Perencanaan Park And Ride Pada Terminal Bis Kabupaten Rembang

Zufri, Aditya Prayogo (2017) Perencanaan Park And Ride Pada Terminal Bis Kabupaten Rembang. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 3113105023-Undergraduate_Theses.pdf]
Preview
Text
3113105023-Undergraduate_Theses.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview

Abstract

Kabupaten Rembang merupakan kabupaten di provinsi Jawa Tengah yang langsung berbatasan dengan provinsi Jawa Timur. Kabupaten Rembang mulai berkembang dengan maraknya pembangunan di wilayahnya. Dampak dari daerah yang berkembang ini adalah pertumbuhan penduduk di kabupaten Rembang. Banyak pendatang dari luar kota yang mana merupakan karyawan dari perusahaan industri yang mulai tumbuh di kabupaten Rembang ini tinggal untuk bekerja disana. Dan di setiap akhir pekan banyak dari mereka yang melakukan perjalanan menggunakan bus menuju ke daerah asalnya masing - masing. Kebanyakan dari mereka adalah pengguna sepeda motor yang mana dalam perpindahannya menggunakan bus memerlukan suatu lahan untuk menitipkan kendaraan mereka dalam kurun waktu yang tidak sebentar, sesuai dengan berapa hari mereka tinggal di daerah asalnya. Bus merupakan moda transportasi masal yang sudah tersedia. Namun dari segi fasilitas, terminal bus di kabupaten Rebang ini masih kurang. Tidak adanya lahan parkir di terminal bus ini menjadikan kenyamanan calon pengguna bus berkurang. Upaya untuk meningkatkan kenyamanan tersebut adalah dengan membuat lahan parkir untuk park and ride yang sesuai dengan kebutuhan. Agar mendapatkan demand yang sesuai maka dilakukan survey wawancara. Selain itu juga dilakukan pengumpulan data penunjang dari dinas terkait di Kabupaten Rembang. Juga dilakukan pendekatan menggunakan regresi linear untuk mendapatkan demand di tahun 2020.
Dari hasil wawancara, didapatkan probabilitas pengguna fasilitas park and ride adalah 79% mau dan ingin menggunakan, dengan komposisi 88% sepeda motor dan 11% sepeda. Dengan karakteristik sebagai berikut : Klasifikasi kendaraan terdiri dari 11% sepeda, 88% sepeda motor dan 1% mobil ; Dengan maksud perjalanan 12% sekolah/kuliah, 20% perjalanan dinas, 8% rekreasi/berlibur dan 60% keperluan pribadi ; Intensitas menggunakan angkutan umum 28% seminggu 1 kali, 13% seminggu 2 kali, 2% seminggu 3 kali, 3% seminggu 5 kali, 5% 2 minggu sekali dan 49% tidak tentu ; Dengan durasi parkir 18% <1 hari, 65% 1-2 hari, 16% 3-6 hari dan 1% >1 minggu. Setelah dilakukan analisa dari data yang dimiliki, potensi untuk didirikannya park and ride memang tinggi. Didapat demand pada tahun 2020 adalah sebesar 2930 SRP untuk sepeda motor & 365 SRP untuk sepeda.
=========================================================
=========================================================Rembang is a Regency in Central Java that directly borders the province of East Java. Rembang Regency began to grow with increasing development in the region. The impact of this growing area is population growth in Rembang. Many newcomers from out of town who was the employee of industrial company that started growing in Rembang is staying to work there. And on every weekend many of them who travel using bus heading to their respective regions. Most of them are users of motorcycles which transitions to use land requires a bus to deposit their vehicles within a minute, which is not in accordance with how many days they stayed in the region it comes from. The bus is a mode of transportation tolls. But in terms of facilities, the bus terminal in the County still Rebang less. The lack of parking at the bus terminal make comfort prospective bus users is reduced.
Efforts to increase the convenience is to create a parking lot for a park and ride to suit your needs. In order to obtain the corresponding demand then conducted the survey interview. It also performed the supporting data collection from related service in Rembang. Also do a linear regression approach using to get the demand in 2020.
From the results of the interview, obtained the user's probability of park and ride facilities are 79% want and would like to use, with 88% of the composition of the motorcycle and bicycle 11%. With the following characteristics: vehicle Classification consists of 11% 88% bicycle, motorcycle and car 1%; The purpose of the trip 12% school/college trip, 20%, 8% leisure/vacation and 60% personal use; The intensity of the use of public transport 28% 1 time a week, 13% a week 2 times, 3 times a week, 2%, 3% a week 5 times, 5% 2 weeks and 49% are not sure; With the parking duration 18% < 1 day, 65% 1-2 days, 16% 3-6 days and 1% > 1 week. After analysis of the data, the potential for the establishment of the park and ride was indeed high. Gained demand in 2020 is 2930 SRP for motorcycle & 365 SRP for bikes.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: park and ride
Subjects: T Technology > TE Highway engineering. Roads and pavements > TE7 Transportation--Planning
Divisions: Faculty of Civil Engineering and Planning > Civil Engineering > 22201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: ADITYA PRAYOGO ZUFRI
Date Deposited: 03 Apr 2017 05:06
Last Modified: 05 Mar 2024 10:37
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/2582

Actions (login required)

View Item View Item