Penerapan Teknologi Virtual Reality Pada Perangkat Bergerak Berbasis Android Untuk Mendukung Terapi Fobia Laba-Laba (Arachnophobia)

Nugraha, Ardhana Praharsana (2017) Penerapan Teknologi Virtual Reality Pada Perangkat Bergerak Berbasis Android Untuk Mendukung Terapi Fobia Laba-Laba (Arachnophobia). Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 5112100163-Undergraduate_Theses.pdf]
Preview
Text
5112100163-Undergraduate_Theses.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview

Abstract

Fobia laba-laba adalah rasa ketakutan berlebih yang muncul ketika ia merasa ada laba-laba didekatnya. Fobia dapat menyebabkan penderita sesak napas, mual, pusing, sakit kepala, bahkan pingsan, sehingga dapat mengganggu kehidupan sehari-hari penderita. Fobia laba-laba dapat disembuhkan dengan cara terapi. Terapi yang biasa dilakukan adalah dengan cara meminta penderita untuk menemui lingkungan yang memicu ketakutannya berulang kali, sehingga tingkat ketakutannya bisa berkurang karena terbiasa dengan lingkungan tersebut. Realitas virtual merupakan salah satu solusi untuk mengatasi masalah tersebut. Proses terapi akan disimulasikan ke dalam realitas virtual.
Tugas akhir ini bertujuan untuk membuat sebuah aplikasi realitas virtual mendukung terapi fobia laba-laba dengan memanfaatkan teknologi Google Cardboard dan perangkat bergerak berbasis android. Aplikasi ini menerapkan skenario yang dapat dijumpai oleh penderita dalam kehidupan sehari-hari. Aplikasi ini menggunakan rumah sebagai basis lingkungan agar pengguna merasa lebih familiar dengan lingkungan yang disajikan. Uji coba pada Tugas Akhir ini adalah dengan metode kotak hitam, pencatatan denyut nadi, dan kuesioner dari pengguna. Penguji aplikasi merupakan orang yang merasa takut dan cemas dengan keberadaan laba-laba.
Hasil pengujian aplikasi menunjukkan bahwa aplikasi ini dapat membantu pengguna untuk mengetahui seberapa takut mereka terhadap laba-laba yang sering dihadapi di dunia nyata dan juga dapat membantu terapis dalam melakukan penanganan lebih lanjut pada penderita fobia. Hal yang bisa dilakukan untuk pengembangan aplikasi kedepannya adalah dengan lebih mendalami tentang proses terapi fobia laba-laba, pembuatan objek yang lebih mendukung aplikasi fobia laba-laba, dan bimbingan lebih rutin dengan terapis agar pengembangan bisa lebih efektif.
==================================================================================================================
Spider phobias are exaggerated fears about everything related to
spider appearance. Spider phobia can cause sufferers to panic and can’t
control themselves so it will interfere with sufferers daily life. Spider
phobia can be cured by therapy. Therapy is often done in a way to
challenge the fear of patients. Virtual reality is one of solution to
overcome these problems. The treatment process will be simulated in
virtual reality. Environment, objects, and circumstances that support
therapy process will be converted into 3-dimensional shape that
resembles the real world.
This final project aims to create a virtual reality application for
spider phobia therapy by utilizing Google Cardboard. Google Cardboard
is a new technology that can present a virtual world more real and
cheaper. This application also apply scenarios that can be found in our
daily activity in accordance with the method of therapy. This application
is expected to increase the effectiveness of a spider phobia therapy using
virtual reality.
After testing the application, it shows that this application can
helps arachnophobic patient to confront scenario that the patients found
in their daily activity in real world and can be use for medical purposes
by doctors or experts to help them identify the arachnophobic patient.
Some things that can be done for future development is to study more
about arachnophobia therapy process, and usage of the object that
provides more support for the application. Lastly, make routine
counseling schedule with the doctor so that the application will be more
effective.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Google Cardboard, therapy, Arachnophobia.
Subjects: Q Science
Q Science > QA Mathematics
T Technology > T Technology (General)
T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering > TK5101 Telecommunication
Divisions: Faculty of Information Technology > Informatics Engineering > 55201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Ardhana P Praharsana Ardhana Praharsana
Date Deposited: 27 Mar 2017 06:49
Last Modified: 05 Mar 2019 01:38
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/2118

Actions (login required)

View Item View Item