Studi Air Traffic Management : Studi Kasus Analisis Ruang Udara di Bandar Udara Internasional Juanda

Ramadhan, Fachri (2017) Studi Air Traffic Management : Studi Kasus Analisis Ruang Udara di Bandar Udara Internasional Juanda. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 3112100112-Undergraduate-Theses.pdf]
Preview
Text
3112100112-Undergraduate-Theses.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview

Abstract

Air Traffic Management atau yang biasa disingkat ATM merupakan suatu kegiatan pengelolaan semua pesawat udara yang beroperasi di ruang udara atau airspace maupun maneuvering area yang memanfaatkan sumber daya yang tersedia untuk mencapai tujuan tertentu. Tujuan ATM adalah menciptakan keamanan dan efisiensi yang berkaitan dengan penerbangan (safe and efficient conduct of flight). ATM sendiri terdiri oleh Airspace Management (ASM) dan Air Traffic Flow Management (ATFM)
Penelitian ini mengkaji tentang Penerapan Air Traffic Management di Bandar udara Internasional Juanda berdasarkan kapasitas Ruang Udara. Ruang Udara yang dimaksud adalah terminal airspace yang merupakan “jembatan” dari landasan Pacu dan rute penerbangan. Data yang dipakai adalah data sekunder. data sekunder didapat hasil dokumentasi dari lembaga- lembaga terkait.
Perhitungan pada terminal airspace dilakukan menggunakan Teori Pendekatan Kapasitas Ultimate Landasan Pacu dan Teori Kapasitas Terminal Airspace oleh Janic..
Kesimpulan yang diharapkan adalah besar kapasitas yang mampu ditampung oleh terminal airspace dan perkembangan kedepannya didasari oleh Air Traffic Management.
Pada tugas akhir ini setelah dilakukan analisis terhadap kapasitas runway, didapatkan kapasitas runway dengan operasi camp sebesar 26 operasi/jam. Sedangkan, pada analisis dengan metode FAA diperoleh kapasitas runway sebesar 58 operasi/jam pada kondisi VFR dan 71 operasi/jam pada kondisi IFR. Untuk kapasitas terminal airspace didapatkan kapasitas untuk operasi kedatangan sebesar 40 kedatangan/jam dengan metode formulasi pendekatan kapasitas runway. Sedangkan dengan menggunakan metode janic didapatkan kapasitas sebesar 43 kedatangan/jam. Hasil ini merupakan supply yang dimiliki oleh bandar udara Juanda.

=======================================================================================

Air Traffic Management or ATM is an activity that manage of all aircraft operating either on air space or maneuvering area by use available resource, to accomplish specific goal. The goal of ATM is to create safe and efficient conduct of flight. ATM is consist of Airspace Management (ASM) and Air Traffic Flow Management (ATFM)
This final project examined the implementation of air traffic management at Juanda International airport is based on the air space capacity. Air space is the "bridge" between runway and flight route. The data that used is secondary data from the institutions that related with this final project.
The method used to analyze air space capacity is The ultimate runway capacity theory and The Janic theory. The expected conclusions are how much capacity that can be provided by terminal air space and the terminal air space development in the future based on Air Traffic Management.
The final project analysis result is the air space capacity in mixed operations is 26 operation/hour. While using FAA method, the runway capacity is 58 operation/hour for VFR condition and 71 operation/hour for IFR condition. For terminal airspace capacity, the results when using approaching theory are 40 arrival/hour, while using The Janic theory, the results are slightly differ with 43 arrival/hour. That is the Juanda Airport capacity that can be used .

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Air Traffic Management; Kapasitas; Terminal Airspace; Capacity
Subjects: T Technology > TE Highway engineering. Roads and pavements > TE7 Transportation--Planning
Divisions: Faculty of Civil Engineering and Planning > Civil Engineering > 22201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: FACHRI RAMADHAN
Date Deposited: 23 Mar 2017 01:51
Last Modified: 05 Mar 2019 07:40
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/2484

Actions (login required)

View Item View Item