ANALISIS PEMBIAYAAN ARMADA KAPAL TRADISIONAL PELAYARAN RAKYAT (STUDI KASUS KALIMAS SURABAYA)

ALFARIZI, M. KHAIRAN ZAKKY (2014) ANALISIS PEMBIAYAAN ARMADA KAPAL TRADISIONAL PELAYARAN RAKYAT (STUDI KASUS KALIMAS SURABAYA). Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 4108100028-Undergraduate_Theses.pdf] Text
4108100028-Undergraduate_Theses.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Pelayaran rakyat saat ini masih menjadi sarana angkutan yang sering dipilih untuk
mendistribusikan barang ke daerah terpencil di wilayah Indonesia. Pelayaran rakyatlah yang
menjadi ujung tombak salah satu perekonomian disuatu daerah. Maka dari itu, kebutuhan
akan peremajaan kapal tradisional sangat diperlukan mengingat rata-rata usia kapal tradisional
pelra yang beroperasi saat ini banyak yang berusia tua lebih dari 20 tahun. Saat ini
pembangunan kapal kayu baru masih bersifat kekeluargaan, dana berasal dari bantuan
keluarga maupun dari kantong pelaku usaha pelayaran rakyat sendiri. Selain itu belum adanya
lembaga keuangan yang membantu para pelaku usaha pelayaran rakyat dalam hal pembiayaan
pengadaan/peremajaan armada kapal kayunya sehingga membutuhkan waktu yang cukup
lama dalam pembangunan sebuah kapal kayu.
Tugas akhir ini bertujuan untuk mengetahui dan memberikan solusi alternatif bagi
para pelaku usaha pelayaran rakyat dalam memilih atau menggunakan lembaga keuangan
dalam hal pembiayaan/peremajaan kapal dan pengembangan usahanya. Sehingga
pembangunan kapal kayu tradisional dapat lebih cepat. Tugas akhir ini membandingkan
lembaga keuangan bank dan non bank. Analisis dilakukan dengan membandingkan nilai
angsuran dari lembaga keuangan bank dan non bank. Metode perhitungan angsuran yang
digunakan menggunakan metode anuitas. Dari hasil analisis didapatkan bahwa Lembaga
Keuangan Koperasi dapat dipilih sebagai lembaga pembiayaan untuk kapal kayu tradisonal
berukuran 50 – 150 GT, Bank Perkreditan Rakyat (BPR) dapat dipilih sebagai lembaga
pembiayaan untuk kapal kayu tradisional berukuran 200 – 300 GT, dan Bank dapat dipilih
sebagai lembaga pembiayaan untuk kapal kayu tradisional berukuran > 300 GT.
================================================================================================
Traditional Shipping is still a means of transport most frequently chosen to distribute
goods to remote areas in Indonesia. Traditional Shipping is the spearhead economic sector in
one region. Therefore, the need for rejuvenation of traditional boats are also needed given that
the average age of the operating public shipping nowadays most are aged, over 20 years.
Currently in the construction of new timber ships still family-oriented, funding came from the
family or from the pockets of the people who own shipping business operators. Besides the
absence of financial institutions that help Traditional Shipping business in financing the
procurement / timber ship fleet rejuvenation resulting in longer periods of time are needed in
the construction of a timber ship.
This final project aims to identify and provide alternative solutions for the people who
own Traditional Shipping bussiness in choosing or using financial institutions in financing /
rejuvenation ship and business development. So that the construction of timber ships can be
faster. This final project compare non-bank financial institutions and bank. The analysis is
done by comparing the value of installments of non-bank financial institutions and bank.
Installment method of calculation used is the annuity method. From the analysis we found that
the Cooperative Financial Institutions can be selected as the agency of traditional wooden
boats financing for ship with 50-150 GT of dimensions, rural banks (Bank Perkreditan
Rakyat) can be selected as the agency of traditional wooden boat financing with measurement
200-300 GT, and the Bank can be chosen as an institution financing for traditional wooden
boats which dimensions > 300GT.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pembiayaan, Lembaga Keuangan, Kapal Tradisional
Subjects: V Naval Science > VM Naval architecture. Shipbuilding. Marine engineering
Divisions: Faculty of Marine Technology (MARTECH) > Marine Transportation Engineering > 21207-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Mr. Fandika aqsa
Date Deposited: 14 Jan 2017 03:25
Last Modified: 14 Jan 2017 03:59
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/1570

Actions (login required)

View Item View Item