ANALISIS TEKNIS DAN EKONOMIS PENGEMBANGAN GALANGAN REPAIR KAPAL KHUSUS LNG SHIP

ALFADJRI, MUHAMMAD FATCHI (2014) ANALISIS TEKNIS DAN EKONOMIS PENGEMBANGAN GALANGAN REPAIR KAPAL KHUSUS LNG SHIP. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 4108100086-Undergraduate_Theses.pdf]
Preview
Text
4108100086-Undergraduate_Theses.pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

Tujuan dari pengerjaan tugas akhir ini adalah untuk menganalisa aspek teknis dan
ekonomis dari pengembangan galangan reparasi kapal khusus kapal LNG. Pertama,
dilakukan analisa potensi pasar reparasi kapal LNG yang dapat memberikan nilai tambah
cukup tinggi bagi galangan kapal. Kedua, dilakukan analisa aspek teknis penyesuaian fasilitas
reparasi untuk pasar yang mungkin diambil oleh galangan kapal. Ketiga, dilakukan analisa
aspek ekonomis terhadap kelayakan rencana penyesuaian fasilitas reparasi tersebut.
Berdasarkan hasil analisa pasar yang dilakukan, pasar reparasi kapal LNG yang layak diambil
oleh galangan adalah kapal LNG dengan kapasitas kira - kira 150,000 CuM. Karena ukuran
kapal LNG dengan kapasitas 150,000 CuM yang cukup besar dan penanganan terhadap kapal
LNG saat akan docking harus dilakukan dengan seaman mungkin dengan minimum
goncangan, maka galangan reparasi ini akan menggunakan dock space berupa graving dock
untuk kapal LNG dengan kapasitas maksimal 150,000 CuM. Pada waktu yang bersamaan
perlu dibangun beberapa fasilitas seperti bengkel - bengkel fasilitas khusus keperluan kapal
LNG, steel stock facility, bangunan kantor, dan bengkel - bengkel lainnya, serta melakukan
perhitungan peralatan dan permesinan pada bengkel - bengkel yang telah direncanakan. Biaya
investasi yang dikeluarkan oleh galangan kapal diperkirakan sebesar Rp 604 Milyar dengan
perkiraan BEP (Break Even Point) terjadi pada tahun ke-16.
===================================================================================================
The main objective of this final project is to analyze technical and economical aspect of
the development of shipyard to repair and maintain LNG ship. Firstly, the potential market of
highly potential value of LNG ship repair work was analysed. Secondly, the technical aspects
required in order to fulfill the requirement of the selected potential market was evaluated.
Thirdly, the analysis of economical aspect was then undergone. Based on the result of market
analysis, the appropriate LNG ship capacity repair market shall be in the area of LNG carrier
with size of about 150,000 CuM. A 150,000 CuM LNG carrier is categorised as a large ship.
In order to meet the safety requirement, a 150,000 CuM LNG carrier capacity of graving
dock was proposed to be built in this repair shipyard. In the same time, some facilities need to
be built such as workshops specifically for the needs of LNG ship, steel stock facility, office
building, and other workshops, and also doing calculations with some tools and machines on
workshops that will be used. The total investment cost is estimated about Rp 604 Billion that
can be returned within 16 years.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Galangan, Reparasi, Kapal LNG, Aspek Pasar, Aspek Teknis, Aspek Ekonomis, Investasi, BEP (Break Even Point)
Subjects: V Naval Science > VM Naval architecture. Shipbuilding. Marine engineering
Divisions: Faculty of Marine Technology (MARTECH) > Naval Architecture and Shipbuilding Engineering > 36201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Mr. Fandika aqsa
Date Deposited: 14 Jan 2017 03:12
Last Modified: 29 May 2020 03:13
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/1569

Actions (login required)

View Item View Item