ANALISIS DAMPAK PERKEMBANGAN TAKSI BERBASIS ONLINE TERHADAP TAKSI KONVENSIONAL SERTA PENGARUHNYA PADA PENDAPATAN ASLI DAERAH DAN KADAR CO2 (STUDI KASUS: PROVINSI DKI JAKARTA)

ILMAWAN, NOVANGGA (2017) ANALISIS DAMPAK PERKEMBANGAN TAKSI BERBASIS ONLINE TERHADAP TAKSI KONVENSIONAL SERTA PENGARUHNYA PADA PENDAPATAN ASLI DAERAH DAN KADAR CO2 (STUDI KASUS: PROVINSI DKI JAKARTA). Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 2512100060-Undergraduate_Theses.pdf] Text
2512100060-Undergraduate_Theses.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Taksi merupakan salah satu angkutan umum yang cukup berbeda dibandingkan dengan angkutan umum lainnya. Perbedaan tersebut meliputi rute yang tergantung pada permintaan penumpang, kenyamanan yang relatif baik, waktu tempuh yang lebih cepat, dan fleksibilitas di semua tempat. Dalam perkembangannya, taksi banyak mengalami perubahan dari segi operasional dan investasi. Adapun fenomena baru yang terjadi pada angkutan umum moda ini yaitu fenomena taksi berbasis online. Berbeda dengan taksi konvensional biasanya, taksi berbasis aplikasi ini menggunakan mobil pribadi sebagai alat transportasinya. Aplikasi taksi berbasis online ini menawarkan lebih banyak kemudahan dibandingkan taksi konvensional biasa seperti kemudahan dalam pembayaran dan juga relatif lebih murah dibandingkan dengan biaya taksi konvensional. Dengan kemudahan yang ditawarkan, hal ini menyebabkan dampak yang luar biasa terhadap kondisi sekarang. Dengan hadirnya taksi berbasis online ini tentunya membuat usaha taksi konvensional serta aspek ekonomi dan lingkungan DKI Jakarta mengalami dinamika perubahan. Kebijakan pemerintah dan perusahaan taksi konvensional menjadi suatu hal yang sangat penting karena dapat menciptakan kondisi iklim persaingan usaha yang sehat di Provinsi DKI Jakarta.

Pada penelitian ini menggunakan metode sistem dinamik, yaitu metode penyelesaian masalah dengan pendekatan secara sistem yang dapat memaparkan akibat dari dinamika taksi berbasis online dengan memperhatikan detail hubungan keterkaitan antar variabel dari sebuah sistem. Penelitian ini membagi sistem menjadi 5 submodel yaitu sistem transportasi DKI Jakarta, taksi konvensional,taksi online, pendapatan asli daerah DKI Jakarta, lingkungan. Adapun variabel respon yang menjadi fokus penelitian adalah pendapatan taksi konvensional dan penghasilan tiap supir taksi konvensional. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat trade off dari penerapan masing-masing skenario kebijakan terhadap variabel respon yang telah ditentukan.
==================================================================================================== Taxi is one of public transportation which is quite different from other public transportation. Its difference involves the route depend on passenger demand, relatively good amenities, more time efficiency, and easiness of flexibility in every places. In its development, taxi has undergone many changes in terms of operational and investment. The new phenomenon that occurs on public transportation is online-based taxi. It’s different from usual conventional taxi, online-based taxi which operates with software application is using private car license plate. Its online software application offers many features compared to conventional taxi, such as flexibility in payments and also relatively cheaper cost. By all the advantages offered, it cause a tremendous impact on the existing condition. There is significant changes because of the online-based taxi to conventional taxi and economic sector and environtment of DKI Jakarta. Government policy and conventional taxi company have become something crucial in order to provide a healthy climatic business condition and competition in DKI Jakarta.

This research uses a method of system dynamic, a problem solving method with sistematically approach that can explain the result caused by the dynamics of online-based taxi by considering to detail correlation among variables in a certain system. This research divides the system into 5 submodels, such as DKI Jakarta transportation sytem submodel, conventional submodel, online-based taxi submodel, DKI Jakarta local income submodel, and environtment submodel. Hence the dependent variable which becomes the focus of this researce is the total income of conventional taxi and the income of each conventional taxi driver. The results showed that there is a trade off of the application of each alternative scenario policy to the response variable.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Audio visual, Buku Pedoman, Contoh, Deskripsi, Flash, Perpustakaan, Conventional Taxi, Dynamic System, Online Taxi, Local Income, dan DKI Jakarta CO2 Levels.
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications > HE311.I4 Urban transportation
T Technology > TS Manufactures > TS167 Costs, Industrial
Divisions: Faculty of Industrial Technology > Industrial Engineering > 26201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: - NOVANGGA ILMAWAN
Date Deposited: 30 Jan 2017 03:27
Last Modified: 30 Jan 2017 03:27
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/2211

Actions (login required)

View Item View Item