Optimasi site layout menggunakan multi-objectives function pada proyek pembangunan Transmart Rungkut Surabaya

Adhika, Handi Destianno (2017) Optimasi site layout menggunakan multi-objectives function pada proyek pembangunan Transmart Rungkut Surabaya. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 3112100124-Undergraduate_Theses.pdf]
Preview
Text
3112100124-Undergraduate_Theses.pdf - Published Version

Download (7MB) | Preview

Abstract

Proyek konstruksi bangunan selalu diikuti dengan pembangunan fasilitas-fasilitas pendukung sementara di sekitarnya yang berguna sebagai penunjang jalannya proyek konstruksi. Seringkali perencanaan penempatan fasilitas pendukung tersebut belum direcanakan secara optimal, sehingga perlu dilakukan optimasi site layout dengan mengatur letak fasilitas pendukung sementara yang diharapkan dapat meningkatkan produktivitas dan keselamatan kerja secara efisien.
Pada penelitian ini site layout akan dioptimasi menggunakan multi-objectives function dengan fungsi objektif yang ingin dicapai adalah Traveling Distance (TD) dan Safety Index (SI) yang minimum. Perhitungan optimasi pada Tugas Akhir ini akan dilakukan dengan membuat beberapa alternatif perpindahan fasilitas dengan cara memindahkan fasilitas satu ke fasilitas lainnya dengan tetap memperhatikan luasan masing-masing fasilitas.
Proyek yang digunakan sebagai objek penelitian adalah Proyek Pembangunan Transmart Rungkut Surabaya yang memiliki tinggi 4 lantai dan terletak di Jl. Raya Kali Rungkut No.25.
Dari 15 alternatif perpindahan, didapatkan dari hasil plot pada diagram bahwa alternatif yang paling optimum adalah Alternatif 9 dan Alternatif 12. Dari perhitungan Traveling Distance diperoleh bahwa hasil TD paling minimum yaitu ada Alternatif 9 sebesar 58.409,5 meter atau mengalami penurunan nilai TD sebesar 10,10% bila dibandingkan dengan kondisi asli. Sedangkan dari hasil perhitungan Safety Index diperoleh bahwa hasil SI paling minimum yaitu pada Alternatif 12 sebesar 2314,69 atau mengalami penurunan nilai SI sebesar 9,01% bila dibandingkan dengan kondisi asli. Sedangkan untuk menentukan Alternatif yang paling optimum digunakan pembobotan, dengan nilai 30% Traveling Distance dan 70% Safety Index. Dari hasil perhitungan pembobotan didapat nilai Alternatif 9 sebesar 8,26% dan Alternatif 12 sebesar 7,40%. Nilai pembobotan paling besar artinya paling optimum, sehingga Alternatif 9 dipilih sebagai alternatif yang paling optimum.
==================================================================================================================
Building construction project is always followed by establishing temporary supporting facilities around the project which are useful as a way of supporting construction projects. But we often discover that in planning the placement of the support facilities has not been planned optimally. So we need to optimize the site layout by adjusting the temporary supporting facilities that are expected to improve productivity and working safety efficiently.
In this research the site layout will be optimized using multi-objectives function with the objective function is to achieve minimum value of Traveling Distance and Safety Index. Optimization calculations in this final project will be done by creating some alternatives displacement of the facility by moving the facility to other facilities regarding the extent of each of the facilities.
The project, which is used as an object of research is the development project Transmart Rungkut Surabaya, which has four floors high and is located at Jl. Raya Kali Rungkut 25.
From 15 displacement alternatives, obtained from the plot of diagram that the most optimum alternative is Alternative 9 and 12. The Traveling Distance calculation shows that the minimum TD result is alternatives 9 amounted to 58409.5 Meter or impaired by 10,10% when compared to TD of the original condition. While the results of the Safety Index calculation shows that the results of the minimum SI is alternative 12 amounted to 2314.69 or impaired 9.01% when compared to SI of the original condition. As for determining the most optimum use alternative weighting, with a value of 30% Traveling Distance and 70% Safety Index. From the calculation of weighted grades obtained Alternative 9 by 8.26% and Alternative 12 amounted to 7.40%. Greatest weighting value means the most optimum, thus Alternative 9 chosen as the most optimum alternative.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Optimasi; Site layout; Multi-objectives function; Traveling distance; Safety index; Optimization
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Faculty of Civil Engineering and Planning > Civil Engineering > 22201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Handi Destianno Adhika
Date Deposited: 21 Mar 2017 10:03
Last Modified: 21 Mar 2017 10:03
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/2271

Actions (login required)

View Item View Item