN (2016) KAJIAN TEKNIS SISTEM KAPAL BERBAHAN BAKAR CNG PADA KAPAL RO – RO 1000GT. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 4213106018-Undergraduate_Theses.pdf]
Preview
Text
4213106018-Undergraduate_Theses.pdf - Published Version

Download (11MB) | Preview

Abstract

Meningkatnya jumlah perindustrian telah menyebabkan
pertumbuhan yang fenomenal dalam permintaan transportasi
di seluruh dunia. Berkenaan dengan peraturan emisi yang
semakin ketat banyak dari produsen mesin yang berusaha
menciptakan mesin yang bukan lagi berbahan bakar
konvensional melainkan Gas, yang diharapkan dapat
memberikan emisi yang lebih bersih dibandingkan bahan
bakar konvensional. Saat ini lebih dari 19juta kendaraan
sudah dioprasikan dengan menggunakan bahan bakar gas
kususnya Compresed Natural Gas (CNG). Oleh karena itu,
dalam dalam tugas akhir ini menyajikan latar belakang
pengguanaan sistem bahan bakar CNG pada kapal RO-RO
1000gt, yang dibandingkan dengan kapal yang
menggunakan sistem bahan bakar konvensional. Dalam
penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar
keuntungan menggunakankan sistem bahan bakar CNG dari
segi dimensi pipa, biaya bahan bakar dan biaya pipa pada
kedua sistem tersebut. Indikator utama karena adanya
penilaian hematnya penggunaan CNG sebagai bahan bakar
kapal adalah: Penggunaan pipa yang tidak terlalu besar,
biaya bahan bakar CNG yang 1/3 lebih murah dari bahan
bakar konvensional dan penghematan pada pembelian pipa
sistem bahan bakar CNG yang hampir 1/5 dari pipa pada
sistem bahan bakar konvensional dan aspek keselamatan.
========== The increasing number of industry has led to a phenomenal
growth in transport demand throughout the world. With
regard to the increasingly stringent emission regulations a
lot of machine manufacturers who seek to create a machine
that is no longer a conventional fuel but gas, which is
expected to provide cleaner emissions than conventional
fuels. Currently more than 19juta vehicle is dioprasikan
using gas fuel kususnya compresed Natural Gas (CNG).
Therefore, in the thesis presents the background
pengguanaan CNG fuel system in the RO-RO ships 1000gt,
compared with ships using conventional fuel systems. In
this study aims to determine how much profit
menggunakankan CNG fuel system in terms of the
dimensions of the pipe, the cost of fuel and the cost of the
pipeline on both systems. The main indicator for the
assessment thrifty use of CNG as fuel for ships is: The use
of a pipe that is not too big, fuel costs are 1/3 CNG is
cheaper than conventional fuels and savings on the purchase
of CNG fuel system pipe that almost 1/5 of pipe in the fuel
system of conventional and safety aspects. Result

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Emisi, Konvensional, Compressed Natural, Gas menu, Emission, Conventional, Compressed Natural Gas
Subjects: V Naval Science > VM Naval architecture. Shipbuilding. Marine engineering
Divisions: Faculty of Marine Technology (MARTECH) > Marine Engineering > 36202-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: - Davi Wah
Date Deposited: 11 Jan 2017 08:13
Last Modified: 26 Dec 2018 03:29
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/1494

Actions (login required)

View Item View Item