Perencanaan Modifikasi Rangka Busur Pada Jembatan Pemali Dengan Damper Sebagai Longitudinal Stopper

Mahardhika, Bintang (2017) Perencanaan Modifikasi Rangka Busur Pada Jembatan Pemali Dengan Damper Sebagai Longitudinal Stopper. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 3113100013_Undergraduate_Theses.pdf]
Preview
Text
3113100013_Undergraduate_Theses.pdf - Published Version

Download (6MB) | Preview

Abstract

Jembatan Pemali merupakan jembatan yang terletak di
Kota Brebes. Jembatan ini menjadi akses penting yang
menghubungkan antara Kota Semarang dan Kota Jakarta.
Jembatan Pemali sering mengalami perbaikan dalam segi
struktural setiap bulannya, hal ini diakibatkan oleh semakin padat volume kendaraan terutama truk dengan muatan berat.
Permasalahan ini yang melatarbelakangi pembangunan Jembatan
Pemali yang baru agar menunjang dalam sarana transportasi.
Tugas Akhir ini memodifikasi Jembatan Pemali menjadi
sistem busur rangka baja. Jembatan didesain dengan tinggi 18
meter, bentang 100 meter dan lebar 9 meter. Tugas Akhir ini
menggunakan kombinasi pembebanan sesuai SNI T-02-2005 dan
SNI 1725-2016. Dengan menggunakan progam bantu SAP2000,
kombinasi KUAT 1 (SNI-1725-2016) menghasilkan output gaya
yang lebih besar daripada kombinasi lainnya sehingga kombinasi
tersebut digunakan untuk menentukan profil rangka atas jembatan.
Analisis pengaruh damper dengan tipe Lock-Up Device
menggunakan progam bantu SAP2000 dengan kombinasi beban
yang menentukan dalam perencanaan damper sebagai longitudinal
stopper adalah kombinasi EKSTREM I (SNI-1725-2016). Hasil
dari analisa dengan progam bantu SAP2000 profil utama yang
terbesar pada jembatan busur menggunakan BOX 500x500x25
serta dengan adanya damper struktur utama jembatan mampu
ii
mengurangi deformasi sebesar 16%. Dalam merencanakan
bangunan bawah jembatan, dilakukan kontrol guling dan geser
pada abutment jembatan serta untuk tiang pancang jembatan
dilakukan kontrol berdasarkan daya dukung tanah dan tipe material
yang digunakan. Dari perencanaan tersebut, didapatkan dimensi
abutment 11x11x10 meter serta kebutuhan tiang pancang jembatan
36 buah. Hasil seluruh perhitungan Tugas Akhir ini dituangkan
dalam gambar teknik standar.
==============================================================================
Pemali Bridge is a bridge that located in Brebes, Center of
Java. This bridge becomes the important access that connecting the
city of Semarang and Jakarta. The structure of Pemali Bridge is
often repaired every month. This condition caused by increasing
volume of vehicles, especially trucks with heavy loads. This
problem is the background of designing new Pemali Bridge in
order to support the transportation facilities.
The aim of the Final Project modifying Pemali Bridge is to
design it as arch steel bridge. The bridge will be designed with
height 18 m, span 100 m and width 9 m. This Final Project is using
load combination from SNI T-02-2005 and SNI 1725-2016. By
using SAP2000, the combination of KUAT 1 (SNI 1725-2016)
produce output of force greater than the other combinations, so the
combination is used to determine the profile of the main bridge.
analysis of the influence of the damper with Lock-Up Device type
by using SAP2000 with load combination that most decisive of the
damper planning is EKSTREM I (SNI 1725-2016). From the result
of SAP2000, obtained the biggest of the arch steel brigde main
profile using BOX 500x500x25 and by using damper the main
structure of the bridge can reduce deformation until 16%. In
planning of the lower part from Pemali bridge, control rolling and
sliding for abutment analysis is used. For pile control bearing
iv
capacity and the type of the material is also used. From this
planning, obtained the dimension of the abutment is 11x11x10 with
36 piles. The standard engineering drawings is the result of the
Final Project.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Jembatan Busur Rangka Baja, , Damper, Abutment, Arch Steel Bridge, Damper, Abutment.
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) > TA645 Structural analysis (Engineering)
Divisions: Faculty of Civil Engineering and Planning > Civil Engineering > 22201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: BINTANG MAHARDHIKA
Date Deposited: 01 Mar 2017 04:13
Last Modified: 05 Mar 2019 03:12
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/1696

Actions (login required)

View Item View Item